8 Alasan Anda Harus Menerapkan Sistem Otomasi di Rumah

Wahyu ArdiyantoJuli 22, 2020

8 Alasan Anda Harus Menerapkan Sistem Otomasi di Rumah

RumahCom – Pernahkah Anda mendengar istilah ‘Smart Home’ ? Smart Home atau bisa disebut dengan rumah pintar adalah sebuah rumah yang dipasangkan berbagai teknologi canggih yang membantu penghuni dalam memudahkan aktivitas di rumah.

Ada beberapa perangkat yang bisa dipasangkan sistem rumah pintar seperti pintu, lampu, area dapur, ataupun ruang tamu. Perangkat rumah pintar membuat semua hal yang ada di rumah menerapkan sistem otomasi, sehingga Anda dengan mudah melakukan sesuatu cukup melalui smartphone saja. 

Jadi biarkan rumah pintar yang bekerja untuk Anda. Dan Anda hanya cukup mengaturnya sambil santai. Namun, tahukah Anda mengapa harus mengotomasikan rumah? Berikut merupakan alasan mengapa Anda harus menerapkan sistem otomasi dalam rumah.

1. Segala tugas menjadi nyaman

sistem otomasi di rumah-Segala tugas menjadi nyaman

Tanpa perlu beranjak dari sofa, kasur, Anda hanya perlu memencet tombol di smartphone maka lampu bisa diatur sesuka hati.

Dalam rumah, tentu memiliki banyak tugas yang selalu Anda lakukan di rumah. Seperti misalnya mematikan lampu yang sering kali harus dilakukan secara berulang-ulang. Pada pagi hari lampu dimatikan dan menjelang petang lampu dinyalakan.

Nah, dengan menerapkan sistem otomasi pada rumah, segala tugas berulang bisa menjadi lebih mudah untuk Anda. Tanpa perlu beranjak dari sofa, kasur, Anda hanya perlu memencet tombol di smartphone maka lampu bisa diatur sesuka hati.

2. Keamanan rumah meningkat

sistem otomasi di rumah-Keamanan rumah meningkat

Otomatisasi rumah dapat secara langsung menyalakan lampu di area yang gelap seperti tangga dan lorong.

Saat di rumah seringkali terjadi kecelakaan yang tidak terduga seperti salah satunya terjatuh karena penerangan yang buruk. Otomatisasi rumah dapat secara langsung menyalakan lampu di area yang gelap seperti tangga, lorong. dan area lain sehingga mengurangi risiko Anda tersandung atau menabrak benda secara tidak sengaja.

3. Membuat pikiran menjadi tenang

Sistem otomasi di rumah-Membuat pikiran menjadi tenang

Ada sistem keamanan dari kamera CCTV dan koneksi internet yang dapat selalu memeriksa kondisi rumah.

Dengan menggunakan otomasi rumah, Anda tidak perlu khawatir lagi bagaimana keadaan rumah saat harus pergi jauh. Ada sistem keamanan dari kamera CCTV dan koneksi internet yang dapat selalu memeriksa kondisi rumah dan keluarga selama di rumah hanya dengan smartphone yang Anda bawa.

4. Menjadi pengalaman belajar untuk anak-anak

sistem otomasi di rumah-Menjadi pengalaman belajar untuk anak-anak

Anak-anak akan semakin siap untuk masa depan karena sudah banyak belajar dari rumah dengan teknologi pintar tersebut.

Dengan banyaknya teknologi canggih yang ada di dalam rumah, hal ini membuat anak-anak Anda semakin banyak belajar tentang teknologi. Mereka akan semakin siap untuk masa depan karena sudah banyak belajar dari rumah dengan teknologi pintar tersebut.

5. Bisa dinikmati semua keluarga

Bisa dinikmati semua keluarga

Anda tidak perlu khawatir meninggalkan seorang lansia dan anak-anak di dalam rumah.

Semua sistem teknologi dari smart home dapat dinikmati oleh semua keluarga di rumah. Mulai dari anak-anak hingga lansia semua bisa menikmati kecanggihan dari otomasi rumah pintar. Anda tidak perlu khawatir meninggalkan seorang lansia dan anak-anak di dalam rumah.

Dengan adanya otomasi rumah pintar, maka baik anak-anak atau lansia semua bisa melakukan aktivitasnya dengan mudah.

6. Ramah lingkungan

sistem otomasi di rumah-Ramah lingkungan

Produk otomasi rumah dapat mengurangi konsumsi daya dan mematikan lampu serta peralatan lain secara otomatis saat tidak digunakan.

Jika Anda menggunakan sistem smart home, maka sama halnya Anda menerapkan sistem yang ramah lingkungan. Otomasi rumah memberikan solusi yang baik untuk membantu melestarikan sumber daya alam kita. Produk otomasi rumah dapat mengurangi konsumsi daya dan mematikan lampu serta peralatan lain secara otomatis saat tidak digunakan.

7. Memiliki sistem keamanan yang canggih

sistem otomasi di rumah-Memiliki sistem keamanan yang canggih

Otomasi rumah bisa menjadi solusi keamanan yang murah dan bisa Anda monitor kapan saja dan di mana saja.

Keamanan rumah adalah prioritas utama bagi semua orang. Akan tetapi, biaya pemasangan atau pemantauan bulanan menjadi penghalang bagi pemilik rumah. Namun, dengan otomasi rumah bisa menjadi solusi keamanan yang murah dan bisa Anda monitor kapan saja dan di mana saja.

8. Menghemat uang

sistem otomasi di rumah-Menghemat uang

Dengan adanya otomasi rumah, maka Anda dapat mematikan lampu secara otomatis sehingga bisa menurunkan tagihan mulai dari 10% hingga 25%.

Menghemat uang tentu menjadi impian bagi setiap penghuni rumah. Salah satu biaya yang menguras adalah tagihan listrik. Tagihan listrik ini bisa melonjak jika Anda menggunakan perangkat rumah secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama.

Mungkin saja Anda lupa mematikan lampu atau perangkat elektronik lain ketika sedang tidak digunakan. Dengan adanya otomasi rumah, maka Anda dapat mematikan lampu secara otomatis sehingga bisa menurunkan tagihan mulai dari 10% hingga 25%.

Mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Tak perlu ke mana-mana, cukup dari rumah Anda bisa mengetahui potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Proyek Properti Yang Tetap Berjalan Dan Ditunda Saat Pandemi

RumahCom — Virus korona yang menyerang seluruh dunia sontak membuat aktivitas perekonomian negara terganggu, tak terkecuali juga di Indonesia. Pandemi ini membuat pembatasan dan penundaan terjadi di

Lanjutkan membacaJuli 21, 2020

 Hore, Tol Serpong-Cinere Bisa Dilintasi Tahun Depan!

RumahCom – Pembangunan jalan Tol Serpong-Cinere ditargetkan selesai pada akhir Oktober 2020. Jalan bebas hambatan ini rencananya akan dioperasikan tahun 2021.Direktur Utama PT Cinere Serpong Jaya (C

Lanjutkan membacaJuli 21, 2020

Begini Cara Membuat Elevator Sendiri di Rumah

RumahCom - Sistem otomasi memudahkan kegiatan dalam rumah, salah satunya keberadaan elevator. Otomasi tidak hanya dilakukan pada area industri seperti pabrik saja, namun hal tersebut bisa diterapkan d

Lanjutkan membacaJuli 21, 2020

Masukan