Cara Membuat Rumah Menjadi Lebih Hemat Energi

Wahyu ArdiyantoJuni 25, 2020

Cara Membuat Rumah Menjadi Lebih Hemat Energi

RumahCom – Rumah yang hemat energi tentu berperan besar dalam penyelamatan dan pelestarian lingkungan. Selain itu Anda juga menjadi lebih hemat anggaran.

Rumah merupakan sistem yang tersusun dari berbagai komponen-komponen dalam rumah. Sistem yang terbangun dalam rumah tujuannya adalah agar penghuni bisa tinggal dengan nyaman dan aman.

Sebagai sebuah sistem, rumah tentu dapat bekerja dengan sumber daya yang digunakan. Baik itu tenaga Anda sebagai manusia, maupun energi seperti energi listrik untuk kebutuhan sehari-hari.

Namun untuk energi yang lebih sustainable serta ramah lingkungan, tentu penggunaan energi dalam rumah harus lebih efisien dan efektif. Lalu bagaimana saja caranya? Berikut penjelasannya.

Pastikan dinding dan atap memiliki insulasi yang baik

Insulasi adalah proses untuk mengurangi laju panas atau kalor. Jika dinding dan atau rumah Anda memiliki insulasi yang baik, maka rumah menjadi tidak terlalu panas saat musim panas dan terlalu dingin saat musim dingin.

Tujuan insulasi ini agar Anda tidak menggunakan alat pendingin dan penghangat ruangan secara berlebihan, sehingga boros energi. Anda bisa menambahkan alat atau bahan peredam panas pada bagian dinding dan atap agar agar insulasi bisa bekerja dengan baik.

Hemat energi dengan jendela

Jendela bisa menjadi salah satu faktor bagi sebuah rumah untuk hemat energi.Sebaiknya gunakan jendela yang cukup lebar sehingga cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah. Hal ini bertujuan agar rumah Anda mengurangi penggunaan lampu pada siang hari.

Kemudian saat udara di luar sedang sejuk, jendela yang dibuka tentu akan membuat rumah lebih sejuk sehingga Anda tidak perlu menggunakan pendingin ruangan.

Jendela yang hemat energi biasanya memiliki mekanisme insulasi yang baik, memiliki kaca penahan panas, serta bingkai daun dan kusen yang rapat. Dengan begitu jendela bisa berfungsi dengan baik dalam rangka hemat energi di rumah.

Meningkatkan sistem efisiensi penggunaan air panas untuk mandi

Sering kali kita menggunakan air panas untuk mandi saat cuaca sedang dingin atau Anda sedang tidak enak badan. Namun sistem air panas untuk mandi cukup boros energi. Anda harus melakukan beberapa penyesuaian agar mengurangi penggunaan energi pada sistem ini.

Ketika sedang menggunakan penghangat air, segera gunakan air yang telah hangat agar tidak cepat dingin. Hal ini akan mengurangi pemakaian secara berulang penghangat air tersebut.

Ganti lampu pijar dengan CFL

CFL (Compact Fluorescent Lamps) ternyata jauh lebih hemat dari lampu pijar yang banyak digunakan masyarakat. Cahaya yang dihasilkan juga jauh lebih terang dan stabil. Hal ini tentu membuat rumah Anda mendapatkan cahaya secara merata ke sudut ruangan.

Penggunaan listrik yang lebih irit membuat CFL menjadi pilihan yang baik jika Anda ingin lebih hemat energi.

Matikan benda listrik yang tidak digunakan

Mematikan benda-benda yang terhubung dengan listrik saat sedang tidak digunakan adalah tindakan tepat. Anda mungkin sering lupa untuk mematikan lampu teras, mencabut adaptor laptop, membiarkan tv menyala seharian, dan banyak lagi lainnya.

Tindakan-tindakan tersebut membuat rumah menjadi lebih boros energi. Selain itu mematikan benda listrik yang tidak digunakan bisa menjadi langkah pencegahan dari gangguan listrik hingga kebakaran rumah.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Sumber: Greenhomeguide.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

8 Peralatan Dapur Ini Sangat Canggih Dan Wajib Dicoba

RumahCom - Peralatan dapur tentu membantu setiap orang untuk memasak. Namun seberapa baik peralatan dapur canggih bisa membantu Anda di dapur?Bagi sebagian besar ibu rumah tangga, kegiatan di dapur se

Lanjutkan membacaJuni 24, 2020

6 Artis Hollywood Ini Punya Rumah Yang Uniknya Kebangetan

RumahCom - Memiliki rumah yang mewah dan megah adalah impian banyak orang. Namun artis-artis ini memiliki rumah yang mewah sekaligus unik.Jika setiap orang ditanya seperti apa rumah impiannya, sebagia

Lanjutkan membacaJuni 24, 2020

Ini Manfaat Penggunaan Panel Surya di Rumah

RumahCom - Panel surya menjadi salah satu pilihan tenaga listrik yang ramah bagi lingkungan. Selain itu ada segudang manfaat lainnya dari pemasangan panel surya di rumah.Pemerintah melalui Kementerian

Lanjutkan membacaJuni 24, 2020

Masukan