5 Tips Menjalani Kehidupan Co-Living yang Baik

Boy LeonardJuni 18, 2020

Tips Menjalani Kehidupan CoLiving

RumahCom – Menjalani kehidupan co-living tentu tidak lepas dari berbagai masalah, oleh karena itu perlu menjalin relasi yang baik dengan penghuni lainnya.

Menjalani kehidupan dalam konsep co-living memang memberi dampak suka dan duka. Anda terkadang tidak bisa mengatur siapa yang menjadi tetangga sebelah kamar, siapa yang berisik, dan mereka yang malas membersihkan fasilitas bersama.

Masalah-masalah ini tentu sering dihadapi bagi mereka yang hidup bersama. Padahal co-living banyak memberikan manfaat positif bagi mereka yang menjalaninya. Tentu permasalahan tersebut dapat diselesaikan jika Anda menjalani kehidupan co-living yang baik. Lalu bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini.

Jalin Komunikasi yang baik

Tips Menjalani Kehidupan CoLiving

Dalam permasalahan apapun, termasuk co-living, komunikasi yang baik adalah kunci untuk menyelesaikan berbagai macam masalah. Komunikasi akan membantu Anda membangun hubungan relasi yang baik bersama penghuni lainnya. Anda juga tidak perlu berdiam diri ketika ada beberapa masalah yang bisa diselesaikan bersama.

Dengan membangun komunikasi dua arah yang baik, akan tercipta hubungan yang kuat dan positif. Kemudian rasa percaya satu sama lain juga akan terbangun dengan baik, sehingga tidak perlu lagi saling mencurigai.

Hidup bersih

Tips Menjalani Kehidupan CoLiving

Coliving yang mengandalkan fasilitas bersama tentu perlu dirawat secara bersama-sama pula. Kuncinya adalah dengan hidup bersih, maka Anda bisa menjalani hidup yang baik dengan sesama penghuni lainnya. Walau memang setiap orang memiliki standar kebersihan yang berbeda, namun tidak ada salahnya jika Anda selalu menjaga kebersihan.

Cobalah untuk diskusikan hal ini bersama dengan penghuni lainnya. Bagian mana dari tempat tinggal yang paling kotor, sering digunakan, atau sulit dibersihkan. Anda bersama yang lain mungkin bisa menjadwalkan kegiatan kebersihan bersama-sama. Jangan lupa juga untuk saling mengingatkan menjaga kebersihan setelah menggunakan fasilitas milik bersama.

Menghormati yang lainnya

Tips Menjalani Kehidupan CoLiving

Hal yang paling penting dalam hidup bersama terutama co-living adalah saling menghormati satu sama lain. Mungkin akan ada banyak perbedaan antar penghuni mulai dari latar belakang, pekerjaan, cara pandang, dan banyak lagi lainnya. Tetapi, hal tersebut bukan menjadi alasan untuk memperlakukan seseorang secara berbeda.

Tetap hormati pilihan setiap orang serta privasinya masing-masing. Anda juga perlu menjaga ruang privat sendiri maupun orang lain agar tidak saling mengganggu. Jika sudah bisa menghormati orang lain, mereka pun akan menghormati Anda juga.

Pererat relasi dengan sesama penghuni

Tips Menjalani Kehidupan CoLiving

Memiliki jiwa sosial mungkin bisa menjadi salah satu Anda dapat berkomunikasi dengan penghuni lainnya. Misalnya Anda bisa mengadakan makan bersama, pesta kecil-kecilan, hingga berlibur bersama. Momen ini tentu baik untuk menciptakan kehidupan co-living.

Namun jika Anda bukanlah orang yang mudah terbuka, bisa dicoba secara perlahan. Tidak perlu memaksakan diri untuk langsung terbuka terhadap orang lain. Mulailah dari saling menyapa ketika bertemu, menyelesaikan masalah bersama, hingga makan bersama di kamar. Dengan demikian, Anda bisa menjalin relasi dengan baik secara perlahan-lahan.

Cobalah melakukan hal menyenangkan bersama-sama

Tips Menjalani Kehidupan CoLiving

Menciptakan ikatan yang kuat dengan penghuni lain bisa dilakukan jika melakukan hal yang menyenangkan bersama-sama. Misalnya masak, bersih rumah, jalan-jalan, atau hanya sekedar minum kopi atau teh di pagi hari. Hal tersebut jika dilakukan secara bersama, maka akan menciptakan solidaritas yang kuat. Solidaritas ini tentu penting dalam kehidupan bersama. Karena kebaikan yang dilakukan akan mendatangkan kebaikan lainnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Sumber: Medium.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mencintai Alam dengan Mengusung Rumah Ramah Lingkungan

RumahCom - Membuat rumah yang ramah lingkungan merupakan salah satu wujud kecintaan terhadap alam. Misalnya dengan mendesain rumah lebih terbuka dan menempatkan beberapa tanaman hias.Saat ini memang c

Lanjutkan membacaJuni 17, 2020

Mengenal Hunian Co-Living yang Digemari Oleh Milenial

RumahCom - Milenial lebih menyukai sesuatu yang praktis dan serba cepat, oleh karena itu mereka cenderung memilih hunian co-living.Cara hidup milenial tampak berbeda dari generasi-generasi sebelumnya.

Lanjutkan membacaJuni 17, 2020

Co-Living Menjadi Cara Baru Meningkatkan Karier dan Bisnis

RumahCom - Hunian co-living banyak memberikan manfaat bagi pengembangan diri dan karir seseorang.Co-working menjadi salah satu tren yang berhasil di Indonesia. Sudah ada banyak co-working yang menyedi

Lanjutkan membacaJuni 18, 2020

Masukan