Ini Cara Membuat Dapur di Rumah Tetap Wangi

Wahyu ArdiyantoJuli 28, 2020

Ini Cara Membuat Dapur di Rumah Tetap Wangi

RumahCom – Dapur menjadi tempat yang mungkin paling sering dikunjungi setiap hari. Di sana Anda mungkin memulai hari dengan memasak untuk diri sendiri maupun keluarga. Segala aktivitas yang ada di dapur tentu harus dilakukan dengan nyaman dan menyenangkan.

Misalnya dengan keberadaan peralatan dapur yang canggih sehingga memudahkan aktivitas Anda di dapur. Namun ada hal lain yang cukup penting dan krusial agar Anda nyaman memasak di dapur, yakni dapur yang wangi. Aroma dari dapur tentu berpengaruh pada pengalaman saat Anda sedang memasak.

Jika tercium wangi yang kurang sedap, Anda tentu akan enggan untuk memasak di dapur. Oleh karena itu menciptakan dapur dengan aroma yang wangi akan membuat seseorang betah berlama-lama di sana. Lalu bagaimana caranya membuat dapur menjadi lebih wangi? Berikut ulasannya.

1. Cari sumber bau

Cari sumber bau

Penting bagi Anda untuk selalu membersihkan peralatan dapur saat selesai digunakan untuk meminimalisir keberadaan sumber bau yang tidak sedap. (Foto: Freepik.com)

Jika Anda memiliki dapur yang berbau tidak sedap, hal yang harus dilakukan adalah mencari sumber bau. Terkadang walau sudah memastikan dapur sudah bersih, sumber bau bisa muncul dari mana saja. Misalnya dari kulkas yang tidak bersih, sisa sampah di wastafel, sisa makanan di meja, bahkan dari luar dapur.

Memastikan sumber bau tersebut dibersihkan akan membuat dapur menjadi lebih wangi dari sebelumnya. Penting bagi Anda untuk selalu membersihkan peralatan dapur saat selesai digunakan untuk meminimalisir keberadaan sumber bau yang tidak sedap.

2. Memiliki alat pembersih di dapur

Memiliki alat pembersih di dapur

Mempersiapkan peralatan pembersih yang sesuai dengan masalah yang Anda hadapi di dapur adalah pilihan terbaik. (Foto: Freepik.com)

Dapur yang baik tentu memerlukan alat pembersih yang lengkap. Anda tidak bisa menggunakan sebuah kain lap untuk membersihkan semua kotoran yang ada di dapur. Selain tidak efektif, kain tersebut akan tampak sangat kotor dan tidak bisa digunakan lagi.

Oleh karena itu mempersiapkan peralatan pembersih yang sesuai dengan masalah yang Anda hadapi di dapur adalah pilihan terbaik. Misalnya penggunaan sponge tentu cocok untuk membilas peralatan yang akan dibersihkan menggunakan sabun. Kemudian jika ada yang sulit dibersihkan bisa menggunakan sikat pembersih.

Sponge juga bisa membersihkan area memasak dari bekas makanan menggunakan sabun. Semakin banyak alat pembersih yang dimiliki, maka semakin bersih pula dapur Anda.

3. Tas sampah

Tas sampah

Anda bisa menyiapkan sebuah tas sampah dengan ukuran kecil, sedang, dan besar. (Foto: Freepik.com)

Apakah Anda seorang yang selalu membiarkan sampah berlama-lama ada di dapur? Atau Anda baru membuang sampah ketiak tempat sampah sudah tidak muat lagi? Mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut. Sampah yang tidak segera dibuang akan menjadi sumber bau yang menyengat.

Anda bisa menyiapkan sebuah tas sampah dengan ukuran kecil, sedang, dan besar. Tujuannya agar Anda tidak perlu lagi menunggu sampah menumpuk baru dibuang. Melainkan langsung membuang sampah yang muncul saat memasak. Dengan demikian dapur Anda akan terhindar dari bau yang tidak sedap.

4. Sirkulasi udara yang baik

Sirkulasi udara yang baik

Penggunaan exhaust fan bisa menjadi pilihan yang lebih baik agar udara dapur bisa langsung diganti dengan udara yang lebih segar. (Foto: Freepik.com)

Saat memasak maka Anda memerlukan sirkulasi udara yang baik agar udara di dapur tetap wangi dan segar. Sirkulasi udara akan membuat dapur selalu mendapatkan udara segar sehingga asap dari masakan tidak menumpuk di dalam dapur.

Untuk sirkulasi udara yang baik Anda bisa memanfaatkan jendela dan ventilasi yang dekat dengan dapur. Selain itu penggunaan exhaust fan bisa menjadi pilihan yang lebih baik agar udara dapur bisa langsung diganti dengan udara yang lebih segar.

Mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

 

Sumber: whatmommydoes.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Emiten Ini Optimistis Investasi di Sektor Properti Meski Pandemi

RumahCom – Pandemi Covid-19 memang menimbulkan efek domino dan melumpuhkan berbagai sektor bisnis, termasuk properti. Namun, PT Adhi Commuter Properti (ACP) optimistis konsumen tetap melihat propert

Lanjutkan membacaJuli 27, 2020

Pandemi Bikin Bisnis Ruang Sewa Kantor Sepi

RumahCom — Penerapan bekerja dari rumah alias work from home (WFH) oleh sejumlah perusahaan karena pandemi Covid-19 membuat kondisi perkantoran sepi. Akibatnya, bisnis penyewaan ruang kantor pun ter

Lanjutkan membacaJuli 27, 2020

Suku Bunga BI Turun Lagi, Responden Harap Suku Bunga KPR Menyusul

Jakarta, 24 Juli 2020 – Pemerintah kembali mengeluarkan serangkaian kebijakan untuk segera menyelamatkan Indonesia dari jurang resesi ekonomi yang sudah di depan mata. Salah satunya adalah dengan

Lanjutkan membacaJuli 27, 2020

Masukan