Dengan Didukung Google, Ciptakan Rumah Pintar Untuk Hunian Anda

Boy LeonardJuni 30, 2020

Rumah Pintar dengan Google

RumahCom – Dukungan teknologi tinggi membuat apa saja menjadi mungkin untuk dilakukan. Termasuk membangun rumah pintar yang memudahkan aktivitas penghuni dalam rumah.

Gaya hidup modern menjadi hal yang lumrah di era digital seperti saat ini. Dengan teknologi canggih, kebutuhan apa saja bisa terpenuhi hanya melalui smartphone saja. Salah satu kebutuhan yang bisa dipenuhi dengan teknologi canggih adalah menciptakan sebuah rumah pintar.

Rumah pintar yang didukung kontrol melalui smartphone ini tentu memudahkan Anda dalam menjalani berbagai aktivitas di dalam rumah. Anda bisa dengan mudah melakukan apa saja secara cepat dan praktis hanya mengandalkan sebuah hp dan koneksi internet. Hal ini didukung dengan aplikasi Google Voice Command Assistant yang dapat menerima perintah untuk melakukan sesuatu.

Lalu bagaimana caranya membuat rumah Anda menjadi rumah pintar? Berikut ulasannya.

Speaker dan layar pintar

Rumah Pintar dengan Google

Dengan speaker pintar, maka Anda bisa menciptakan rumah pintar yang didukung Google dengan cara memberi perintah suara. Biasanya pada smartphone android, speaker cerdas ini dikenal dengan aplikasi Google Assistant. Dengan memanfaatkan aplikasi ini maka Anda bisa mengendalikan seluruh perangkat dalam rumah tanpa perlu melakukan akses melalui smartphone android.

Selain itu, layar sentuh yang digunakan dalam alat ini bisa Anda gunakan untuk mengontrol perangkat hanya dalam satu ketukan saja. Alat ini dapat menerima semua perintah suara sehingga Anda sekeluarga bisa mengontrol rumah tanpa perlu repot dengan smartphone.

Kenalkan Google kepada keluarga Anda

Rumah Pintar dengan Google

Google Assistant dapat dilatih untuk mengenali suara anggota keluarga Anda sekaligus dapat menyesuaikan respon yang sesuai. Caranya, setiap anggota keluarga Anda perlu mengatur akun Google dan menyinkronkan akun mereka yang ada dengan aplikasi Google Home. Karena siapa saja dapat mengontrol Google agar dapat membantu aktivitas Anda dan keluarga di rumah.

Memilih Lokasi

Rumah Pintar dengan Google

Saat sudah memiliki teknologi canggih ini untuk rumah, maka Anda perlu memilih lokasi yang sesuai untuk meletakkan alat tersebut. Sebaiknya, Anda letakkan di tempat-tempat penting seperti ruang tamu atau dapur. Dapur menjadi tempat strategis untuk meletakkan Google.Karena, Google bisa membantu Anda dalam mencari resep makanan atau melihat cara membuat makanan langkah demi langkah melalui gadget. Anda juga bisa memaksimalkan penggunaan Google dengan pengeras suara.

Jika rumah cukup besar dan luas, sebaiknya Anda memiliki beberapa unit partisi Google  untuk diletakkan di beberapa sudut ruangan. Jangan khawatir Google tidak dapat menangkap suara Anda jika memiliki banyak unit. Karena, partisi Google yang akan menangkap dan merespon suara perintah Anda adalah yang terdekat.

Memilih gadget rumah pintar

Rumah Pintar dengan Google

Saat sudah memiliki speaker atau layar pintar, maka Anda siap memulai membangun rumah pintar. Sebaiknya, jangan membeli banyak perlengkapan yang belum tentu Anda gunakan. Pilihlah satu atau dua hal yang paling ingin Anda kontrol dengan perintah suara.

Salah satu yang bisa dikontrol dengan rumah pintar adalah lampu pintar. Alat ini cukup populer dan mungkin Anda sering melihatnya di film-film. Hanya dengan melakukan perintah suara untuk menyalakan dan mematikan lampu maka Anda bisa langsung mengontrol lampu Anda tanpa menyentuh saklar lampu.

Sinkronkan rumah pintar Anda

Rumah Pintar dengan Google

Sebelum menjalankan rumah pintar, Anda perlu melakukan proses pengaturan awal menggunakan masing-masing aplikasi. Anda juga harus membuat akun masing-masing untuk setiap anggota keluarga. Setelah alat Anda siap dan terhubung dengan internet, maka Anda bisa membuka aplikasi Google Home dan ikuti cara menyinkronkan akun Anda. Pastikan Anda memberikan nama dari setiap perangkat.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Sumber: Cnet.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Inilah 6 Air Mancur Dalam Ruangan yang Siap Memanjakan Rumah Anda

RumahCom - Air mancur menjadi salah satu pilihan tepat bagi Anda untuk menjadikan suasana rumah menjadi lebih santai dan sejuk. Pilihan air mancur tentu menyesuaikan dengan kebutuhan dan desain rumah

Lanjutkan membacaJuni 29, 2020

Bangun Rumah Impian Anda Dengan 8 Bahan Bangunan Murah Ini

RumahCom - Membangun rumah impian tidak selalu mengeluarkan biaya yang besar. Beberapa bahan bangunan dengan harga murah bisa untuk mewujudkan rumah impian Anda.Saat Anda membangun rumah, biasanya sem

Lanjutkan membacaJuni 29, 2020

Inilah 4 Jenis Bahan Bangunan Yang Tahan Lama Untuk Rumah Anda

RumahCom - Bahan bangunan menjadi hal yang terpenting untuk diketahui dalam memilih sebuah hunian. Banyak orang tentu tertarik dengan bahan bangunan yang kokoh dan tahan lama.Pernahkah Anda melihat sp

Lanjutkan membacaJuni 29, 2020

Masukan