BPTJ: Tol Desari Dioperasikan Tanpa Peresmian

Boy LeonardJuni 20, 2020

Tol Desari Dioperasikan Tanpa Peresmian

RumahCom – Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) Seksi II akan beroperasi tanpa peresmian. Hal ini disampaikan langsung oleh pihak Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Tol Desari dioperasikan tanpa peresmian,” tutur Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit, sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Jumat, 19 Juni 2020.

Meski begitu, Danang tak menyebutkan secara pasti kapan tol ini beroperasi. Untuk diketahui, Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) Seksi II sepanjang 6,3 kilometer ini menghubungkan Brigif-Sawangan.

Namun, jika mengutip data dari Monitoring Konstruksi Jalan Tol Jabodetabek, Tol Desari Seksi II seharusnya beroperasi Mei 2020. Menyusul progres konstruksi yang telah mencapai 100 persen.

Sedangkan Seksi III Sawangan-Bojong Gede, belum dimulai konstruksinya dengan progres pengadaan lahan baru mencapai 4,45 persen. Sementara Seksi IV Bojong Gede-Salabenda belum dilakukan pengadaan lahan sama sekali.

Adapun Jalan Tol Desari dirancang dengan total panjang keseluruhan 21,6 kilometer dan terbagi dalam empat Seksi.

Seksi I (Antasari-Brigif) sepanjang 5,80 kilometer yang sudah diresmikan dan beroperasi pada 2018, Seksi II (Brigif-Sawangan) sepanjang 6,30 kilometer, Seksi III (Sawangan-Bojong Gede) sepanjang 9,50 kilometer, dan Seksi IV (Bojong Gede-Salabenda) 6,4 kilometer.

Pembangunan ini merupakan kerja sama antara swasta dengan BUMN, yakni antara PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP), PT Waskita Karya (Persero) Tbk, dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk.

Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) proyek ini dilakukan tahun 2006 dengan proyeksi investasi mencapai Rp 2,99 triliun. Detailnya, Rp1,46 triliun kebutuhan konstruksi dan Rp769 miliar untuk biaya pengadaan tanah.

Tol Desari merupakan satu di antara 15 tol yang akan diresmikan tahun ini oleh Presiden Jokowi. Sementara 14 tol lainnya, yakni Cimanggis-Cibitung Seksi 1A dengan kemajuan konstruksi mencapai 97,99 persen.

Kemudian 4 Seksi Jalan Tol Cibitung-Cilincing, yakni Seksi I (SS Cibitung-SS Telaga Asih) dengan progres 91,95 persen, Seksi II (SS Telaga Asih-SS Tambung Utara) dengan progres 90,05 persen, Seksi III (Tambun Utara-Taruma Jaya) dengan progres 80,81 persen, dan Seksi IV (Taruma Jaya-Cilincing) dengan progres 37,2 persen.

Seksi I hingga III dijadwalkan dapat beroperasi pada Agustus tahun ini. Sementara, Seksi IV akan beroperasi pada November mendatang.

Kemudian, Jalan Tol Serpong-Balaraja memiliki 1 Seksi dan 3 paket dengan progres konstruksi baru mencapai 7,33 persen dan Jalan Tol Bogor Ring Road (BRR) dengan kemajuan mencapai 64,4 persen.

Lalu, Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran terdiri dari 4 seksi dan dijadwalkan beroperasi pada November 2020 dengan total keseluruhan progres konstruksi mencapai 81,50 persen.

Jalan Tol Serpong-Cinere dengan total progres konstruksi mencapai 81,42 persen. Detailnya, Seksi I (Serpong IC-Pamulang IC) mencapai 91,67 persen dan Seksi II (Pamulang IC-Cinere) mencapai 57,81 persen.

Untuk konstruksi Seksi III Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Sumedang-Cimalaka) mencapai 91,83 persen. Sementara Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi IV (Indrapuri-Blang Bintang) progres konstruksinya mencapai 100 persen dan ditargetkan beroperasi Mei lalu.

Empat Seksi Jalan Tol Pekanbaru-Dumai dijadwalkan beroperasi pada Juli 2020 dengan progres konstruksi Seksi III (Petapahan-Kandis Utara) capai 99,13 persen, Seksi IV (Kandis Utara-Duri Selatan) capai 91,03 persen, Seksi V (Duri Selatan-Duri Utara) 98,02 persen, (Duri Utara-Dumai) 95,5 persen.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Papua Dapat Bantuan Bedah Rumah Sebanyak 4.114 Unit

RumahCom – Provinsi Papua mendapatkan bantuan program bedah rumah Kementerian PUPR hingga empat ribuan unit di 12 kabupaten dan satu kota. Program bedah rumah merupakan salah satu program yang telah

Lanjutkan membacaJuni 18, 2020

Bank Ubah Strategi Hingga Segmen Konsumen Saat Pandemi

RumahCom – Selain merevisi target, perbankan juga mengubah strategi hingga sasaran konsumen untuk penyaluran kredit perumahan terkait pandemi Covid-19. Bank CCB Indonesia melakukan strategi tersebut

Lanjutkan membacaJuni 18, 2020

Saat Pandemi, Produk Ready Stock Jadi Lebih Menarik

RumahCom – Wabah Covid-19 telah memunculkan berbagai pola maupun kebiasaan baru pada transaksi properti. Konsumen lebih tertariik membeli produk yang sudah jadi saat pandemi ini karena dianggap lebi

Lanjutkan membacaJuni 19, 2020

Apartemen Ini Mulai Terapkan New Normal

RumahCom – Apartemen mulai menerapkan pola new normal pada desain dan berbagai fasilitas di proyeknya untuk mencegah penyebaran pandemi. Salah satunya yaitu proyek LRT City di MT Haryono, Jakarta Se

Lanjutkan membacaJuni 19, 2020

Masukan