Ini Cara Mengatasi Rumah Terasa Lembab

Boy LeonardJuli 8, 2020

Cara Mengatasi Rumah Lembab

RumahCom – Udara yang lembab membuat kondisi ruang menjadi tidak nyaman dan dapat mengganggu kesehatan kulit dan pernapasan.

Saat memasuki musim penghujan dengan curah hujan yang tinggi, tentu Anda mengharapkan suhu hangat pada rumah. Namun, kenyataannya suhu yang Anda dapat bukanlah hangat melainkan lembab. Hal ini terjadi akibat perubahan cuaca yang secara tiba-tiba sehingga mengakibatkan ruangan menjadi lembab. Kondisi ini akan membuat Anda dan penghuni rumah lainnya menjadi tidak nyaman.

Selain karena curah hujan yang tinggi, rumah yang lembab juga bisa disebabkan oleh tingginya kandungan air di dalam rumah. Penyebabnya bisa berasal dari kamar mandi, dapur, pipa air yang bocor, genteng pecah, penampungan air yang berlebihan dan berbagai hal lainnya yang berhubungan dengan air. Rumah lembab juga bisa disebabkan oleh desain ruangan yang kurang baik sehingga menyebabkan sistem sirkulasi udara menjadi buruk.

Untuk itu, Anda harus bisa mengatasi rumah lembab dengan cepat,karena jika dibiarkan saja maka kelembaban akan mempengaruhi kondisi dinding ruangan yang menyebabkan tumbuhnya jamur. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengalami gangguan kesehatan pada bagian kulit dan saluran pernapasan. Berikut merupakan hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rumah yang lembab.

Menambahkan jumlah ventilasi udara

Cara Mengatasi Rumah Lembab

Menambahkan ventilasi udara bisa Anda lakukan untuk mengatasi rumah yang lembab. Pasalnya, tanpa ventilasi udara yang tepat maka udara lembab dapat masuk ke dalam ruangan Anda. Ventilasi mampu mengalirkan udara pada waktu yang tepat dengan mengganti udara lembab menjadi udara yang sejuk dan kering.

Periksa Sistem Pendingin Udara Anda

Cara Mengatasi Rumah Lembab

Jika memiliki sistem pendingin udara, maka Anda perlu memeriksanya pada setiap musim panas. Pastikan bahwa sistem pendingin udara Anda berfungsi dengan baik dan udara dingin dapat masuk ke seluruh ruangan di rumah. Anda bisa memeriksa apakah pendingin udara bebas debu dan kotoran lainnya. Selain itu, filter udara juga harus diganti untuk mencegah udara kotor masuk ke seluruh ruangan di rumah Anda.

Membeli Pendingin Udara Jendela

Cara Mengatasi Rumah Lembab

Alternatif lain ketika Anda bingung bagaimana cara mengatasi rumah yang terasa lembab adalah membeli pendingin udara jendela. Alat ini dapat digunakan di semua ruangan yang memiliki jendela. Selain itu alat ini hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk proses pemasangan. Di dalam alat ini semua di program di suhu sudah diatur dan Anda bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Anda juga bisa menyalakan dan mematikan alat ini di waktu tertentu dalam sehari.

Habiskan Waktu Di Lantai Bawah

Cara Mengatasi Rumah Lembab

Jika tidak memiliki pendingin udara atau AC, maka Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga di lantai bawah rumah Anda. Karena udara yang panas dan lembab akan naik dan meninggalkan ruangan bagian bawah. Sehingga tidak heran jika ruangan di lantai bawah terasa lebih dingin dibandingkan lantai atas. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kipas langit-langit untuk mengalirkan udara atau membuat tirai tertutup untuk menghalangi sinar matahari yang masuk ke ruangan.

Memasang Exhaust Fan

Cara Mengatasi Rumah Lembab

Untuk mengatasi rumah yang terasa lembab, Anda bisa memasang exhaust fan. Alat ini mampu membantu sirkulasi udara dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Selain itu, exhaust fan juga bisa mengalirkan udara dari dalam ruangan keluar ruangan atau sebaliknya. Alat ini sangat cocok digunakan pada ruangan yang lembab. Anda bisa menggunakan exhaust fan di dinding ruangan atau plafon rumah untuk mendapat hasil yang lebih baik.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Sumber: Housely.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Begini Cara Menghemat Pengeluaran di Musim Hujan

RumahCom - Meski agak terlambat, musim hujan akhirnya tiba. Hujan terjadi merata di seluruh kota di Indonesia.Tak jarang, rumah yang sepintas terlihat tidak ada masalah tiba-tiba mengalami bocor atau

Lanjutkan membacaOktober 19, 2017

Ini Manfaat Pakai Peredam Panas Di Rumah

Rumah.com - Rumah idaman tidak hanya diukur dari penampilan luar dan dalamnya ataupun luasannya saja. Akan tetapi, rumah juga harus bisa memberi kenyamanan untuk anggota keluarga yang tinggal di dalam

Lanjutkan membacaJuni 18, 2019

5 Ide Terbaik agar Rumah Aman dan Nyaman Bagi Lansia

RumahCom - Para lansia tentu cukup kesulitan untuk beraktivitas seperti dulu, oleh karena itu rumah juga perlu penyesuaian agar mereka dapat tinggal dengan aman dan nyaman.Pada usia senja, seseorang m

Lanjutkan membacaJuni 22, 2020

Masukan