5 Tips Agar Dapur Selalu Bersih Bebas Dari Sampah

Boy LeonardJuli 13, 2020

Dapur Bebas Sampah

RumahCom – Dapur menjadi bagian penting dari sebuah rumah, oleh karena itu menjaga dapur tetap bersih adalah sebuah kewajiban.

Dalam suatu rumah dapur menjadi pusat dari sebuah rumah. Mengapa demikian? Karena dapur adalah tempat Anda sebagai penghuni rumah menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berkumpul baik pada saat sarapan, makan siang, makan malam, masak, mengambil cemilan, dan banyak lagi aktivitas lainnya.

Karena sebagian besar waktu dihabiskan di dapur, khususnya para ibu, tentu ingin dapur dibuat senyaman mungkin. Namun, ada salah satu masalah yang seringkali mengganggu siapa saja yang berada di dapur.  Masalah tersebut adalah tempat sampah yang berantakan.

Sampah yang berantakan di dapur menjadi tentu sangat mengganggu  membuat siapa saja merasa tidak nyaman berada di dapur. Untuk itu, sebagai penghuni rumah Anda yang harus menciptakan dapur bebas dari sampah itu sendiri. Dapur tidak akan bersih dengan sendirinya tanpa kita sebagai penghuni rumah yang melakukannya. Dikutip dari Grundig.com, berikut tips agar dapur selalu bersih dan bebas dari sampah.

Lakukan tata letak dapur yang tepat

Dapur Bebas Sampah

Untuk menciptakan dapur yang bebas dari segala sampah rumah tangga, Anda harus melakukan tata letak dapur yang tepat terlebih dahulu. Tata letak dapur yang ideal menempatkan setiap furnitur di tempat. Contohnya seperti meletakkan area persiapan memasak dekat area pembersihan, sehingga saat masak sisa kotoran bisa segera dibersihkan. Dan tempat sampah sebaiknya diletakkan di area pembersihan yang jauh dari area persiapan.

Lakukan kebiasaan bersih

Dapur Bebas Sampah

Ciptakan dapur Anda bebas dari sampah dengan melakukan kebiasaan bersih. Dengan melakukan kebiasaan ini maka akan dipastikan bahwa sampah apapun akan dibuang pada tempat sampah. Seringkali salah satu anggota keluarga membuang sampah makanan seperti kulit buah-buahan dan  makanan ringan tidak pada tempat sampahnya langsung melainkan di meja makan atau di meja kitchen set. Hal ini sangat membuat risih penghuni lain dan bisa menyebabkan bau yang mengganggu. Akan tetapi, jika seluruh anggota keluarga melakukan kebiasaan bersih maka tidak akan ada lagi sampah berserakan di meja.

Gunakan tempat sampah sesuai kebutuhan

Dapur Bebas Sampah

Seringkali ada keluarga besar yang tinggal dalam satu rumah membutuhkan tempat sampah dengan ukuran besar. Hal ini dikarenakan penghuni harus membuang sampah ke luar lebih dari sekali dalam sehari. Untuk itu, pertimbangkan penggunaan tempat sampah sesuai kebutuhan Anda, seperti mencoba sistem dua tempat sampah. Atau membuat beberapa tempat sampah untuk digunakan sebagai tempat sampah organik dan non organik. Hal ini dilakukan agar sampah di dapur tidak menumpuk dan memperlihatkan sampah yang menjijikan di sudut rumah yang seharusnya lebih enak dipandang.

Sembunyikan tempat sampah

Dapur Bebas Sampah

Untuk memastikan dapur bebas dari pandangan sampah, kita bisa menjaga agar tempat sampah tetap bersih dengan cara menyembunyikan tempat sampah pada sebuah partisi seperti wadah atau lemari. Wadah berukuran kecil dan menengah ini dapat Anda pasang di pintu kabinet untuk diputar, digeser maupun terayun saat pintu dibuka. Selain itu, Anda juga bisa memasang meja tempat pembuangan sampah yang tertutup, dengan begitu sampah tidak akan mudah terlihat.

Lakukan daur ulang

Dapur Bebas Sampah

Kita tahu bahwa ada beberapa sampah yang sulit terurai. Untuk itu, tidak ada salahnya kita mencoba melakukan daur ulang. Tapi sebelumnya, sebaiknya kita mencoba mengurangi penggunaan plastik. Plastik seringkali digunakan di mana saja saat membeli sesuatu. Anda bisa menggantinya dengan membawa tas belanja. Selain itu, sampah dapur seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan lain sebagainya Anda bisa coba daur ulang menjadi pupuk kompos yang berguna menyuburkan tanaman Anda.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Empat Tips Segarkan Suasana Dapur Anda

RumahCom - Dapur identik dengan ruangan yang berantakan dan kotor, sehingga banyak orang kerap melupakan sisi ruangan tempat memasak tersebut. Kendati demikian, bukan berarti area ini harus luput d

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2014

Mengintip Kepribadian dari Desain Interior Rumah

RumahCom - Sebuah rumah secara tak langsung menggambarkan kepribadian pemiliknya. Ungkapan tersebut mungkin ada benarnya. Selain itu, desain interior rumah yang dipilih seseorang juga dipercaya tid

Lanjutkan membacaMaret 27, 2017

7 Alat Rumah Tangga Unik yang Anda Butuhkan

RumahCom - Saat ini, banyak teknologi unik yang langsung tersambung dengan smartphone kita untuk mempermudah segala pekerjaan, terutama pekerjaan rumah tangga.Teknologi unik adalah ’pembantu’ masa

Lanjutkan membacaJuni 17, 2020

Masukan