Di Tengah Pandemi, Milenial Sebaiknya Beli atau Sewa Huni?

Boy LeonardJuni 18, 2020

Di Tengah Pandemi, Milenial Sebaiknya Beli atau Sewa Huni

RumahCom – Milenial yang sebelumnya bingung memilih membeli rumah atau menyewanya, kini makin pusing. Pasalnya, pandemi Covid-19 semakin menyulitkan mereka dalam mendapatkan hunian sekarang ini.  Lantas, apa yang sebaiknya dilakukan?

Terkait opsi tersebut, situs jual beli properti Rumah.com mencatat adanya kenaikan lalu lintas data pencarian untuk properti sewa selama Mei atau masa pandemi. Pencarian properti sewa didominasi wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan, pencarian properti sewa tercatat mengalami kenaikan sebesar 27 persen pada Mei dibandingkan bulan sebelumnya. “Ini adalah yang tertinggi sepanjang 2020,” ujar Marine.

Marine menambahkan, pencarian properti sewa di Jabodetabek paling banyak berasal dari kawasan Jakarta Selatan. Besarannya 21 persen dari total pencarian properti sewa.

Jumlah pencarian properti sewa di Jakarta Selatan, kata Marine, naik 28 persen dibandingkan April. Namun secara bulanan, kenaikan pencarian properti disewa paling tinggi berasal dari Jakarta Utara, sebesar 40,9 persen.

“Jakarta Selatan masih menjadi favorit pencarian untuk wilayah Jabodetabek karena lokasinya yang dekat dengan pusat bisnis Jakarta serta memiliki sarana fasilitas umum yang lengkap,” tuturnya.

Adapun dari jenis propertinya, Marine memaparkan, rata-rata pencarian masih didominasi segmen rumah yang sebesar 70 persen, sedangkan sisanya adalah apartemen. Hanya saja, dia tidak menyebut secara spesifik rata-rata umur yang mencari properti sewa.

Di sisi lain, dia menyatakan peningkatan pencarian properti disewa tersebut masih berbanding lurus dengan pencarian properti dijual. Artinya, saat ini makin banyak orang yang memanfaatkan portal properti untuk mencari huniannya.

Untuk sementara waktu, menyewa rumah atau apartemen adalah opsi yang tepat di tengah pandemi. Ini akan membantu milenial yang belum mampu secara finansial karena terdampak Covid-19.

“Milenial yang sudah stabil penghasilannya pasti lebih suka membeli sekalian berinvestasi, tapi bagi yang belum stabil pendapatannya, cenderung sewa dulu sampai mereka mampu untuk membeli,” ucap Associate Director Ciputra Group Sinyo Palealu, sebagaimana dikutip dari Bisnis, Kamis, 18 Juni 2020.

Dia berpendapat, milenial bisa memilih opsi sewa apartemen untuk sementara waktu lalu membeli rumah jika kondisi ekonomi sudah mulai pulih. Namun, kalau melihat kecenderungan saat ini, banyak generasi milenial, khususnya di kota-kota besar yang memilih apartemen untuk tempat tinggal sementara.

Hal ini disebabkan lokasi apartemen bisa dicari berdasarkan dekat dengan tempat kerja dan didukung dengan lingkungan yang praktis dan keamanan yang juga lebih terjamin.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mengenal Hunian Co-Living yang Digemari Oleh Milenial

RumahCom - Milenial lebih menyukai sesuatu yang praktis dan serba cepat, oleh karena itu mereka cenderung memilih hunian co-living.Cara hidup milenial tampak berbeda dari generasi-generasi sebelumnya.

Lanjutkan membacaJuni 17, 2020

Bank Ubah Strategi Hingga Segmen Konsumen Saat Pandemi

RumahCom – Selain merevisi target, perbankan juga mengubah strategi hingga sasaran konsumen untuk penyaluran kredit perumahan terkait pandemi Covid-19. Bank CCB Indonesia melakukan strategi tersebut

Lanjutkan membacaJuni 18, 2020

Begini Cara Pantau Iuran Tapera yang Diinvestasikan

RumahCom – Badan Pengelola (BP) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) menjanjikan program ini akan berjalan dengan transparan, termasuk juga soal iura peserta yang diinvestasikan. Dengan demikian, seti

Lanjutkan membacaJuni 18, 2020

Masukan