Pasokan Unit Apartemen Macet Di Tahun Ini

Boy LeonardJuli 22, 2020

RumahCom — Sektor properti di Jakarta sangat terkena dampak pandemi Covid-19, tak terkecuali pasar apartemennya. Diprediksi, tingkat serapan pasar apartemen di Jakarta turun 12 persen hingga akhir tahun ini.

Ihwal turunnya tingkat serapan ini, Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto berujar, belum adanya kepastian soal berakhirnya wabah Covid-19 membuat para investor masih menunggu waktu yang tepat untuk membeli apartemen.

“Kami perkirakan tingkat serapan akan turun 12 persen pada akhir tahun,” kata Ferry, sebagaimana dikutip dari Bisnis.com, Rabu, 22 Juli 2020.

Sebagai informasi, tingkat serapan pasar apartemen pada kuartal II/2020 mengalami stagnasi di level 87,7 persen.

Ferry berpendapat, selama kuartal tahun ini hanya ada dua proyek yang mengalami peningkatan penjualan yang signifikan karena baru dipasarkan.

“Sisanya hampir tidak ada penjualan sama sekali karena banyak marketing gallery dan show unit yang tutup selama PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Mayoritas penjualan terjadi di apartemen kelas menengah dan menengah ke bawah,” ucapnya.

Ferry menjelaskan, dari proyeksi tambahan apartemen baru sebanyak 11.800 unit di Jakarta pada 2020, diprediksi hanya ada 2.000 unit apartemen yang bisa diselesaikan. Ini dikarenakan kondisi pasar apartemen yang tengah menurun.

“Sisanya bisa menumpuk di tahun 2021 dan tahun berikutnya. Ini juga bisa terkoreksi kembali,” ujar Ferry.

Sampai dengan kuartal II/2020, tidak ada tambahan pasokan apartemen sama sekali sehingga total pasokan apartemen di Jakarta mencapai 211.944 unit.

Untuk proyek apartemen yang diluncurkan tahun 2020 diproyeksikan hanya ada dua proyek baru dengan total 1.041 unit.

“Akibat pelaksanaan PSBB banyak proyek yang dihentikan dan kami lihat hanya ada 2.011 unit apartemen dari total tiga proyek apartemen yang kemungkinan masih bisa diselesaikan tepat waktu,” tutur Ferry.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah!

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Rumah Pintar Bantu Tingkatkan Kualitas Hidup Anda

RumahCom - Pernahkah Anda memikirkan kemudahan saat melakukan pekerjaan rumah seperti mematikan lampu, membuka tirai, menutup pintu tanpa harus beranjak dari kursi? Mungkin semua hal tersebut seperti

Lanjutkan membacaJuli 22, 2020

Konsep Hunian Jepang Kembali Ditawarkan di Perumahan Baru Ini

RumahCom – Hunian berkonsep Jepang kembali ditawarkan pengembang untuk perumahan baru di wilayah Tangerang. Standar hunian ala Jepang diyakini mampu untuk menarik konsumen dari segmen kalangan muda

Lanjutkan membacaJuli 22, 2020

Pengembang Mulai Percaya Diri Luncurkan Produk Baru Di Tengah Pandemi

RumahCom – Pengembang tetap confident untuk meluncurkan produk baru di tengah pandemi Covid-19 dengan menyesuaikan pada kebutuhan konsumen. Salah satunya di Synthesis Home yang meluncurkan unit ruma

Lanjutkan membacaJuli 22, 2020

Masukan