Pasokan Apartemen Mewah Jakarta Terus Menurunan

Juli 16, 2020

RumahCom – Kota besar seperti Jakarta dicirikan salah satunya dengan keberadaan apartemen bersegmen mewah di lokasi-lokasi premium. Hanya saja suplai apartemen mewah di Jakarta terus menurun.

Jakarta selain sebagai ibukota negara juga merupakan pusat bisnis, perekonomian, hingga pemerintahan dan menjadi lokasi tempat uang beredar paling besar di Indonesia. Karena itu tidak heran kalau pasokan apartemen mewah terkonsentrasi di kota ini khususnya di wilayah-wilayah CBD.

Peningkatan suplai apartemen mewah di Jakarta telah terjadi dalam kurun waktu beberapa dekade terakhir. Hanya saja menurut survei Luxury Apartment Trends July 2020 dari Savills Indonesia, perkembangan apartemen mewah di Jakarta masih relatif kecil bila dibandingkan kota-kota di negara tetangga dan karena itu belum ada investor asing yang berminat untuk membeli dibandingkan di Singapura, Hong Kong, Sydney, bahkan Amerika.

“Perkembangan apartemen mewah di Jakarta mencapai puncaknya pada sekitar awal tahun 2000-2012 dan melambat mulai tahun 2016 hingga saat ini. Pada tahun 2017 dan 2019 ada penawaran produk baru, tapi untuk segmen apartemen mewah ini masih akan terus melambat hingga tahun 2023,” ujar Anton Sitorus, Director, Head of Research  & Consultancy Savills Indonesia.

Padahal, lanjut Anton, pemerintah telah memberikan relaksasi supaya segmen ini bisa lebih berkembang. Relaksasi yang dikeluarkan pada tahun 2019 lalu, yaitu amandemen mengenai pajak barang mewah (PPnBM) untuk unit apartemen sebesar 20 persen, dari yang dipajaki sebelumnya seharga Rp10 miliar menjadi Rp30 miliar. Tapi nyatanya belied ini belum bisa mendorong segmen ini lebih berkembang.

Mau membeli apartemen, sebaiknya pahami langkah mengajukan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) lewat video berikut ini.

Melihat sebaran wilayah apartemen mewah di Jakarta, kawasan CBD menyumbang lebih dari setengah pasokan apartemen mewah di Jakarta yaitu sekitar 56 persen. Sementara itu lokasi lain khususnya yang populer untuk kalangan pekerja asing (ekspatriat) mendominasi suplai segmen ini mencapai 36 persen. Lokasinya yaitu di Kemang, Pondok Indah, dan Dharmawangsa.

Untuk kategori apartemen mewah sendiri dicirikan dengan tipe unit yang luas di atas 250 meter persegi dengan minimal tiga kamar tidur dan fasilitas terbaik. Total unitnya juga lebih terbatas hanya kisaran 100-200 unit per tower dan penggunaan material dengan spesifikasi impor. Untuk kisaran harganya sendiri di atas Rp50 juta/m2.

“Baru-baru ini sejumlah pengembang asing ikut berpartisipasi dalam pengembangan apartemen mewah di Jakarta maupun di kota besar lain seperti Surabaya dan Medan. Beberapa proyek baru yang masuk dilabeli maupun ditautkan dengan brand atau jaringan hotel internasional seperti Hongkong Land yang mengembangkan Anandamaya Suites di Sudirman, Pollux Properties dari Singapura yang meluncurkan Pollux Sky Suites di Mega Kuningan, maupun Sun and Moon Dharmawangsa oleh Tatemono Jepang. Tapi secara pasokan jumlahnya masih sangat kecil,” ungkapnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Rumah Tanpa Dapur Ala Kehidupan Co-Living

RumahCom - Co-living sudah banyak diterapkan sejak lama, dan salah satu konsep rumah yang menarik adalah rumah tanpa dapur.Seiring waktu, desain interior secara masif terus berkembang. Salah satu desa

Lanjutkan membacaJuli 15, 2020

Reforma Agraria Akan Kembangkan Pulau Jawa Bagian Selatan

RumahCom – Selama ini pesatnya pembangunan terkonsentrasi untuk wilayah Jawa bagian utara. Kementerian ATR/BPN akan mengoordinasikan para kepala daerah untuk pengembangan Jawa bagian selatan yang ma

Lanjutkan membacaJuli 15, 2020

Hotel Di Sydney Bisa Tingkatkan Hunian Saat Pandemi

RumahCom – Perhotelan menjadi salah satu sektor properti yang paling terpukul saat pandemi Covid-19. Namun dengan konsep yang baik, branding, hingga regulasi yang dikeluarkan pemerintah bisa menjadi

Lanjutkan membacaJuli 15, 2020

Bank Berikan Kemudahan Milenial Miliki Rumah Saat Ini

RumahCom – Kalangan milenial bisa memanfaatkan berbagai kemudahan yang diberikan pengembang maupun perbankan. Ada kemudahan cara bayar dengan bunga ringan, limit kredit yang lebih besar, hingga teno

Lanjutkan membacaJuli 15, 2020

5 Rumah Ini Dibangun Dengan Bahan Daur Ulang, Loh!

RumahCom - Bahan daur ulang ternyata bisa dimanfaatkan kembali untuk berbagai kebutuhan, termasuk membangun sebuah rumah.Pada umumnya rumah dibangun dengan bahan baku seperti batu bata dan semen. Agar

Lanjutkan membacaJuli 15, 2020

Masukan