Rumah Hobbit dengan Desain Shelter yang Ramah Lingkungan

Wahyu ArdiyantoJuli 8, 2020

Rumah Hobbit Ramah Lingkungan

RumahCom – Rumah hobbit dengan konsep shelter banyak digunakan sebagai bagian dari wisata. Namun desain rumah ini sudah diterapkan menjadi hunian yang ramah lingkungan.

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan rumah hobbit. Rumah dengan bentuk unik ini memang belakangan sangat populer di media sosial dan banyak dicari oleh orang-orang. Namun, tahukah Anda bahwa rumah hobbit tidak hanya digunakan sebagai spot foto saja seperti yang diketahui sebelumnya.

Dikutip dari Dornob, Ada rumah hobbit yang ternyata juga dijadikan rumah hunian seperti pada umumnya. Bagi sebagian orang mungkin rumah hobbit ini sedikit asing jika digunakan sebagai hunian. Namun, rumah hobbit ini digunakan untuk kebutuhan fungsional yang bentuknya sangat unik mulai dari desain, strategi dan, tempat tinggal.

Rumah yang unik ini ternyata memiliki keunggulannya tersendiri. Desain bangunan ini tahan terhadap api dan gempa bumi. Selain itu, rumah ini mampu menyesuaikan suhu ruangan agar tetap nyaman saat ditempati, meski cuaca di luar sedang panas atau sangat dingin.

Sebagian besar rumah ini memiliki desain rumah dengan dinding yang menempel pada tanah dan dilengkapi berbagai tanaman hijau. Dinding bangunan ini juga sebagian tertutup rumput melengkung ke atas atap hijau yang cantik.

rumah hobbit ramah lingkungan dinding yang menempel pada tanah

Model rumah ini cocok dibangun di kawasan dengan topografi perbukitan.

Karena dinding yang menempel pada tanah, suhu ruangan juga bisa terkendali dengan baik. Anda tidak akan merasa terlalu panas atau terlalu dingin, sehingga tidak membutuhkan alat pengatur suhu ruangan. Hal ini membuat Anda lebih menghemat energi dan secara langsung mendukung kelestarian lingkungan.

Model rumah ini cocok dibangun di kawasan dengan topografi perbukitan. Permukaan yang tidak merata membuat pembangunan rumah ini menjadi lebih mudah dan murah. Jika pembangunan dilakukan pada lahan datar, maka biaya penggalian akan terlalu mahal. Demikian halnya juga dibangun pada lahan yang terlalu bergelombang, pembangunan juga akan cukup sulit dilaksanakan.

rumah hobbit ramah lingkungan dan fleksibel

Karena desainnya yang menyatu dengan alam, tidak serta merta rumah ini bisa dibangun dengan mudah.

Model rumah hobbit ini juga sangat fleksibel. Beberapa ada yang dibuat dengan model shelter, namun ada juga yang beradaptasi sesuai dengan kondisi alam di sekitarnya. Kesan yang muncul dari rumah ini terkesan menyatu dengan alam, ramah lingkungan, serta tidak terpaku pada satu bentuk rumah yang umum.

Karena desainnya yang menyatu dengan alam, tidak serta merta rumah ini bisa dibangun dengan mudah. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terutama konstruksi serta material bahan bangunan.

Pertama, Anda harus memastikan bahwa saat pembangunan dimulai sudah dipastikan kondisi air tanahnya terlebih dahulu. Drainase yang buruk tentu akan berakibat buruk juga bagi rumah Anda nantinya.

Kemudian Anda harus memperhatikan kelembaban dalam ruangan nantinya. Tingkat kelembaban yang terlalu tinggi akan berpengaruh kurang baik bagi konstruksi rumah serta kesehatan penghuninya. Anda bisa memasang insulasi pada bagian dinding atau jendela, untuk mencegah dinding yang terlalu dingin atau panas.

Sirkulasi udara juga menjadi masalah cukup penting dalam pembangunan rumah hobbit ini. Karena desainnya yang seakan tertimbun oleh tanah, sirkulasi udara mungkin akan sulit berjalan dengan baik.

Oleh karena itu Anda harus merencanakan desain sirkulasi udara yang tepat dengan memperbanyak lubang udara. Hindari juga aktivitas pembakaran dalam rumah, karena asap yang dihasilkan akan sulit keluar.

Rumah shelter dengan gaya hobbit ini mungkin bisa menjadi pilihan menarik untuk menciptakan rumah yang aman dan ramah lingkungan. Desain bangunan yang unik serta menyatu dengan alam menjadi daya tarik sendiri di tengah banyaknya pilihan rumah konvensional.

Mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Tak perlu ke mana-mana, cukup dari rumah Anda bisa mengetahui potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

 

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

5 Tips Memilih Sofa Untuk Kenyamanan Ruang Tamu Anda

RumahCom - Sofa menjadi salah satu bagian penting bagi setiap rumah. Untuk aktivitas di dalam rumah, keberadaan sofa tentu membuat Anda dan tamu menjadi lebih nyaman.Sofa menjadi salah satu furnitur u

Lanjutkan membacaJuli 7, 2020

7 Tips Membuat Anak Agar Merasa Aman Dan Nyaman Di Rumah

RumahCom - Rumah menjadi tempat yang paling aman dan nyaman untuk penghuni. Baik orang tua hingga anak-anak pasti ingin memiliki rumah yang aman dan nyaman untuk ditinggali. Kebutuhan seorang anak buk

Lanjutkan membacaJuli 7, 2020

Penjualan Properti Kelas Atas Mulai Bergerak Positif di Kuartal Ini

RumahCom — Properti di segmen level atau atau high-end diprediksi mengalami kenaikan penjualan pada Kuartal III tahun ini. Berbagai strategi dilakukan pengembang untuk menggaet investor properti di

Lanjutkan membacaJuli 7, 2020

Masukan