Begini Cara Membuat Elevator Sendiri di Rumah

Boy LeonardJuli 21, 2020

Begini Cara Membuat Elevator Sendiri di Rumah

RumahCom – Sistem otomasi memudahkan kegiatan dalam rumah, salah satunya keberadaan elevator. Otomasi tidak hanya dilakukan pada area industri seperti pabrik saja, namun hal tersebut bisa diterapkan dalam sebuah rumah.

Tentu kehadiran teknologi yang sifatnya otomasi sangat memudahkan aktivitas seseorang di dalam rumah. Salah satu otomasi yang sudah mulai banyak ada di dalam rumah adalah elevator.

Anda bisa membuat sebuah elevator menggunakan aktuator listrik secara mandiri di rumah. Aktuator listrik sendiri merupakan suatu peralatan mekanis yang mampu menggerakkan sebuah benda dan dibantu oleh tenaga listrik. Perangkat ini banyak digunakan pada peralatan otomasi, sehingga tepat digunakan untuk pembuatan elevator di rumah.

Elevator berfungsi sebagai untuk perpindahan orang/barang dari satu lantai ke lantai lainnya. Ukuran elevator bervariasi, ada yang muat 2-6 orang bahkan lebih. Keberadaan elevator di rumah tentu lebih memudahkan Anda saat harus berpindah ke lantai lain tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga. Demikian juga saat Anda harus memindahkan barang bisa lebih mudah walau jumlahnya cukup banyak dan berat.

Keberadaan elevator juga penting bagi orang yang sudah tua dan kesulitan berjalan serta bagi anak-anak. Mereka akan lebih mudah menuju lantai lain tanpa harus kesusahan. Sementara bagi anak-anak, mereka tidak perlu menggunakan tangga yang bisa berbahaya jika orang tua tidak menjaganya dengan baik.

Pentingnya keberadaan elevator dalam rumah tentu membuat banyak orang ingin membuatnya secara mandiri. Lalu bagaimana cara untuk membuat elevator tersebut?

Pembuatan elevator dalam rumah tidak begitu sulit, Anda hanya memerlukan beberapa perlengkapan saja. Untuk desain dan skema mungkin bisa menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Ada banyak desain bagus yang bisa Anda temukan lewat internet. Alat-alat yang Anda butuhkan dalam membangun sebuah elevator antara lain:

  • Gergaji listrik
  • Bor listrik
  • Baut
  • Bingkai besi
  • Sekrup
  • Aktuator

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat elevator

  1. Pertama, Anda harus mengetahui seperti apa desain dan ukuran yang dibutuhkan. Apakah Anda membutuhkan elevator ukuran besar sehingga bisa memuat banyak, atau elevator ukuran kecil untuk mobilitas yang lebih cepat
  2. Persiapkan semua bahan dan peralatan, pastikan saat pembuatan elevator peralatan tersebut sudah tersedia dengan baik
  3. Buat ukuran kerangka elevator sesuai dengan desain dan skema yang Anda butuhkan
  4. Pembuatan elevator bisa dimulai dari bingkai. Buatlah bingkai dengan panel baja, atau Anda bahkan bisa membeli bingkai yang sudah jadi agar mempercepat proses pembuatan.
  5. Pembuatan kabin bisa menggunakan berbagai macam bahan. Buatlah sesuai selera dan kebutuhan Anda. Namun pastikan bahan-bahan tersebut kuat, kokoh, dan tahan lama sehingga memastikan keamanan saat elevator sedang digunakan.
  6. Buat jalur atau jalan untuk elevator Anda. Hal ini tentu menyesuaikan dengan jumlah lantai yang ada di rumah Anda. Jika memiliki ruang bawah tanah, Anda juga bisa membuat jalur dari sana juga. Namun hal ini juga menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  7. Buat panel kontrol
  8. Hubungkanlah aktuator linier ke konstruksi elevator yang sudah Anda bangun. Anda perlu membuat aktuator terhubung dengan benar, agar sistem mekanis dari elevator bisa bekerja dengan baik
  9. Periksa perangkat, konstruksi, kontrol, dan sistem yang sudah Anda bangun hingga tidak ada kesalahan
  10. Hubungkan ke listrik dan lakukan pengujian secara bertahap dan berkala hingga elevator bisa aman digunakan.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah


Sumber: Techporn.ph

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Sulap Ruang Keluarga Menjadi Mewah

RumahCom - Ruang keluarga umumnya merupakan ruang utama di dalam sebuah hunian. Letaknya di tengah hunian serta fungsinya untuk ruang berkumpul menjadikan ruang keluarga sebagai pusat aktivitas.Sebaga

Lanjutkan membacaJuli 19, 2017

Trik Bikin Ruang Keluarga Rumah Tipe 45 Terasa Lega 

RumahCom - Siapa bilang rumah dengan luas minimalis tak bisa senyaman rumah mewah? Kubur anggapan itu dalam-dalam. Hunian yang nyaman bukan perkara besar atau kecil luasnya, tetapi soal menata interio

Lanjutkan membacaAgustus 11, 2017

Tips Menciptakan Ruang Sosial di Rumah

RumahCom - Anda tipe orang yang suka bercengkerama dengan banyak orang, atau pekerja freelance yang menggarap proyek bersama rekan-rekan di rumah? Jika iya, Anda harus punya ruang sosial di rumah.Seju

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2017

Masukan