Bangunan Indah Campuran Sejarah dan Modern

RumahCom – Arsitektur bersejarah memang memiliki pesona tersendiri. Namun, arsitektur modern memiliki kemampuan menginspirasi. Jika keduanya bersatu, tentu akan menghasilkan bangunan yang menakjubkan.

Lantas, bagaimana hasil kawin silang antara bangunan bersejarah dengan arsitektur kontemporer? Dikutip dari Architectural Digest, berikut 10 gambarannya.

Museum Sejarah Militer (Dresden, Jerman)

Bangunan Indah Campuran Sejarah dan Modern

Bangunan ini awalnya dibuat sebagai gudang senjata pada 1876 dan resmi menjadi museum pada 1897. Namun tahun 1989, pemerintah Jerman memutuskan untuk menutup bangunan ini untuk publik.

Museum ini kembali dibuka tahun 2011, sebelum renovasi dilakukan oleh Daniel Libeskind. Renovasi ini menambahkan fasad modern, yang menonjol dari bangunan neoklasik tradisional.

Kunstmuseum Moritzburg (Halle, Jerman)

Bangunan Indah Campuran Sejarah dan Modern

Terletak di Jerman tengah, Kunstmuseum Moritzburg awalnya adalah kastil yang dibangun pada akhir abad ke-15. Dirancang dengan gaya arsitektur awal Renaissance, bangunan ini akhirnya diubah menjadi sebuah kastil pada akhir abad ke-19.

Lebih dari seabad kemudian, renovasi museum dilakukan, termasuk menambah bangunan modern yang ramping. Konstruksi baru diperlukan karena bagian-bagian tertentu dari struktur asli benar-benar hancur. Kehancuran ini disebabkan oleh waktu dan perang dunia.

Penambahan arsitektur modernnya dirancang oleh Fuensanta Nieto dan Enrique Sobejano (Nieto Sobejano Arquitectos), sebuah perusahaan Eropa yang memenangkan banyak penghargaan termasuk Medali Alvar Aalto 2015, Penghargaan Aga Khan untuk Arsitektur 2010, dan Penghargaan Arsitektur Internasional 2008/9.

Museum Brooklyn (Kota New York)

 Bangunan Indah Campuran Sejarah dan Modern

Memajang sekitar 1,5 juta karya, Museum Brooklyn menjadi tempat koleksi seni terbesar kedua di New York (Metropolitan Museum of Art memegang posisi teratas). Gedung yang kelar dibangun tahun 1895, gedung Beaux-Arts ini dirancang oleh McKim, Mead and White.

Sebagai informasi, McKim, Mead dan White adalah perusahaan yang sama yang bertanggung jawab untuk desain Stasiun Pennsylvania dan lengkungan di Washington Square Park.

Pada 2004, pintu masuk kaca indah senilai US$63 juta ditambahkan untuk menyambut pengunjung. Desain ini dirancang oleh Ennead Architects (sebelumnya dikenal sebagai Kemitraan Polshek). Paviliun seluas 15.000 kaki persegi ini pun menampilkan hal-hal yang mencolok dengan latar belakang façade museum yang lebih tradisional.

Kota Mode dan Desain (Paris)

 Bangunan Indah Campuran Sejarah dan Modern

Kota Mode dan Desain Paris terletak di sepanjang tepi Sungai Seine. Dirancang oleh perusahaan lokal Jakob + MacFarlane, struktur ini dibangun di dalam toko-toko lama.

Kompeks bangunan ini dulunya adalah sebuah situs yang tidak memiliki karakter. Namun sekarang, dapat langsung dikenali dari struktur ultrakontemporer, apalagi warna hijau cerah di bagian luarnya.

Port Authority (Antwerpen, Belgia)

 Bangunan Indah Campuran Sejarah dan Modern

Dirancang oleh pikiran tak tertandingi dari Zaha Hadid, gedung Otoritas Pelabuhan Antwerp secara harfiah tak seperti bangunan lain di planet ini. Ketika selesai dibangun pada 2016, renovasi dan perluasan mengambil stasiun pemadam kebakaran yang terlantar dan mengubahnya menjadi markas baru untuk pelabuhan.

 Saat ini, struktur baru Port Authority menampung 500 staf pelabuhan, yang semuanya sebelumnya bekerja di gedung terpisah di sekitar kota.

Elbphilharmonie Hamburg (Hamburg, Jerman)

Bangunan Indah Campuran Sejarah dan Modern

Ketika dibuka tahun 2017, Elbphilharmonie Hamburg dianggap banyak orang sebagai tempat paling menarik untuk mengadakan konser di dunia.

Struktur yang dirancang oleh Herzog & de Meuron berada di atas sebuah gudang tua yang dibangun tahun 1963, dan dalam kurun waktu singkat menjadi bangunan yang paling dikenal secara internasional di kota ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah!

KIRIM KOMENTAR