Wow, Harga Rumah Di Jakarta Lebih Mahal Daripada New York Dan Tokyo!

Boy LeonardJuli 10, 2020

Harga Rumah Di Jakarta Lebih Mahal Daripada New York Dan Tokyo

RumahCom – Bukan rahasia lagi jika kota-kota besar dunia memiliki biaya hidup dan harga properti yang tinggi. Bahkan, sebagian besar dari kita berpikir harga hunian di Eropa, Amerika, dan sejumlah negara maju di Asia, seperti Singapura dan Jepang pasti lebih mahal daripada di Indonesia.

Namun, apakah itu benar?

Jawabannya iya dan tidak. Tapi satu hal yang pasti, harga rumah di ibu kota Indonesia ini lebih mahal daripada di New York, Singapura, dan Tokyo. Bukan hanya itu, harga rumah di Jakarta juga terhitung lebih tinggi ketimbang kota internasional lainnya, seperti London, Bangkok, dan Kuala Lumpur.

Hasil tersebut diperoleh dari data World Bank Time To Act 2019 yang dikutip Jakarta Property Institute. Perbandingan harga ini berdasarkan rasio perhitungan harga rumah terhadap pendapatan (income).

Menurut Executive Director Jakarta Property Institute Wendy Haryanto, tingginya harga rumah di Jakarta dikarenakan ongkos birokrasi yang rumit dan berbelit.

“Ongkos birokrasi tinggi ini yang menyebabkan harga rumah demikian mahal dan terus naik,” ucap Wendy dalam konferensi virtual, sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Jumat, 10 Juli 2020.

Wendy memaparkan, ongkos birokrasi ini mencakup proses perizinan, seperti izin mendirikan bangunan (IMB) dan rendahnya peringkat kemudahan berbisnis (ease of doing business). Kemudian, pengembangan yang diizinkan membangun juga masih mengalami sejumlah pembatasan.

Pembatasan tersebut, ia melanjutkan, dalam hal perluasan atau penambahan koefisien lantai bangunan (KLB) yang belum berubah mengikuti dinamika aktual dan kebutuhan pasar.

“Jika para pengembang ingin memenuhi kebutuhan pasar dengan membangun properti tertentu, mereka harus membayar kompensasi dengan harga tinggi,” kata Wendy menambahkan.

Lantas, kota mana saja yang menempati peringkat harga rumah tertinggi? Jawabannya: Shenzhen, disusul Hong Kong, Taipei, dan Beijing.

Adapun daftar lengkap indeks peringkat kota-kota dengan harga rumah termahal, sebagai berikut:

  1. Shenzhen 19,8
  2. Hong Kong 19,4
  3. Taipei 15,1
  4. Beijing 14,5
  5. Manila 14,0
  6. Shanghai 14,0
  7. Bandung 12,1
  8. Mumbai 11,9
  9. Denpasar 11,9
  10. Seoul 10,8
  11. Jakarta 10,3
  12. London 8,5
  13. Bangkok 7,7
  14. New York 5,7
  15. Singapura 4,8
  16. Yokohama 4,8
  17. Kuala Lumpur 4,0
  18. Osaka-Kobe-Kyoto 3,5

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah!

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mengapa Biaya Bangun Rumah Modern Lebih Mahal Dari Tradisional?

RumahCom - Apabila Anda berencana membangun rumah modern, Anda pasti bertanya-tanya akan satu hal: berapa biayanya? Biaya untuk membangun rumah modern alias kontemporer bervariasi, tergantung pada lok

Lanjutkan membacaJuli 9, 2020

Promo Bareng Pengembang-Perbankan Mudahkan Konsumen Beli Properti

RumahCom – Bundling promosi antara pengembang dan perbankan bisa memberikan kemudahan yang lebih besar untuk membeli produk properti. Salah satunya produk Apartemen Gallery West di Kebon Jeruk, Jaka

Lanjutkan membacaJuli 10, 2020

Analis Properti: Pengembang Besar Harus Rangkul Pengembang Menengah

RumahCom - Para analis dan pemerhati properti meminta agar pemerintah turut serta menggandeng para pengembang menengah dalam mengatasi backlog atau defisit perumahan.Menurut CEO Indonesia Property Wat

Lanjutkan membacaJuli 10, 2020

Masukan