Mengapa Banyak Orang Menyukai Rumah dengan Arsitektur Modern?

Boy LeonardJuli 8, 2020

Rumah Arsitektur Modern Lebih Disukai

RumahCom – Ciri yang sederhana dan memiliki kesan bersih membuat rumah dengan arsitektur modern banyak disukai.

Arsitektur modern banyak diterapkan pada setiap rumah. Bahkan di daerah pedesaan, konsep desain modern masih bisa ditemukan. Hal ini menjadi indikasi bahwa gaya arsitektur ini memang banyak disukai.

Dasar dari gaya arsitektur modern adalah sederhana dengan perpaduan desain yang bersih. Artinya penerapan desain lebih menekankan pada fungsi, kesederhanaan, serta enak dilihat. Kesan sederhana dari konsep arsitektur ini membuat setiap desain adalah tepat sasaran dan tepat guna. Tidak ada detail yang berlebihan dan tidak dibutuhkan, semua dibalut dalam desain yang simpel.

Penggunaan bahan baku juga sangat diperhatikan. Anda akan menemukan bahwa rumah-rumah modern didominasi oleh material kayu dan kaca. Bahan bangunan tersebut mewakili konsep desain yang diusung oleh arsitektur modern, yakni bersih dan sederhana.

Desain Modern Itu Unik

 Rumah Arsitektur Modern Lebih Disukai

Terlepas dari gaya desainnya yang menghindari bagian tidak perlu, namun arsitektur modern tetaplah unik. Beberapa desain bahkan menjadi yang paling unik, misalnya atap datar dengan eksterior rumah yang kotak. Desain tersebut cukup sulit ditemukan dalam beberapa tahun ke belakang.

Arsitek Frank Lloyd Wright menjadi tokoh terkenal yang mengusung arsitektur modern. Karyanya memiliki pengaruh besar pada perkembangan arsitektur modern di kawasan Eropa. Karya-karyanya banyak yang terkenal dan unik. Semua desain dibuat dengan presisi dan tidak menambahkan bagian-bagian yang tidak perlu. Tetap sederhana dan menarik.

Hal ini membuat rumah dengan arsitektur modern tampak seperti wahana wisata. Gaya ini cukup menonjol dibandingkan dengan desain lainnya. Hal ini yang membuat arsitektur modern banyak disukai oleh orang-orang.

Arsitektur modern juga memegang prinsip less is more, yang dipopulerkan oleh Ludwig Mies van der Rohe. Banyak bangunan yang dibangun dengan konsep minimalis tanpa ornamen berlebih dari prinsip tersebut. Bahkan gaya bangunan minimalis sangat digandrungi saat ini. Setiap elemen bangunan pada prinsip ini dibuat sesuai dengan fungsinya namun tetap mengedepankan estetika yang menarik.

Penerapan Arsitektur Modern

Rumah Arsitektur Modern Lebih Disukai

Gaya arsitektur ini sudah mulai digunakan sejak lama. Penerapannya dapat terlihat pada sebuah rumah atau bangunan lain. Sebagian besar orang mungkin melihat gaya arsitektur yang modern cenderung terasa hangat, karena penggunaan warna kuning dan coklat yang cukup dominan. Selain itu kesan hangat semakin terasa dari material kayu, baja, dan kaca yang sering digunakan.

Kesan hangat tersebut diperkuat dengan banyaknya ruang yang terbuka. Misalnya penggunaan dinding kaca yang membuat cahaya matahari bisa langsung masuk ke dalam rumah. Karakter ini tentu memberi kesan yang nyaman dan santai ketika sedang berada di dalam rumah.

Penerapan arsitektur modern juga terbuka untuk sebuah kombinasi. Beberapa rumah menggabungkan desain modern dan tradisional secara bersamaan, namun tetap terlihat estetis dan fungsional.

Indonesia sendiri tentu memiliki banyak gaya desain yang tradisional. Bahkan beberapa rumah mengusung konsep yang tradisional sebagai hunian utamanya. Hal ini tentu tidak menutup kemungkinan gaya arsitektur modern yang khas Eropa bisa dikombinasikan dengan gaya khas Indonesia.

Namun kunci dari kombinasi desain ini adalah tujuan yang ingin Anda capai. Dengan begitu Anda tetap memiliki rumah dengan desain sederhana dan fungsional namun mampu dikombinasikan dengan ciri khas desain dalam negeri.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Sumber: Freshome.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

6 Inspirasi Desain Rooftop Terbaik

RumahCom - Rooftop menjadi bagian menari bagi sebuah rumah karena memberi pemandangan yang indah dan luas. Rumah dengan rooftop tentu memberikan Anda kenyamanan dan pemandangan terbaik saat sedang ber

Lanjutkan membacaJuli 3, 2020

Tips Desain Terbaik untuk Apartemen Berukuran Kecil

RumahCom - Apartemen menjadi kebutuhan banyak orang yang sibuk bekerja, pemanfaatan ruangnya pun harus baik walau ruang yang tersedia tidak begitu luas.Tinggal dalam sebuah apartemen menjadi pilihan b

Lanjutkan membacaJuli 3, 2020

Rumah Hobbit dengan Desain Shelter yang Ramah Lingkungan

RumahCom - Rumah hobbit dengan konsep shelter banyak digunakan sebagai bagian dari wisata. Namun desain rumah ini sudah diterapkan menjadi hunian yang ramah lingkungan.Mungkin Anda sudah tidak asing l

Lanjutkan membacaJuli 8, 2020

Masukan