Pengembang Nilai Sektor Properti Masih Lemah di Semester II-2020

Boy LeonardJuni 26, 2020

Pengembang Nilai Sektor Properti Masih Lemah di Semester II-2020

RumahCom – Para pengembang tak yakin semester II 2020 penjualan bisa naik. Pasalnya, pada semester I 2020, perkembangan yang ada justru tidak memuaskan sama sekali.

Salah satunya adalah Direktur PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) Olivia Surodjo. Ia berujar, pendapatan prapenjualan (marketing sales) tahun 2020 bakal meleset dari perkiraan. Tahun ini, Metland menargetkan marketing sales Rp 2,1 triliun, tak jauh beda dengan pencapaian tahun lalu.

MTLA sendiri pada kuartal I-2020 baru membukukan marketing sales Rp250 miliar. Nilai realisasi yang teramat kecil itu disebabkan belum adanya peluncuran proyek baru akibat Covid-19.

“Untuk target resmi belum kami revisi tapi memang akan estimasi kami tahun ini akan meleset dari target akibat Covid-19,” tutur Olivia, sebagaimana dikutip dari Kontan, Jumat 26 Juni 2020.

Menurut Olivia, kondisi semester dua memang akan lebih baik daripada semester I-2020. Namun bila dibandingkan dengan semester II tahun lalu, kondisinya masih cenderung lebih buruk.

Namun begitu, MTLA masih akan mengoptimalisasi promosi lewat pemasaran digital. Salah satu strateginya adalah program Book Now, Pay Later Deals. Program ini menjadi upaya MTLA menangkap kesulitan pada konsumen yang 85 persen merupakan end-user untuk melakukan proses KPR di situasi seperti sekarang.

Sementara itu, Direktur PT Ciputra Development Tbk (CTRA) Tulus Santoso mengatakan, pihaknya terus memonitor perkembangan pasar di era new normal saat ini, Sebab, masih terlalu dini untuk melakukan prediksi.

Meski terdengar optimis, tapi CTRA akan merevisi target marketing sales-nya. “Kami akan revisi tetapi masih dihitung,” kata dia.

Kendati begitu, kinerja CTRA di kuartal I-2020 sebetulnya masih tumbuh. Per kuartal I-2020 marketing sales tumbuh 2,7 persen year-on-year menjadi Rp 1,14 triliun. Ini setara 17 persen dari target tahun ini yang sebesar Rp6,7 triliun.

Untuk diketahui, pada kuartal II-2020 CTRA menargetkan bisa mengantongi marketing sales sebesar Rp 1,25 triliun.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pemulihan Sektor Properti Tergantung Pada Hal Ini

RumahCom — Direktur Eksekutif Jakarta Property Institute (JPI) Wendy Haryanto menuturkan, pasar properti sebenarnya sudah menurun sebelum adanya pandemi Covid-19. Namun, keadaan makin parah ketika v

Lanjutkan membacaJuni 25, 2020

Terapkan Strategi Tepat, Pengembang Masih Bisa Jualan Dengan Baik Saat Pandemi

RumahCom – Pandemi Covid-19 telah membuat kalangan pengembang sulit menjual produknya. Tapi dengan strategi, produk, serta berbagai promo yang tepat masih ada pengembang yang tetap bisa membukukan p

Lanjutkan membacaJuni 26, 2020

Atur Hak Bawah Tanah Dan Atas Tanah, Akan Ada Status HGRBT, Apa Itu?

RumahCom – Pemerintah tengah mengkaji aturan mengenai hak penggunaan ruang bawah tanah dan atas tanah. Nantinya akan ada status hak baru untuk pemanfaatan ruang-ruang ini yang disebut status HGRBT.K

Lanjutkan membacaJuni 26, 2020

Masukan