Perpres, Perkuat Koordinasi Penataan Kawasan Jabodetabek-Punjur

Juli 20, 2020

RumahCom – Pemerintah dan pemerintah daerah terus memperkuat koordinasi dan sinkronisasi untuk mewujudkan penataan kawasan besar Jabodetabek-Punjur. Solusi penanganan kawasan besar ini tidak lagi parsial namun dilakukan bersama antar instansi.

Pemerintah terus memperkuat koordinasi untuk pengembangan dan pengelolaan kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, hingga Puncak dan Cianjur (Jabodetabek-Punjur). Untuk mengelola kawasan yang demikian luas di tengah era otonomi daerah tentunya membutuhkan sinergitas dan koordinasi yang kuat antar instansi pemerintah.

Menurut Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan A. Djalil, pemerintah pusat telah mengeluarkan peraturan presiden (Perpres) No. 60 Tahun 2020 dan rencana pembentukan lembaga atau badan koordinasi pengelolaan kawasan Jabodetabek-Punjur.

“Perpres ini untuk memperkuat koordinasi dan sinergitas itu khususnya antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam setiap perencanaan pengembangan. Setiap pelaksanaan program hingga penggunaan anggaran harus jelas sehingga apa output dan dampak outcome bisa nyata,” ujarnya

Karena itu perpres yang dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo ini menjadi tepat untuk pengembangan dan pembangunan yang sistematis dan berkelanjutan. Dengan sinergitas dan koordinasi yang baik diharapkan bisa mempercepat pengenalan masalah hingga tercipta berbagai solusinya.

Adanya MRT membuat kemudahan dalam mobilitas. Lalu bagaimana dampak MRT pada kenaikan properti? Jawabannya ada di video berikut ini ya.

Berbagai kendala dalam pengembangan kawasan Jabodetabek-Punjur membutuhkan kerja sama interregional dan melibatkan seluruh stakeholder terkait. Karena itu pendekatan holistik, integratif, tematik, dan spasial akan ditetapkan dalam melihat akar permasalahan dan menciptakan solusi.

Sofyan menyebut salah satu contoh sinergi untuk program pengendalian banjir melalui revitalisasi situ-situ yang dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane. Panjangnya aliran sungai ini yang melintasi berbagai daerah banyak dicatat sebagai aset berbagai daerah yang dilintasinya.

Karena itu Walikota Tangerang Arief Rachadiono menyambut baik dengan adanya sinergi ini. “Kami sangat menyambut baik dengan adanya sinergitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah ini dan dengan adanya Project Management Officer (PMO). Semoga konsep ini bisa menghasilkan terobosan-terobosan sehingga dapat menyelesaikan kawasan Jabodetabek-Punnjur ini semakin cepat,” katanya.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, serta Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya juga memberikan berbagai masukannya. Airin menyebut yang sangat urgent untuk segera ditangani adalah masalah tempat pembuahan sampah (TPS) yang berada di lokasi Tangerang Selatan dan dengan sinergi ini supaya bisa muncul solusi yang lebih cepat.

“Pertemuan seperti ini akan terus diperkuat untuk merumuskan berbagai kendala dan berbagai rencana solusi yang bisa diterapkan. Sebelumnya koordinasi juga telah dilakukan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan ini akan terus berlanjut ke semua wilayah untuk menjaring masukan dari semua kepala daerah,” imbuh Sofyan.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Meski Pasar Properti Belum Stabil, Penjualan Brand Ternama Mulai Naik

RumahCom – Sejak pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilakukan, situasi pasar perumahan Jabodebek-Banten yang menjadi benchmark pasar perumahan nasional menunjukkan pertumbuhan yang

Lanjutkan membacaJuli 17, 2020

Inilah Bentuk 8 Rumah Kartun Dalam Kehidupan Nyata

RumahCom - Bagi anak-anak, kartun adalah salah satu tontonan yang menjadi favorit mereka. Bahkan, mungkin saja pada saat kita kecil Anda dan sebagian besar orang lainnya pernah memimpikan memiliki rum

Lanjutkan membacaJuli 18, 2020

Rumah yang Bersih Ternyata Sumber Kebahagiaan

RumahCom - Rumah yang bersih menjadi salah satu hal yang bisa membuat semua orang merasa nyaman dan betah. Suasana nyaman itulah yang melahirkan rasa bahagia. Rumah bersih jadi sumber kebahagiaan.Menj

Lanjutkan membacaJuli 18, 2020

Rumah yang Memiliki Udara Segar Baik untuk Kesehatan

RumahCom - Udara segar yang ada di rumah bisa didapatkan dengan sirkulasi udara yang baik. Dan udara yang segar tentunya sangat baik bagi kesehatan.Sejak kecil Anda tentu tahu bahwa menghirup udara se

Lanjutkan membacaJuli 18, 2020

Desainer Muda Indonesia Juarai Asia Young Designer Awards

RumahCom - Sebanyak 26 mahasiswa/i arsitektur dan desain interior dari 15 negara belum lama ini telah mempresentasikan karya terbaiknya melalui ajang kompetisi Asia Young Designer Awards (AYDA) Summit

Lanjutkan membacaJuli 18, 2020

Masukan