Habiskan Dana Rp475 Miliar Untuk Renovasi, Masjid Istiqlal Siap Diresmikan

Juli 24, 2020

RumahCom – Kementerian PUPR mengumumkan renovasi Masjid Istiqlal telah mencapai 100 persen. Ada banyak hal yang diperbaiki mulai fasad, interior-eksterior, penambahan ruang parkir, plaza, dan sebagainya.

Pemerintah, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah merenovasi Masjid Istiqlal di Sawah Besar, Jakarta Pusat. Masjid terbesar di Asia Tenggara dan merupakan salah satu ikon Indonesia ini melakukan proses renovasi yang dimulai pada bulan Mei 2019 lalu.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, renovasi Masjid Istiqlal ini telah mencapai 100 persen dan bisa digunakan untuk ibadah saat perayaan Idul Adha akhir bulan ini. “Jadi renovasi masjid ini sudah 100 persen dan sudah dilakukan provisional handover (PHO) dari kami ke Imam Besar Masjid Istiqlal. Saya tinggal melapor ke Presiden Joko Widodo untuk meresmikan masjid ini,” ujarnya.

Basuki juga menjelaskan, masjid yang baru pertama kali ini melakukan renovasi besar-besaran sejak 42 tahun lalu, proses pengerjaannya mencakup renovasi kawasan sekitarnya dengan total anggaran mencapain Rp475 miliar. Bagian lansekap dan pencahayaan juga diperbaiki dan di bagian dalam masjid ada taman Lee Kuan Yew yang menjuntai panjang.

Optimis pasti punya rumah, pertama dengan kumpulkan niat beli rumah. Bagaimana caranya yah? Simak videonya berikut ini.

 

Pekerjaan penataan kawasannya meliputi pengembalian akses dari Monas dan perapihan zonasi kawasan, perbaikan gerbang, penambahan plaza-plaza sebagai ruang publik, perbaikan tepi dan tanggul sungai, penambahan gedung parkir dua lapis basemen, perbaikan kantin, penambahan area pedagang kaki lima (PKL), dan sebagainya.

Untuk pekerjaan arsitektur mencakup pekerjaan fasad, lantai, dinding, kusen, jendela, pintu, ruang wudhu, toilet, hingga kamar mandi. Pekerjaan interior diantaranya interior ruang utama, area VIP, perkantoran, dan ruang pengurus masjid. Keseluruhan bangunan juga diinstalasi dengan solar panel dan perbaikan tata pencahayaan interior dan eksterior maupun signage di gerbang dan seluruh interior.

Untuk mendukung protokol Covid-19, disediakan juga tempat cuci tangan tambahan di beberapa area seperti di dekat pintu masuk dan area food stall (PKL). Sementara itu untuk Terowongan Silaturahmi di bawah tanah yang menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral, akan mulai dibangun pada akhir tahun ini dengan anggaran sekitar Rp40 miliar.

“Masjid Istiqlal ini memiliki luas kawasan mencapai 91.629 m2 dengan luas bangunan mencapai 80.948 m2 yang bisa menampung 200 ribu orang. Masjid ini bukan hanya terbesar di Asia Tenggara tapi juga kebanggaan dan merupakan masjid negara,” imbuh Basuki.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Banyak Orang Investasi Rumah Mewah Di Tegal, Apa Alasannya?

RumahCom — Bisnis properti segmen menengah atas di Tegal, Jawa Tengah tetap bergerak meski sedang pandemi Covid-19. Pasar properti mewah di kota-kota Jawa Tengah, khususnya yang dekat ke pengembanga

Lanjutkan membacaJuli 23, 2020

Ini Alasan Kenapa Harus Membuat Perpustakaan Sendiri di Rumah

RumahCom - Kehadiran perpustakaan di rumah menjadi sumber literasi yang baik bagi Anda dan keluarga.Buku adalah jendela dunia, dari sana ada banyak hal yang bisa dipelajari. Banyak orang yang belajar

Lanjutkan membacaJuli 23, 2020

Inilah Manfaat Luar Biasa Memasang Aquarium Di Rumah

RumahCom - Akuarium cocok bagi Anda yang ingin memelihara hewan di rumah, karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan diri.Sejak bulan Maret 2020, dunia dilanda pandemi Covid-19. Hal ini menyebabkan

Lanjutkan membacaJuli 23, 2020

Musim Hujan Sudah Tiba, Ini yang Harus Dipersiapkan di Rumah

RumahCom - Memasuki musim hujan rumah tentu harus dipersiapkan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi.Belakangan ini cuaca sudah mulai lembab dan hujan mulai sering turun, walau pada siang h

Lanjutkan membacaJuli 23, 2020

Gaji Rp2 Juta, Bisa Beli Perumahan Di Sini

RumahCom – Pandemi Covid-19 membuat ada banyak penawaran kemudahan untuk menggeliatkan sektor bisnis dan perekonomian. Bank BNI misalnya, mengeluarkan banyak kemudahan program KPR khususnya untuk an

Lanjutkan membacaJuli 24, 2020

Masukan