Bukan Hanya FLPP, Aplikasi SiKasep Sudah Bisa Untuk Program SSB

Juni 24, 2020

RumahCom – PPDPP sebagai penyalur dana KPR subsidi FLPP terus mengembangkan berbagai aplikasi teknologi untuk kemudahan masyarakat yang mencari hunian. Ini hubungan kalangan pengembang dengan produk perumahannya.

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mengembangkan berbagai sistem dan layanannya untuk kemudahan masyarakat khususnya menggunakan aplikasi teknologi. PPDPP merupakan lembaga yang menyalurkan KPR bersubsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Sejak akhir tahun lalu, PPDPP telah sukses menerapkan aplikasi Sistem KPR Bersubsidi Perumahan (SiKasep) dan Sistem Informasi untuk Pengembang (SiKumbang). Dua aplikasi ini untuk memudahkan MBR mengakses FLPP dan kalangan pengembang menginformasikan produk perumahannya.

Menurut Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin, PPDPP terus mengembangkan berbagai sistem teknologi untuk semakin memudahkan semua pihak. SiKasep misalnya, tidak hanya melayani proses pengajuan untuk pembiayaan KPR subsidi FLPP tapi terus ditingkatkan fitur-fiturnya.

“Jadi sekarang SiKasep tidak hanya melayani KPR Subsidi FLPP tapi juga untuk program subsidi yang lain yaitu program subsidi selisih bunga (SSB). Program SSB juga dikelola oleh Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR, jadi masyarakat bisa ada pilihan dua program subsidi di satu aplikasi,”ujarnya.

Aplikasi SiKasep sendiri dengan berbagai kemudahan khususnya saat pandemi ini penggunanya terus meningkat seiring kebutuhan hunian masyarakat yang sangat besar. Per hari ini, Rabu, 24 Juni 2020, tercatat sebanyak 173.602 calon debitur yang telah terdaftar dengan 68.023 dinyatakan telah lolos subsidi checking dan 31.082 dinyatakan belum lolos subsidi checking.

Selain itu sudah ada 14.284 calon debitur yang sudah dalam proses verifikasi bank, 1.011 calon debitur sudah mengajukan dana FLPP kepada PPDPP dan ada 68.785 debitur yang telah menerima dana FLPP. Sementara untuk pengajuan program SSB dan yang sudah dalam tahap verifikasi bank pelaksana angkanya mencapai 5.606 calon debitur

Untuk data SiKumbang, hingga saat ini PPDPP mencatat ada sebanyak 10.335 lokasi perumahan yang telah didaftarkan dan bisa dipilih oleh masyarakat. Dari 10.335 lokasi perumahan di berbagai kota Indonesia tersebut, sebanyak 9.620 lokasi perumahan sudah siap dilakukan akad kredit.

Setiap orang pasti punya rumah idaman yang diinginkan. Lalu bagaimana cara cerdas agar bisa temukan rumah idaman? Nonton video berikut ini untuk tau caranya, yuk!

Arief menyebut, pengembangan aplikasi pada sistem yang dikembangkan PPDPP seperti SiKasep maupun SiKumbang tidak akan pernah berhenti. Akan ada banyak dampak positif yang didapatkan dengan terus meningkatnya database pengguna aplikasi PPDPP ini dan akan semakin memudahkan pemerintah untuk membuat berbagai kebijakan perumahan karena memiliki data yang lengkap dan akurat.

“Berbagai aplikasi yang terus dikembangkan oleh PPDPP ini mempertemukan sisi demand yaitu MBR, sisi supply yaitu pengembang perumahan, bank pelaksana, dan pemerintah. Ke depan aplikasi ini akan sangat mumpuni untuk menunjang data perumahan karena itu berbagai masukan, kritik, dan saran selalu kami nantikan untuk terus menyempurnakan aplikasi ini ke depannnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ribuan Paket Proyek Dipercepat Untuk Kurangi Dampak Pandemi

RumahCom – Kementerian PUPR mempercepat penyerapan anggaran untuk bisa menggerakan perekonomian nasional yang terkendala karena pandemi Covid-19. Anggaran Kementerian PUPR akan dimaksimalkan untuk m

Lanjutkan membacaJuni 23, 2020

Pentingnya Taman Saat Pandemi, Kenapa?

RumahCom – Taman memiliki peran yang sangat penting pada situasi pandemi saat ini. Belum banyak yang mengetahui dan menjadikan taman sebagai bagian penting sebuah kota sehingga taman justru tak tera

Lanjutkan membacaJuni 23, 2020

Peserta Tapera Bisa Pantau Uangnya Setiap Saat

RumahCom – Tapera yang menerima iuran dari potongan gaji setiap pekerja akan mengelola dana untuk perumahan pesertanya dengan aturan dan pengawasan yang ketat. Setiap peserta yang membayar iuran jug

Lanjutkan membacaJuni 23, 2020

REI Mohon Perbankan Cepat Tanggap Soal Pemangkasan Suku Bunga BI

RumahCom.com – DPP Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) mendesak perbankan untuk cepat merespons penurunan suku bunga kredit. Hal ini sejalan dengan pemangkasan suku bunga acuan Bank Indon

Lanjutkan membacaJuni 23, 2020

Ini Manfaat Penggunaan Panel Surya di Rumah

RumahCom - Panel surya menjadi salah satu pilihan tenaga listrik yang ramah bagi lingkungan. Selain itu ada segudang manfaat lainnya dari pemasangan panel surya di rumah.Pemerintah melalui Kementerian

Lanjutkan membacaJuni 24, 2020

Masukan