Ini Alasan Pentingnya Rumah Ramah Lingkungan

Juni 25, 2020

RumahCom – Rumah yang ramah lingkungan menjadi perhatian sendiri oleh sebagian besar orang. Kesadaran yang tinggi akan kerusakan lingkungan, membuat banyak pihak memikirkan cara-cara untuk menyelamatkan lingkungan. Salah satunya adalah membangun dan mendesain rumah yang mengusung prinsip eco-friendly.

Konsep dari hunian ini diyakini mampu mengurangi penggunaan sumber daya yang tidak berkelanjutan. Selain itu penghuni juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih baik. Lalu apa saja alasan penting lainnya dari membangun rumah ramah lingkungan? Dikutip dari Sciencing, simak penjelasannya berikut.

1. Mengurangi Dampak Kerusakan Lingkungan

Menggunakan bahan-bahan bangunan yang ramah lingkungan, tentu mengurangi kerusakan lingkungan. Hal ini karena bahan-bahan yang tidak ramah lingkungan tidak lagi digunakan dalam jumlah besar. Dampak seperti pencemaran air, udara, dan tanah bisa dikurangi secara signifikan.

Langkah-langkah kecil dalam penggunaan bahan ramah lingkungan akan menjadi sebuah budaya yang baik dan bisa diteruskan pada generasi penerus. Anda akan membawa dampak positif dan besar bagi keselamatan lingkungan.

2. Lebih Hemat Waktu

Membangun konstruksi rumah dengan bahan yang ramah lingkungan bisa menghemat waktu. Anda bisa membeli sebagian besar bahan bangunan dari usaha lokal yang di sekitar, sehingga secara tidak langsung membantu perekonomian mereka. Selain itu waktu dan jarak tempuh yang dekat membuat Anda lebih hemat bahan bakar yang menjadi penyebab polusi udara.

Rumah ramah lingkungan juga relatif mudah dan cepat dalam pembangunan. Ada banyak sekali model dan desain rumah yang sederhana namun tetap elegan namun bisa dibangun dalam waktu cepat. Anda bisa berkonsultasi dengan arsitek dan desainer rumah yang sesuai dengan keinginan.

3. Hemat Uang

Bahan bangunan yang ramah lingkungan bisa didapat dari barang bekas maupun hasil daur ulang. Menggunakan bahan-bahan tersebut tentu membuat Anda menjadi lebih hemat uang daripada harus membeli bahan baru yang secara kualitas masih sama.

Anda mungkin bisa memanfaatkan atap dan dinding rumah yang mampu menyerap panas dengan baik. Tujuannya adalah agar rumah tetap terasa sejuk sehingga mengurangi penggunaan alat pendingin ruangan. Kemudian penggunaan panel surya menjadi salah satu investasi jangka panjang yang bisa menghemat pengeluaran Anda untuk kebutuhan listrik.

Ditengah pandemi, rumah menjadi tempat teraman untuk berlindung. Simak selengkapnya di video berikut ini.

4. Lebih Sehat Bagi Penghuni

Banyak material bangunan yang dijual kurang baik bagi kesehatan seseorang. Banyak senyawa berbahaya dan karsinogenik yang dihasilkan dari bahan bangunan tersebut. Misalnya yang asbes yang bisa menyebabkan gangguan saluran pernapasan, cat yang memiliki kandungan racun, serta banyak lagi lainnya.

Selain itu bahan-bahan yang tidak ramah lingkungan kurang memiliki kemampuan penyaluran air yang baik. Hasilnya sering kali di sudut-sudut rumah Anda menemui banyak jamur yang mengganggu. Memilih produk ramah lingkungan untuk bangunan, tentu mengurangi risiko gangguan kesehatan.

Membangun rumah ramah lingkungan merupakan bentuk partisipas seseorang dalam menjaga kelestarian lingkungan. Hal ini harus dilakukan secara perlahan-lahan dan bertahap, agar dampak baik yang dirasakan semakin terasa.

Harapannya dengan kehadiran rumah ramah lingkungan, manusia dan lingkungan tetap mendapatkan manfaat baik. Manusia akan menjadi lebih sehat, lebih irit pengeluaran, serta aman terlindungi. Sementara bagi lingkungan, akan berdampak pada pengurangan polusi serta pemanfaatan sumber daya yang lebih minimal.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Bagaimana Menarik Dana Tapera Untuk Pekerja Yang Di-PHK?

RumahCom – BP Tapera yang mengelola dana pekerja akan mengembalikan seluruh manfaat kelolaan dananya untuk pekerja khususnya pembiayaan perumahan. Untuk pekerja yang di-PHK ada aturan yang telah dit

Lanjutkan membacaJuni 25, 2020

Kementerian PUPR Ajukan Pagu Anggaran Rp115,58 Triliun dan Perumahan Rp7,48 Triliun

RumahCom – Kementerian PUPR telah mengajukan pagu anggaran untuk program kerja tahun 2021 mendatang. Anggaran seratusan triliun akan digunakan untuk memaksimalkan program kerja guna meningkatkan per

Lanjutkan membacaJuni 25, 2020

Produk Ready Stock Hingga Protokol Covid Lebih Dicari Konsumen Saat Pandemi

RumahCom – Beberapa perubahan pola pembelian produk properti mengalami pergeseran ataupun tren baru saat adanya pandemi Covid-19. Konsumen lebih memilih produk dengan kriteria tertentu seperti produ

Lanjutkan membacaJuni 25, 2020

Arsitek Bicara Desain Pasca Pandemi

RumahCom – Pandemi Covid-19 memunculkan banyak hal baru terkait lifestyle hingga desain bangunan. Akan ada banyak penerapan gaya arsitektur baru sebagai respon terkait pandemi ini yang akan dijawab

Lanjutkan membacaJuni 25, 2020

7 Rumah Selebritis Terkenal Ini Super Mewah dan Canggih

RumahCom - Rumah orang terkenal di dunia tentu memiliki kesan yang mewah bak istana. Namun, mereka juga menyematkan teknologi canggih untuk kemudahan dan kenyamanan di dalam rumah.Selebritis terkenal

Lanjutkan membacaJuni 25, 2020

Masukan