Begini Perhitungan Pekerja Mandiri Bayar Iuran Tapera

Juni 22, 2020

RumahCom – Program Tapera diberlakukan untuk setiap pekerja tanpa kecuali baik dari kalangan ASN, pekerja swasta, hingga pekerja mandiri. Untuk pekerja mandiri ada perhitungan sendiri supaya bisa tetap mencicil dengan besaran tiga persen dari penghasilan setiap bulannya.

Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) akan mulai diberlakukan awal tahun depan untuk kalangan ASN dan TNI-Polri. Setelah itu menyusul pekerja BUMN, BUMD, BUMDes, hingga kalangan pekerja swasta dan pekerja  mandiri dengan transisi sekitar 7 tahun setelah kalangan ASN. Tapera akan memotong dari gaji pekerja setiap bulan sebesar 2,5 persen dan 0,5 persen dari pemberi kerja sehingga totalnya 3 persen.

Bagaimana perhitungan iuran Tapera ini untuk kalangan pekerja mandiri atau informal seperti kalangan pekerja seni, konsultan mandiri, hingga wiraswasta lain seperti tukang baso dan lainnya?

Menurut Deputi Komisioner Bidang Pemanfataan Dana Badan Pengelola (BP) Tapera Ariev Baginda Siregar, untuk pekerja informal ada proses perhitungan khusus setiap bulannya untuk kalangan pekerja mandiri.

“Untuk pekerja kalangan ini akan diberlakukan self-assessment yaitu perhitungan jumlah iuran diserahkan kepada masing-masing pekerja tersebut. Setiap bulannya sanggup membayar iuran berapa yang besarannya dihitung dari rata-rata penghasilannya sendiri yang dianggapnya paling memungkinkan supaya bisa lancar mengiur setiap bulan, apa adanya saja jangan juga ditinggi-tinggikan yang nantinya dia malah kesulitan membayar,” jelasnya.

Beli rumah dengan cicilan KPR Ringan, bisa dan mudah kok. Simak video berikut ini untuk tau triknya!

Karena sifatnya self assessment, besaran iuran bisa dihitung berdasarkan rata-rata penghasilan setiap enam bulan atau satu tahun. Ariev memberikan contoh pekerja mandiri tukang baso di Pusat Jajan Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dia  memiliki penghasilan tetap karena lokasinya yang berada dekat dengan kawasan perkantoran sehingga bisa memerhitungkan jumlah iurannya dari rata-rata pendapatan enam bulan, kemudian dipotong tiga persen.

Saat ini baru kalangan ASN yang otomatis menjadi peserta Tapera karena ASN sudah memiliki tabungan perumahan sebelumnya dari program Bapertarum. Tapi untuk pekerja mandiri bisa mengajukan kepersertaannya sejak saat ini sehingga nantinya juga akan mendapatkan manfaat tabungan maupun penggunaan dana yang lebih besar karena keikutsertaan yang lebih awal.

“Jadi untuk sementara kita tidak bicara sanksi dulu untuk kalangan pekerja yang tidak mau ikut program Tapera ini. Biar Tapera ini berjalan dulu untuk kalangan ASN sekaligus sebagai program percontohan, nanti pekerja lain dari kalangan swasta maupun pekerja mandiri bisa melihat manfaatnya seperti apa dan secara sukarela bisa ikut,” beber Ariev.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Saat Pandemi, Produk Ready Stock Jadi Lebih Menarik

RumahCom – Wabah Covid-19 telah memunculkan berbagai pola maupun kebiasaan baru pada transaksi properti. Konsumen lebih tertariik membeli produk yang sudah jadi saat pandemi ini karena dianggap lebi

Lanjutkan membacaJuni 19, 2020

Apartemen Ini Mulai Terapkan New Normal

RumahCom – Apartemen mulai menerapkan pola new normal pada desain dan berbagai fasilitas di proyeknya untuk mencegah penyebaran pandemi. Salah satunya yaitu proyek LRT City di MT Haryono, Jakarta Se

Lanjutkan membacaJuni 19, 2020

Ada Ribuan Perumahan Yang Bisa Dilihat Di Database PPDPP

RumahCom – Lembaga penyalur KPR subsidi FLPP, PPDPP, terus mengembangkan aplikasi teknologi informasi untuk mempermudah masyarakat mengakses rumah murah dan pengembang mendaftarkan produk perumahann

Lanjutkan membacaJuni 19, 2020

BPTJ: Tol Desari Dioperasikan Tanpa Peresmian

RumahCom – Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) Seksi II akan beroperasi tanpa peresmian. Hal ini disampaikan langsung oleh pihak Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumaha

Lanjutkan membacaJuni 20, 2020

Dua Faktor Penting untuk Gaet Konsumen Properti di Tengah Pandemi

RumahCom – Ada banyak hal yang bisa dilakukan pengembang properti untuk meningkatkan minat beli konsumen di tengah pandemi Covid-19, salah satunya adalah menonjolkan aspek kesehatan. Namun ternyata

Lanjutkan membacaJuni 19, 2020

Masukan