Ini 5 Manfaat Punya Peliharaan di Rumah

Wahyu ArdiyantoJuli 2, 2020

manfaat punya peliharaan di rumah

RumahCom – Tidak disangka ternyata memiliki hewan peliharaan berdampak positif bagi kesehatan dan hubungan sosial Anda.

Memiliki hewan peliharaan di rumah sangatlah menyenangkan. Hewan peliharaan, selain menyenangkan ternyata memberi dampak baik bagi mereka yang memelihara. Mulai dari kesehatan jiwa, pelepas penat, hingga sebagai teman bermain bagi anak.

Ternyata hewan peliharaan juga memberi banyak manfaat lain bagi manusia. Apa saja manfaat tersebut? Berikut ulasannya.

1. Meningkatkan kesehatan mental

hewan peliharaan di rumah Meningkatkan kesehatan mental

Hanya dengan membelai atau mengelus hewan peliharaan Anda akan merasa lebih tenang, detak jantung menjadi stabil, dan tentu saja muncul kesenangan tersendiri.

Memelihara hewan peliharaan di rumah bukan hanya hobi untuk kesenangan saja. Lebih dari itu, memiliki hewan peliharaan ternyata memberi manfaat baik dalam meningkatkan kesehatan mental pemiliknya.

Hanya dengan membelai atau mengelus hewan peliharaan Anda akan merasa lebih tenang, detak jantung menjadi stabil, dan tentu saja muncul kesenangan tersendiri. Hal ini bisa terjadi karena saat mengelus hewan terjadinya penurunan hormon penyebab stres dan meningkatkan hormon pemberi rasa senang.

Oleh karena itu memiliki hewan peliharaan di rumah sangat cocok bagi Anda yang memiliki pekerjaan super sibuk dan padat atau yang sedang dalam pengobatan kesehatan mental.

2. Mencegah gangguan jantung

hewan peliharaan di rumah Mencegah gangguan jantung

Dengan memiliki hewan peliharaan di rumah, seseorang akan menjadi lebih senang dan bahagia.

Beberapa penelitian menunjukkan, memiliki hewan peliharaan ternyata baik untuk kesehatan jantung. Hal ini tentu saja mencegah Anda dari berbagai gangguan jantung yang membahayakan.

Dengan memiliki hewan peliharaan di rumah, seseorang akan menjadi lebih senang dan bahagia. Selain itu mereka juga memiliki tekanan darah yang stabil, penurunan kadar kolesterol, dan banyak lagi lainnya. Hal ini secara langsung membuat Anda memiliki jantung yang lebih sehat saat memiliki hewan peliharaan.

3. Mencegah anak terkena alergi

Mencegah anak terkena alergi

Anda tetap perlu memperhatikan kondisi anak dan hewan peliharaan agar tetap terjaga kesehatannya.

Sebuah studi oleh Dennis Ownby, MD, seorang dokter anak di Medical College of Georgia, menunjukkan bahwa anak yang memiliki hewan peliharaan tidak mudah terserang oleh alergi. Hal ini bisa terjadi karena anak memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik seiring dengan lamanya mereka dengan hewan peliharaan.

Namun tentu saja ini adalah sebuah proses yang panjang dan tidak serta-merta anak Anda bisa kebal terhadap serangan penyakit. Anda tetap perlu memperhatikan kondisi anak dan hewan peliharaan agar tetap terjaga kesehatannya.

4. Membantu menurunkan berat badan

hewan peliharaan di rumah Membantu menurunkan berat badanMemelihara hewan peliharaan cocok bagi Anda yang sedang atau ingin menurunkan berat badan. Keberadaan hewan-hewan tersebut membuat Anda menjadi lebih aktif untuk bergerak, karena memang cukup sulit untuk merawat mereka.

Anda harus menyiapkan makanan secara rutin, memandikannya, hingga bermain bersama mereka. Aktivitas ini tentu membakar kalori yang cukup banyak, sehingga cocok jika Anda sedang ingin menurunkan berat badan.

5. Menjalin relasi sosial

hewan peliharaan di rumah Menjalin relasi sosial

Menjalin hubungan sosial dengan banyak orang tentu baik bagi diri Anda sendiri.

Jika Anda bergabung dalam sebuah komunitas hewan peliharaan tertentu, hal ini akan baik untuk relasi sosial. Anda akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki latar belakang berbeda. Dari sana Anda akan belajar perspektif lain dalam memelihara hewan atau bahkan ini baik bagi karir atau bisnis Anda.

Menjalin hubungan sosial dengan banyak orang tentu baik bagi diri Anda sendiri. Mulai dari peningkatan kualitas diri, memperkaya wawasan, meningkatkan kesehatan mental, dan banyak lagi lainnya.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari memiliki hewan peliharaan. Namun hal yang paling penting adalah Anda harus mampu memenuhi kebutuhan dan menjaga hewan peliharaan milik Anda tersebut. Jangan sampai mengabaikan mereka, bahkan mengajak bermain sesekali sudah menjadi sebuah kewajiban.

Lagi cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Sumber: Stopharperstickers.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pandemi, Pengembang Ini Justru Raup Rp 200 Miliar Dalam Sehari. Ini Resepnya!

RumahCom – Sejumlah analis menilai sektor properti akan mulai bangkit pada pertengahan tahun 2020. Meskipun pernyataan itu berupa amatan dini, tapi tampaknya kini mulai terbukti. Sebab, sejumlah pen

Lanjutkan membacaJuli 1, 2020

Mengapa Pandemi Ini Jadi Momen Pas Milenial Membeli Hunian?

RumahCom – Salah satu persoalan generasi Milenial sekarang ini adalah memiliki hunian di ibu kota. Harga tanah dan bangunan yang makin menjulang setiap tahunnya, tidak berbanding lurus dengan kenaik

Lanjutkan membacaJuli 1, 2020

6 Cara Membuat Rumah Mirip Hotel

RumahCom - Menciptakan suasana hotel dalam rumah tidak lagi sulit, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan suasana tersebut.Sebagian besar hotel memiliki desain yang menarik dan dii

Lanjutkan membacaJuli 2, 2020

Masukan