7 Cara Menata Rumah Agar Aman Bagi Aktivitas Anak

Juni 17, 2020

RumahCom – Aktivitas anak sehari-hari memang harus diawasi dengan baik. Namun untuk lebih menjaga keamanan anak, perlu ada penataan pada beberapa bagian rumah.

Tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh lingkungan dia tinggal. Terlebih anak memiliki energi yang banyak sehingga sangat lincah saat bermain. Masa aktif anak ini tentu harus diawasi dengan baik agar keamanan Anda terjaga. Oleh karena itu perlu dilakukan beberapa penyesuaian termasuk menata rumah.

Segala sesuatu yang ada di dalam rumah tentu perlu diperhatikan. Mulai dari sisi keamanan hingga kesehatannya, sehingga anak tetap bisa beraktivitas dengan nyaman dan aman. Lalu bagaimana cara menata rumah bagi anak, berikut adalah ulasannya.

1. Memilih penyimpanan yang tertutup rapat

7 Cara Menata Rumah Agar Aman Bagi Aktivitas Anak (2)

Anak kecil sering kali membuka lemari atau tempat lain untuk mengeluarkan isi barang yang ada di dalamnya. Hal ini tentu bisa berbahaya jika barang-barang tersebut tertimpa pada si anak, oleh karena itu gunakan tempat penyimpanan yang tertutup rapat.

Selain itu hal ini juga akan mencegah anak untuk mengambil barang-barang yang berbahaya. Seperti benda tajam, obat, bahan kimia, dan banyak lagi lainnya

2. Rapikan kabel listrik

7 Cara Menata Rumah Agar Aman Bagi Aktivitas Anak (3)

Risiko anak tersengat listrik cukup tinggi jika Anda tidak merapikan kabel listrik dengan baik. Sebaiknya gulung kabel dan matikan stop kontak jika sedang tidak digunakan. Anda juga bisa menggunakan stop kontak yang memiliki penutup di atasnya, agar menghindari anak menyentuh bagian dalam stop kontak tersebut.

Kabel listrik yang tidak rapi juga membuat anak rawan untuk tersandung. Hal ini akan memberi bahaya dan ancaman lain ketika anak sedang bermain.

3. Jauhkan barang yang mudah pecah dari jangkauan anak

7 Cara Menata Rumah Agar Aman Bagi Aktivitas Anak (4)

Barang pecah belah sangat mudah rusak, terlebih pecahannya yang tajam cukup membahayakan bagi anak. Oleh karena itu letakkan barang-barang tersebut di luar jangkauan anak, misalnya lemari atas. Kemudian ketika sedang menggunakan barang pecah belah, usahakan agar tidak ditaruh di meja yang menggunakan taplak dan table runner. Hal tersebut akan membuat barang pecah belah mudah bergeser dan terjangkau oleh anak Anda.

4. Periksa permukaan dinding, lantai, dan perabotan lainnya

7 Cara Menata Rumah Agar Aman Bagi Aktivitas Anak (5)

Permukaan pada beberapa bagian rumah bisa melukai anak Anda. Misalnya bagian dinding yang menonjol bisa memberi rasa sakit jika tidak sengaja disenggol. kemudian bagian furnitur dan lantai yang berlubang tentu berbahaya jika anak menginjak bagian tersebut.

5. Gunakan furnitur dengan permukaan tumpul

7 Cara Menata Rumah Agar Aman Bagi Aktivitas Anak (6)

Sudut dari beberapa barang di rumah biasanya cukup tajam dan rawan melukai anak saat sedang bermain. Oleh karena itu menggunakan perabotan dengan ujung dan permukaan yang tumpul tentu lebih aman. Jika memang sudah terlanjur membeli furnitur dengan ujung yang tajam, Anda bisa membuatnya tumpul dengan memberi perlindungan plastik.

6. Menggunakan alas bermain yang tidak licin

7 Cara Menata Rumah Agar Aman Bagi Aktivitas Anak (7)

Anak yang baru belajar berjalan biasanya sangat mudah terjatuh karena belum terlalu bisa menyeimbangkan tubuhnya. Oleh karena itu untuk mencegah anak terjatuh Anda bisa menggunakan alas yang anti licin. Alas tersebut biasanya berbahan karet pada bagian bawahnya. Dengan demikian Anda bisa mengawasi anak Anda belajar berjalan tanpa khawatir terluka.

7. Memasang pembatas tangga

 7 Cara Menata Rumah Agar Aman Bagi Aktivitas Anak (1)

Anak memang suka penasaran dengan hal baru, salah satunya adalah tangga. Anak yang senang menaiki tangga tentu bukan hal baru, namun apa jadinya jika mereka naik atau turun tangga tanpa ada yang mengawasi. Oleh karena itu perlu dipasang pembatas tangga agar anak tidak sembarangan naik atau turun dari tangga.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Sumber: Grid

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pemerintah Ajak Pengembang Lebih Bersemangat Bangun Perumahan Saat New Normal

RumahCom – Kementerian PUPR mengajak kalangan pengembang supaya lebih bersemangat membangun perumahan saat penerapan new normal. Komunikasi dan koordinasi juga akan terus ditingkatkan untuk meningka

Lanjutkan membacaJuni 17, 2020

Memasuki "Normal Baru" Dengan Aman Melihat Properti

Di masa yang luar biasa ini, keamanan dan kesehatan pribadi menjadi lebih penting dari sebelumnya. COVID-19 telah menghadirkan realitas baru dalam kehidupan sehari-hari dan aktivitas bisnis. Saat kita

Lanjutkan membacaJuni 17, 2020

Pengembang Ini Raih Rp12 Miliar selama Pandemi, Ini Kuncinya!

RumahCom – Selama akhir Mei hingga 13 Juni, PT Inti Innovaco berhasil mencetak penjualan senilai Rp12 miliar. Padahal, pengembang ini tak memberlakukaan potongan harga, pembebasan biaya-biaya, atau

Lanjutkan membacaJuni 17, 2020

Ini 3 Inovasi yang Membuat Anda Tetap Tenang Saat Meninggalkan Rumah

RumahCom - Keamanan rumah merupakan hal yang harus tetap dijaga meskipun Anda sedang pergi. Teknologi keamanan terbaik akan memastikan kondisi rumah tetap terjaga dengan baik.Pekerjaan atau kesibukan

Lanjutkan membacaJuni 17, 2020

7 Alat Rumah Tangga Unik yang Anda Butuhkan

RumahCom - Saat ini, banyak teknologi unik yang langsung tersambung dengan smartphone kita untuk mempermudah segala pekerjaan, terutama pekerjaan rumah tangga.Teknologi unik adalah ’pembantu’ masa

Lanjutkan membacaJuni 17, 2020

Masukan