Membangun Earth Sheltered Homes Secara Efisien

Wahyu ArdiyantoJuli 8, 2020

membangun earth sheltered homes secara efisien

RumahCom Earth sheltered homes merupakan desain rumah ramah lingkungan. Penggunaan material bangunan cenderung sedikit dan dikenal lebih hemat energi.

Earth sheltered home merupakan sebuah rumah dengan struktur yang seakan menyatu dengan bumi. Bagian dinding hingga atap menggunakan tanah sebagai konstruksi bangunannya. Tujuan dari pembangunan rumah model ini biasanya untuk menciptakan rumah yang ramah lingkungan dan hemat energi.

Sama seperti desain rumah pada umumnya, earth sheltered homes memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Sisi positif rumah ini terlihat dari penggunaan tanah sebagai dinding dan atap. Hal ini membuat suhu di dalam rumah jauh lebih terjaga, sehingga tidak terpengaruh dengan suhu ekstrim yang terjadi di luar.

Hal ini membuat rumah tidak memerlukan banyak energi untuk kenyamanan penghuni. Namun kelemahan dari jenis rumah ini adalah biaya konstruksi yang cukup mahal. Anda harus bisa mencari tanah dan lingkungan yang sesuai dengan rumah ini. Biaya perawatannya juga cukup tinggi untuk mencegah rumah terlalu lembab.

Faktor Khusus Desain Earth Sheltered Homes

Sebelum memutuskan untuk membangun earth sheltered homes, ada beberapa hal yang harus dipastikan. Hal ini agar pembangunan menjadi lebih efisien dan manfaat positifnya bisa Anda rasakan. Berikut adalah faktor khusus dalam desain earth sheltered homes.

  • Iklim

Penelitian menunjukkan bahwa earth sheltered homes memberi perlindungan baik bagi mereka yang tinggal di daerah dengan suhu rendah dan kelembaban yang tinggi. Misalnya di daerah pegunungan desain rumah ini tentu bisa efektif dalam melindungi penghuni dari udara dingin maupun panas.

  • Topografi

Bentuk permukaan bumi menjadi faktor penting dalam membangun earth sheltered homes. Kemiringan permukaan bumi menjadi salah bagian yang perlu diperhatikan. Jika kemiringannya landai, Anda tentu membutuhkan penggalian yang lebih dalam.

Apalagi jika permukaannya rata, akan sulit untuk membangun rumah ini. Kemiringan yang cukup tentu lebih memudahkan dalam penggalian, sehingga biaya yang dikeluarkan bisa lebih dihemat.

  • Jenis tanah

Pertimbangan penting lainnya adalah jenis tanah. Earth sheltered homes membutuhkan jenis tanah granular yakni terdiri dari pasir dan kerikil agar bisa dibangun dengan baik. Tanah ini cukup solid dalam menahan beban dari konstruksi rumah serta mudah mengalirkan air.

Anda juga perlu menguji tanah untuk mengetahui tingkat radonnya. Konsentrasi radon yang tinggi bisa berbahaya bagi Anda dan penghuni rumah lainnya.

  • Drainase

Tingkatan air dalam tanah menjadi faktor yang harus Anda perhitungkan juga. Memanfaatkan drainase alami dari air tanah menjadi salah pilihan agar menghindari tekanan air pada dinding rumah Anda. Namun, untuk mengurangi tekanan tersebut Anda juga bisa memasang sistem drainase sendiri.

Material Bangunan untuk Earth Sheltered Homes

Bahan bangunan yang baik tentu harus memenuhi standar tertentu. Misalnya pada sebagian besar rumah, bahan bangunan harus kedap air, memiliki insulitas yang baik, ramah bagi kesehatan, hingga tahan dari jamur dan rayap. Kualitas bahan bangunan tersebut akan berpengaruh pada konstruksi rumah yang dibangun.

Pembangunan earth sheltered homes tentu membutuhkan material yang kurang lebih sama dengan bangunan rumah lainnya. Hal yang membedakan terletak pada karakteristik lokasi yang disesuaikan seperti faktor spesifik sebelumnya.

Beton menjadi salah satu pilihan terbaik karena dikenal sebagai bahan bangunan yang kuat, tahan lama, dan tahan api. Rangkaian beton bisa disambungkan dengan baja sehingga lebih kokoh.

Mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Tak perlu ke mana-mana, cukup dari rumah Anda bisa mengetahui potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Sumber: Energy.gov

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mengintip Rumah Selebritis Terbaik Sepanjang Masa

RumahCom - Para artis atau selebriti banyak yang memiliki rumah mewah dan unik. Kekayaan yang mereka punya tentu membuat mereka lebih bebas dalam mendesain rumah mereka sendiri.Pernahkah Anda membayan

Lanjutkan membacaJuli 7, 2020

5 Tips Memilih Sofa Untuk Kenyamanan Ruang Tamu Anda

RumahCom - Sofa menjadi salah satu bagian penting bagi setiap rumah. Untuk aktivitas di dalam rumah, keberadaan sofa tentu membuat Anda dan tamu menjadi lebih nyaman.Sofa menjadi salah satu furnitur u

Lanjutkan membacaJuli 7, 2020

7 Tips Membuat Anak Agar Merasa Aman Dan Nyaman Di Rumah

RumahCom - Rumah menjadi tempat yang paling aman dan nyaman untuk penghuni. Baik orang tua hingga anak-anak pasti ingin memiliki rumah yang aman dan nyaman untuk ditinggali. Kebutuhan seorang anak buk

Lanjutkan membacaJuli 7, 2020

Masukan