Rumah Ecobrick – Solusi Desain Hunian Murah dan Ramah Lingkungan

Wahyu ArdiyantoJuli 15, 2020

Rumah Ecobrick – Solusi Desain Hunian Murah dan Ramah Lingkungan

RumahCom – Hunian yang ramah lingkungan menjadi salah satu cara dalam menyelamatkan bumi. Di antaranya bisa dengan menerapkan desain hunian yang memanfaatkan material plastik.  

Anda tentu tahu bahwa usia bumi sudah tidak muda lagi. Oleh sebab itu, sebagai penghuni bumi sudah sepatutnya kita semua peduli, merawat bumi dan juga menjaga kelestarian lingkungannya. Cara yang bisa dilakukan untuk menjaga bumi di antaranya dengan mengurangi penggunaan plastik.

Semua orang pasti tahu bahwa limbah plastik sulit terurai dan terus menumpuk setiap harinya. Bahkan, dampak buruk dari limbah plastik ini sudah dirasakan banyak orang, mulai dari polusi, kandungan plastik pada bahan makanan, dan banyak lagi.

Banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara mengelola sampah plastik? Apalagi penggunaan plastik memang sulit untuk dihindari. Solusi untuk mengatasi masalah dampak buruk sampah plastik adalah dengan menerapkan ecobrick.

Mungkin tidak semua orang tahu apa itu ecobrick. Material ini sama halnya dengan bata ramah lingkungan. Cara ini dianggap menjadi solusi untuk mengatasi masalah sampah plastik yang sederhana namun visioner.

Ecobrick cocok untuk bangunan yang menerapkan sistem ramah lingkungan, dan bata ramah lingkungan ini berbeda dengan bata pada umumnya. Ecobrick bisa dibuat dari berbagai macam sampah seperti botol plastik, saset kemasan, dan berbagai bahan plastik lainnya.

Salah satu rumah ecobrick yang unik dibangun oleh Dr Trevor Davies

Strukturnya rumah ini tidak hanya kokoh tetapi juga terisolasi dengan sangat baik. Rumah ini juga memiliki kualitas yang serupa seperti rumah lain pada umumnya.

Salah satu rumah ecobrick yang unik dibangun oleh Dr Trevor Davies di Enkanini. Dirinya mencoba menerapkan sistem ecobrick untuk solusi rumah yang terjangkau dan ramah lingkungan. Rumah unik ini berlokasi di Joza Township, Eastern Cape dengan menggunakan 5000 botol yang setara dengan 3 ton bahan limbah plastik.

Davies membangun rumah ini untuk karyawan dan keluarganya. Strukturnya tidak hanya kokoh tetapi juga terisolasi dengan sangat baik. Rumah ini memiliki kualitas yang serupa seperti rumah lain pada umumnya. Davies mengatakan bahwa bangunan tersebut dibangun di atas lempengan beton.

Tidak hanya berbahan dasar botol plastik dan limbah plastik saja. Dirinya juga menambahkan bagian lain seperti jendela, pintu, dan atap kayu yang layak dan kemudian ditutup dengan seng. Kemudian terdapat juga tangki air hujan yang dipasang di kran bagian dalam. Untuk kebun nantinya akan dikembangkan dan ditanam beberapa sayuran. 

Konsep perumahan baru ecobrick ini berpotensi tidak hanya membersihkan area lokal dari sampah plastik saja melainkan juga menyediakan rumah bagi mereka yang membutuhkan. Menggunakan bahan yang ramah lingkungan, tentu rumah ini seakan menjadi jawaban untuk pembangunan yang berkelanjutan bagi banyak orang tanpa harus mengeksploitasi alam secara berlebihan.

Fakta Unik Penerapan Ecobrick

Selain dinilai sebagai ramah lingkungan, penerapan ecobrick mempunyai berbagai fakta unik sebagai berikut:

1. Lebih mudah dibuat dan ekonomis

Rumah ecobrick: Lebih mudah dibuat dan ekonomis

Cukup siapkan sampah plastik saja seperti botol plastik, stik (kayu atau sumpit) untuk membuat bata ecobrick.

Bagaimana tidak, membuat ecobrick sangat mudah dan sederhana karena Anda hanya perlu menyiapkan sampah plastik saja seperti botol plastik, stik (kayu atau sumpit).

2. Menjadi bahan bangunan yang kuat, awet dan tahan air

Sifat plastik dari ecobrick ini membuatnya awet, kuat dan tahan air. Bahkan ada yang mengatakan bahwa material ecobrick tahan terhadap peluru.

3. Dimanfaatkan komunitas lingkungan

Sejak adanya penemuan ecobrick, komunitas lingkungan mulai berbondong-bondong untuk membuat fasilitas berbahan dasar ecobrick seperti bangku taman, sekolah, hostel, dan banyak lagi lainnya,

Memanfaatkan sampah plastik dengan menerapkan sistem ecobrick maka limbah plastik akan menghasilkan sesuatu yang lebih kreatif dan berguna. Jangan khawatir tentang kenyamanan rumah ecobrick, rumah ramah lingkungan ini tidak kalah nyaman dengan rumah berbahan dasar batu bata pada umumnya.

Mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Tak perlu ke mana-mana, cukup dari rumah Anda bisa mengetahui potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Sumber: capetownetc.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Sinergi Perusahaan BUMN Garap Kota Baru Di Sumatera Utara

RumahCom – Perumnas dan PTPN, dua perusahaan BUMN akan berkolaborasi mengembangkan kota mandiri baru di Sumatera Utara. Sinergi BUMN ini akan menyediakan hunian untuk kalangan masyarakat berpenghasi

Lanjutkan membacaJuli 14, 2020

Penyaluran Dana Subsidi Perumahan Sudah Capai Rp7,78 Triliun

RumahCom — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran perumahan bersubsidi untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) lewat Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Peru

Lanjutkan membacaJuli 14, 2020

Pengembang Ini Layak Dapat Gelar Raja Properti Di Indonesia, Ini Alasannya

RumahCom - Jika bertanya, apa pengembang properti nomor wahid di Indonesia, mungkin nama pengembang satu inilah jawabannya: Pakuwon. PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) merupakan pengembang nasional papan atas

Lanjutkan membacaJuli 14, 2020

Masukan