5 Tips Hemat Energi Agar Rumah Lebih Ramah Lingkungan

Boy LeonardJuni 30, 2020

Hemat Energi di Rumah

RumahCom – Kondisi lingkungan saat ini semakin kritis, sehingga perlu diselamatkan. Cara yang paling mudah adalah dengan hemat energi di rumah.

Kondisi lingkungan semakin hari mengalami kerusakan yang parah. Hal ini disebabkan oleh pemanfaatan sumber daya alam yang terlalu berlebihan tanpa melihat keberlanjutan lingkungan. Oleh karena itu sudah banyak gerakan yang ramah lingkungan yang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, termasuk rumah.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk melakukan gerakan ramah lingkungan di rumah, misalnya dengan menghemat pemakaian energi. Ada beberapa cara yang bisa Anda dan anggota keluarga terapkan untuk menghemat energi, berikut di antaranya:

Menggunakan lampu LED

Hemat Energi di Rumah

Lampu LED dikenal memiliki masa pakai yang sangat lama, bahkan ada yang hingga belasan tahun. Lampu jenis ini juga menghasilkan cahaya yang terang namun lembut, sehingga tidak begitu menyilaukan bagi mata Anda.

Penggunaan dayanya juga terbilang cukup rendah, dan tentu saja lampu LED menjadi lebih ramah lingkungan. Hal ini tentu berdampak langsung pada berkurangnya kebutuhan tenaga pembangkit listrik sehingga mengurangi emisi CO2. Oleh karena itu, gantilah lampu pijar Anda dengan lampu LED yang lebih tahan lama dan ramah lingkungan.

Manfaatkan kain bekas

Hemat Energi di Rumah

Penggunaan tisu semakin banyak saat ini. Padahal tisu dibuat dari pohon, sehingga semakin banyak penggunaan tisu maka semakin banyak pula pohon yang digunakan. Jika tidak ada pengurangan penggunaan tisu hal ini akan berdampak pada kerusakan lingkungan yang semakin serius.

Oleh karena itu cobalah untuk menggunakan sapu tangan atau kain bekas. Anda bisa membuat alat pembersih secara DIY (do it yourself) dengan menggunakan kain bekas tersebut. Banyak kreasi unik yang bisa dibuat, terlebih jika Anda menggunakan kain-kain dengan motif lucu.

Rajin membersihkan kulkas dan AC

Hemat Energi di Rumah

Kulkas dan AC merupakan alat yang harus rutin dibersihkan. Karena jika kedua benda tersebut dalam keadaan tidak bersih, maka dibutuhkan energi yang lebih banyak untuk proses pendinginan. Hal ini akan membuat rumah Anda menjadi lebih boros energi dan berdampak langsung pada lingkungan.

Anda bisa membersihkan kulkas dan AC sekali dalam sebulan. Untuk bagian kulkas Anda bisa membersihkan bagian dalamnya. Sementara untuk AC selain bagian dalamnya, Anda juga perlu membersihkan bagian selangnya juga.

Keringkan pakaian dengan cara alami

Hemat Energi di Rumah

Sekarang sudah banyak alat pengering pakaian yang lebih praktis. Namun jika tidak terlalu mendesak, Anda bisa menggunakan sinar matahari untuk mengeringkan pakaian. Penggunaan alat pengering yang terlalu sering dikhawatirkan akan lebih boros energi.

Pastikan pakaian yang dikeringkan dijemur dengan baik di bawah sinar matahari. Hal ini akan membuat pakaian menjadi lebih kering secara merata. Anda bisa menggunakan pengering pakaian jika memang sedang terdesak, terburu-buru, atau ada kepentingan yang harus didahulukan.

Belanja barang bekas

Hemat Energi di Rumah

Produksi beberapa perabot dalam rumah tangga tentu menghasilkan emisi yang membentuk efek rumah kaca. Jadi apa salahnya jika Anda membeli barang-barang bekas untuk memenuhi kebutuhan perabot.

Ada banyak benda yang bisa Anda beli, misalnya kain, meja, lemari, ranjang. dan banyak lagi lainnya. Dengan begitu selain lebih hemat uang, Anda juga turut membantu dalam pelestarian lingkungan.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Sumber: Architecturaldigest.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Inilah 6 Air Mancur Dalam Ruangan yang Siap Memanjakan Rumah Anda

RumahCom - Air mancur menjadi salah satu pilihan tepat bagi Anda untuk menjadikan suasana rumah menjadi lebih santai dan sejuk. Pilihan air mancur tentu menyesuaikan dengan kebutuhan dan desain rumah

Lanjutkan membacaJuni 29, 2020

Bangun Rumah Impian Anda Dengan 8 Bahan Bangunan Murah Ini

RumahCom - Membangun rumah impian tidak selalu mengeluarkan biaya yang besar. Beberapa bahan bangunan dengan harga murah bisa untuk mewujudkan rumah impian Anda.Saat Anda membangun rumah, biasanya sem

Lanjutkan membacaJuni 29, 2020

Inilah 4 Jenis Bahan Bangunan Yang Tahan Lama Untuk Rumah Anda

RumahCom - Bahan bangunan menjadi hal yang terpenting untuk diketahui dalam memilih sebuah hunian. Banyak orang tentu tertarik dengan bahan bangunan yang kokoh dan tahan lama.Pernahkah Anda melihat sp

Lanjutkan membacaJuni 29, 2020

Masukan