Ini Segmen Properti Yang Tepat Saat Pandemi

Juli 14, 2020

RumahCom – Pelemahan bisnis properti dan pandemi Covid-19 membuat produk properti untuk segmen menengah justru makin menguat. Hal ini direspon oleh pengembang dengan mengeluarkan produk di segmen ini.

Sebelum adanya pandemi Covid-19, sektor properti telah mengalami pelemahan bisnis yang mulai menurun sejak tahun 2014-2015 lalu. Pandemi semakin memperparah situasi bisnis properti, namun begitu permintaan untuk produk properti tidak pernah surut karena sektor ini pasarnya sangat besar.

Hanya saja produk yang banyak dicari oleh pasar, segmen maupun ragam produknya menjadi berubah dan mengerucut untuk segmen tertentu. Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda, selama pelemahan bisnis properti ditambah dengan situasi pandemi, permintaan untuk produk properti segmen menengah justru menguat.

“Berdasarkan survei kami, di Banten misalnya, itu terjadi lonjakan permintaan hingga dua kali lipat untuk produk dengan range harga Rp600 jutaan hingga Rp1 miliar. Dan itu terbukti saat Lippo Karawaci meluncurkan klaster rumah seharga Rp500 jutaan di Lippo Karawaci yang mengalami kelebihan pemesanan (oversubscribe) hingga lebih dari dua kali lipat. Range ini memang tengah ditunggu pasar karena suplainya sangat kurang,” ujarnya.

Kota mandiri memang dibangun untuk jangka panjang, tetapi berpotensi baik untuk diinvestasikan kemudian. Simak jurus investasinya di video berikut ini, ya!

Di masa pandemi, lanjut Ali, masyarakat bukannya tidak berminat untuk membeli produk properti tapi lebih menunggu situasi yang lebih kondusif. Setelah pandemi berjalan beberapa bulan dan diberlakukan situasi new normal, sudah mulai terlihat kantor-kantor marketing khususnya untuk produk seharga Rp500 jutaan kembali didatangi konsumen.

“Segmen ini memang sedang ditunggu pasar dan saat ini bisa menjadi penopang bagi perusahaan pengembang yang kesulitan penjualan di masa pandemi ini. Hal lainnya, ini juga membuktikan kalau properti itu bisa bertahan pada situasi apapun termasuk pandemi, pelemahan di sektor ini hanya merupakan siklus biasa dan pada waktunya akan kembali meningkat,” imbuhnya.

CEO Property Excellent & Advisory F. Rach. Suherman menambahkan, langkah pengembang mengeluarkan produk yang tepat sesuai kebutuhan pasar dan diikuti dengan kemudahan cara bayar menarik menjadi langkah maju untuk membuat sektor properti kembali menggeliat saat situasi seperti sekarang..

“Produk yang tepat, kemudahan cara bayar, itu menjadi langkah yang sangat tepat. Segmen menengah saat ini merupakan pasar yang sangat potensial mengingat sebelumnya banyak dari kalangan ini menahan untuk menggunakan uangnya dan sekarang dengan suplai di pasar yang semakin dinamis potensi bisnis properti kembali bergairah,” ujarnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

 Adaptasi ‘New Normal’, Ini Isu Utama Untuk Keamanan Hunian

RumahCom – Virus korona masih melanda berbagai negara di dunia dan menyebabkan bencana global alias pandemi. Sejumlah prediksi pun bermunculan terkait kondisi dunia usai pandemi Covid-19 atau di mas

Lanjutkan membacaJuli 13, 2020

5 Tips Agar Dapur Selalu Bersih Bebas Dari Sampah

RumahCom - Dapur menjadi bagian penting dari sebuah rumah, oleh karena itu menjaga dapur tetap bersih adalah sebuah kewajiban.Dalam suatu rumah dapur menjadi pusat dari sebuah rumah. Mengapa demikian?

Lanjutkan membacaJuli 13, 2020

Begini Cara Rumah Pintar Melindungi Anda Dari Bencana Alam

RumahCom - Bencana alam memang sulit untuk diprediksi, namun kehadiran rumah pintar menjadi salah satu langkah pencegahan yang baik.Perlindungan menjadi salah satu hal utama yang dibutuhkan setiap ora

Lanjutkan membacaJuli 13, 2020

Ketahui Keuntungan Dan Kerugian Rumah Pintar

RumahCom - Smart home menjadi pilihan banyak orang karena kenyamanan dan kemudahannya, namun ada beberapa kekurangan yang harus diperhatikan.Smart home atau rumah pintar adalah rumah yang menggunakan

Lanjutkan membacaJuli 13, 2020

Saat Pandemi, Penyerapan KPR Subsidi Justru Tinggi

RumahCom – Saat pandemi Covid-19 minat masyarakat untuk mengakses perumahan subsidi tetap besar. Ini terlihat dari terus meningkatnya pengajuan KPR subsidi FLPP melalui sistem aplikasi SiKasep yang

Lanjutkan membacaJuli 14, 2020

Masukan