Papua Dapat Bantuan Bedah Rumah Sebanyak 4.114 Unit

Juni 18, 2020

RumahCom – Provinsi Papua mendapatkan bantuan program bedah rumah Kementerian PUPR hingga empat ribuan unit di 12 kabupaten dan satu kota. Program bedah rumah merupakan salah satu program yang telah banyak membantu masyarakat mendapatkan hunian yang lebih layak.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali menyalurkan program bantuan stimulan peruahan swadaya (BSPS). Kali ini, BSPS yang juga disebut sebagai program bedah rumah dilakukan di Provinsi Papua yang disebar di 12 kabupaten dengan anggaran mencapai Rp147,98 miliar untuk sebanyak 4.114 unit rumah yang akan dibedah.

Menurut Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Papua Malikidin Soltief, ribuan unit rumah yang akan dibedah di wilayah Papua ini akan sangat membantu masyarakat karena masih banyaknya masyarakat Papua yang hidup dengan rumah yang kurang layak.

“Kami sudah melakukan survei dan riset untuk masyarakat yang berhak menerima program bantuan ini. Nantinya juga tetap akan ada monitoring dan evaluasi proses pelaksanaan program bedah rumah ini dan masyarakat yang menerima bantuan juga dituntut untuk berperan aktif dalam setiap proses pelaksanaan baik yang bersifat teknis maupun administratif,” ujarnya.

Bangun rumah tidak harus selalu mahal. Siasati trik bangun rumah dengan anggaran minim lewat video berikut ini.

Para penerima bantuan selanjutnya akan dibentuk per kelompok sekaligus untuk menunjuk toko penyedia bahan bangunan di lokasi sekitar. Akan ada fasilisator yang membantu penerima bantuan untuk mengevaluasi supplier bahan bangunan yang telah ditunjuk, mengajukan rencana anggaran biaya (RAB), menyusun daftar rencana pemanfataan bantuan (DRPB), hingga membuat laporan penggunaan dana (LPD).

Program bedah rumah di Papua ini dilaksanakan di 12 kabupaten dan satu kota. Di Kota Jayapura dilaksanakan untuk sebanyak 394 unit rumah, Kabupaten Jayapura 190 unit, Yalimo 400 unit, Mamberamo Tengah 610 unit, Jayawijaya 100 unit, Tolikara 1.000 unit, Merauke 330 unit, Biak Numfor 100 unit, Kepulauan Yapen 150 unit, Waropen 250 unit, Nabire 250 unit, Deiyai 240 unit, dan Panial 100 unit.

Jumlah ini nantinya akan ditambah lagi 886 unit sehingga total akan menjadi 4.114 unit rumah yang dibedah untuk tahun 2020 ini. Keluarga penerima bantuan program bedah rumah ini akan mendapatkan bantuan dana dalam dua kategori, yaitu masyarakat di wilayah pesisir sebesar Rp21 juta yang terdiri dari dana bahan material Rp16 juta dan upah tukang Rp5 juta. Masyarakat yang tinggal di pegunungan menerima bantuan Rp37,5 juta yang terdiri dari dana pembelian material Rp32,5 juta dan untuk tenaga kerja tukang Rp5 juta.

“Para penerima bantuan ini akan selalu difasilitasi oleh berbagai tim teknis yang disebar di setiap desa dan kelurahan. Semoga program bantuan ini bisa dilaksanakan dengan baik sehingga masyarakat juga terbantu dan bisa menikmati kondisi rumah yang lebih baik dan layak huni,” imbuh Malikidin.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Begini Tampilan Taman Tropis Cinta Laura di Bali

RumahCom - Tampilan taman tropis milik Cinta Laura memang sangat menarik perhatian. Ia sering membagikan momen sedang santai di taman miliknya pada akun Instagram pribadinya.Artis  kelahiran Jerman i

Lanjutkan membacaJuni 17, 2020

Aspek Kesehatan Jadi Nilai Jual Baru untuk Properti

RumahCom – Sejumlah pengamat properti menyarankan pengembang untuk menonjolkan faktor kesehatan dan keamanan dalam setiap produknya. Menurut mereka, aspek kesehatan bisa menjadi strategi utama dalam

Lanjutkan membacaJuni 17, 2020

7 Cara Menata Rumah Agar Aman Bagi Aktivitas Anak

RumahCom - Aktivitas anak sehari-hari memang harus diawasi dengan baik. Namun untuk lebih menjaga keamanan anak, perlu ada penataan pada beberapa bagian rumah.Tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh ling

Lanjutkan membacaJuni 17, 2020

Mencintai Alam dengan Mengusung Rumah Ramah Lingkungan

RumahCom - Membuat rumah yang ramah lingkungan merupakan salah satu wujud kecintaan terhadap alam. Misalnya dengan mendesain rumah lebih terbuka dan menempatkan beberapa tanaman hias.Saat ini memang c

Lanjutkan membacaJuni 17, 2020

Mengenal Hunian Co-Living yang Digemari Oleh Milenial

RumahCom - Milenial lebih menyukai sesuatu yang praktis dan serba cepat, oleh karena itu mereka cenderung memilih hunian co-living.Cara hidup milenial tampak berbeda dari generasi-generasi sebelumnya.

Lanjutkan membacaJuni 17, 2020

Masukan