Tips Menjaga Rumah Agar Tetap Sehat Dan Bebas Kuman

Boy LeonardJuli 20, 2020

Rumah Bebas Kuman

RumahCom – Rumah yang terjaga kebersihannya tentu bebas dari kuman penyebab berbagai macam penyakit.

Rumah adalah tempat yang paling lama bagi Anda untuk menghabiskan waktu. Mulai dari istirahat, berkumpul bersama keluarga, dan aktivitas lainnya. Untuk itu sebagai penghuni, sebaiknya Anda rajin-rajin membersihkan dan menjaga rumah tetap sehat serta bebas kuman.

Terlebih saat musim dingin mulai datang, tentu perubahan cuaca tentu membuat siapa saja mulai merasakan tidak enak badan seperti datangnya flu, demam, dan batuk. Saat salah satu anggota keluarga sakit, tentu Anda akan mencari tahu apa penyebab dari penyakit tersebut apakah makanan atau penyebab lainnya.

Namun, tanpa disadari ternyata penyakit tersebut bisa datang dari rumah Anda sendiri. Hal ini karena rumah Anda mungkin saja kurang dijaga kebersihannya. Mungkin sebagian dari Anda sibuk melakukan aktivitas di luar seperti bekerja, sehingga tidak ada waktu untuk membersihkan rumah. Padahal, sebagai pemilik rumah hendaknya Anda menjaga rumah tetap bersih dan sehat.

Jika Anda tidak rajin membersihkan rumah, sama halnya Anda membiarkan kuman-kuman bersarang di rumah Anda dan itulah yang menyebabkan keluarga Anda sakit. Padahal di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini hendaknya Anda lebih rajin lagi untuk membersihkan rumah.

Untuk itu, berikut tips menjaga rumah agar tetap sehat dan bebas kuman.

Rajin mencuci tangan

Rumah Bebas Kuman

Anda tahu bahwa tangan merupakan tempat perpindahan virus dan kuman. Jika Anda tanpa sengaja menyentuh atau bahkan makan dengan tangan yang tidak dicuci, maka risiko terkena penyakit akan tinggi. Karena tangan pasti terus memegang berbagai benda di rumah yang mungkin sudah terkontaminasi dengan kuman. Ada beberapa benda yang mungkin menjadi sarang baik bagi virus seperti telepon, mainan anak-anak, gagang pintu, wastafel, ataupun remot TV.

Perlu Anda ketahui bahwa kuman dan virus akan menyebar melalui sentuhan sesuatu benda yang telah disentuh orang yang sedang sakit. Anda harus rajin mencuci tangan dengan sabun dan membersihkan benda-benda tersebut dengan disinfektan dengan cara di lap.

Gunakan disinfektan

Selanjutnya, penting bagi Anda untuk menggunakan disinfektan di setiap tempat yang mungkin sering disentuh banyak orang seperti gagang pintu, remot TV, telepon, meja, dan kursi. Karena pada dasarnya virus dapat menyebar dari benda yang sudah tersentuh dengan orang yang terkena kuman atau virus tersebut.

Bersihkan dapur Anda

Rumah Bebas Kuman

Tanpa Anda sadari bahwa makanan yang dibeli dari pasar bisa menjadi sumber kuman bagi Anda. Untuk menghindari bersarangnya kuman pada makanan, Anda bisa mencuci sayur-sayuran dan buah-buahan yang dibeli. Penting juga untuk mencuci tangan setelah dari pasar. Pastikan juga Anda bersihkan seluruh area dapur menggunakan lap atau handuk dengan disinfektan sesering mungkin.

Bersihkan alat pembersih di rumah Anda

Bukan benda-benda yang terlihat saja yang harus dibersihkan, bahkan benda yang digunakan sebagai alat pembersih sebaiknya rutin dibersihkan. Benda yang dimaksud seperti spons cuci piring yang sebaiknya dibersihkan setelah Anda mencuci piring. Kemudian Anda juga sebaiknya lap gagang pel, gagang sapu, dan alat pembersih lainnya.

Jaga kebersihan kamar tidur

Rumah Bebas Kuman

Kamar tidur merupakan tempat yang harus Anda jaga kebersihannya, karena tempat inilah yang akan menjadi tempat untuk beristirahat dan melepas lelah. Untuk itu, sering- seringlah membersihkan tempat tidur dan mengganti sprei seminggu sekali. Jika memiliki hewan peliharaan, maka Anda harus lebih ekstra lagi dalam membersihkan kamar tidur. Hal ini bertujuan agar bulu hewan tidak menyebar di area kamar tidur Anda.

Jaga kebersihan kamar mandi

Rumah Bebas Kuman

Kamar mandi yang menjadi tempat untuk membersihkan diri pun tetap harus dibersihkan. Anda juga perlu rutin menggosok lantai kamar mandi dan menjaga alat kebersihan di kamar mandi dengan baik. Pastikan keluarga memiliki handuk dan sikat gigi masing-masing.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Sumber: Thisoldhouse.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Singkirkan 6 Benda ini Jika Ingin Punya Rumah Bersih dan Sehat

RumahCom – Aktivitas membersihkan rumah sudah menjadi rutinitas harian bagi kita. Menyapu, mengepel, mencuci piring, semua dilakukan demi mendapatkan hunian yang rapi, bersih, sehat, dan nyaman untu

Lanjutkan membacaSeptember 6, 2017

Perlengkapan P3K Yang Harus Ada di Rumah Anda

RumahCom - Kecelakaan bisa terjadi di mana saja, termasuk di dalam rumah. Menyediakan peralatan P3K tentu baik untuk pertolongan awal. Perlengkapan P3K merupakan hal yang paling penting yang harus And

Lanjutkan membacaJuli 17, 2020

Punya Rumah Baru? Ini 10 Hal Utama yang Harus Disiapkan

RumahCom - Ketika memasuki sebuah rumah baru tentu Anda perlu mempersiapkan berbagai hal agar rumah bisa segera ditempati.Saat memiliki rumah baru yang hendak tinggali, tentu Anda membutuhkan beberapa

Lanjutkan membacaJuli 20, 2020

Masukan