Material Alternatif Ini Memungkinkan Membangun Rumah Tanpa Kolom

Juli 28, 2020

RumahCom – Material alternatif untuk membangun rumah terus bermunculan salah satunya menggunakan metode Prima Wall System (PWS). Sistem ini bisa membangun rumah tanpa kolom dengan waktu pengerjaan lebih cepat dan hasil kokoh.

Umumnya rumah dibangun menggunakan material bata yang disemen, diaci, kemudian dicat. Selain bata ada juga material lain seperti batako atau bata ringan beraerasi hingga beberapa alternatif lain seperti menggunakan gipsum, papan semen, dan lainnya. Edukasi maupun sosialisasi terkait material alternatif ini masih sangat kurang sehingga banyak masyarakat yang hanya ingin menggunakan bata merah atau bata ringan beraerasi dibandingkan material yang lain.

Inovasi di bidang material bahan bangunan ini terus berkembang dan salah satunya adalah pembangunan rumah menggunakan sistem Prima Wall System (PWS) yang diproduksi oleh PT Prima Graha Bangun Tunggal. Pembangunan rumah dengan sistem PWS ini sudah dipraktikan di daerah Cinere, Depok, Jawa Barat.

Menurut Joseph Chandra, Direktur PT Prima Graha Bangun Tunggal, mekanisme pembangunan rumah dengan sistem PWS ini telah diuji secara 2D dan hasilnya cukup baik. Bangunan rumah cukup kokoh, tidak retak, miring, maupun goyang dengan proses pembangunan yang juga lebih cepat dibandingkan sistem konvensional.

Setiap orang pasti punya rumah idaman yang diinginkan. Lalu bagaimana cara cerdas agar bisa temukan rumah idaman? Nonton video berikut ini untuk tau caranya, yuk!

“Proses pembangunan menggunakan sistem PWS relatif lebih cepat hanya sekitar 20 hari untuk membangun rumah satu lantai tipe 35 m2 dengan total biaya Rp99 juta. Soal biaya ini masih akan bersaing dan bisa semakin murah bila penggunanya semakin banyak. Tentunya sistem ini bisa menjadi alternatif bagi pengembang untuk membangun produknya dan alternatif juga untuk konsumen khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR),” ujarnya.

Kelebihan lain menggunakan sistem PWS, rumah yang dibangun tidak perlu menggunakan kolom dan hanya cukup menggunakan sistem “sirip”. Sirip ini untuk memperkuat bentangan dinding setiap bentangan sepanjang 2,5 m yang nantinya bisa dimodifikasi juga untuk dijadikan penyekat antar ruang maupun ruang storage seperti lemari. Bagian atasnya hanya dibutuhkan balok untuk mengikat semua bentarang PWS ini.

“Saat ini sistem PWS hanya bisa diaplikasikan untuk rumah tapak satu lantai tapi ke depan tidak menutup kemungkinan bisa digunakan untuk pengembangan bangunan 2-3 lantai ataupun rumah deret. Banyak juga produk alternatif lain yang bisa digunakan tapi umumnya dari luar negeri, produk lokal ini tentunya akan bisa menggerakkan perekonomian yang lebih besar,” imbuh Joseph.

Material alternatif ini juga mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, inovasi apapun untuk bisa mendapatkan proses pengerjaan produk perumahan yang lebih cepat dan efisien perlu terus didukung dan diapresiasi.

“Kebutuhan perumahan kita sangat besar sehingga material alternatif seperti ini perlu terus dikembangkan bahkan digunakan secara meluas hingga diekspor. Produk seperti ini juga manfaat ekonominya sangat penting terkait dengan industri turunannya terlebih di masa pandemi ini kita butuh untuk menggerakkan perekonomian,” tandasnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ini Cara Membuat Dapur di Rumah Tetap Wangi

RumahCom - Dapur menjadi tempat yang mungkin paling sering dikunjungi setiap hari. Di sana Anda mungkin memulai hari dengan memasak untuk diri sendiri maupun keluarga. Segala aktivitas yang ada di dap

Lanjutkan membacaJuli 28, 2020

Inilah Fitur yang Dicari Anak Muda Saat Memilih Rumah

RumahCom - Rumah saat ini menjadi kebutuhan penting untuk semua orang, terutama anak muda. Mereka yang sudah memiliki penghasilan sendiri tentu lebih memprioritaskan membeli rumah daripada kebutuhan l

Lanjutkan membacaJuli 28, 2020

Normal "Baru" dengan Virtual dari Pasar Properti yang Diberikan COVID-19

Dalam artikel kami sebelumnya, Cara Melakukan Tur Virtual Properti Dengan Handal, kami telah menginformasikan kepada Anda tips berguna untuk melakukan tur virtual dalam situasi 'normal baru'. Pandemi

Lanjutkan membacaJuli 28, 2020

Pandemi, Saat Tepat Beli Properti dan Ini Alasannya

RumahCom – Situasi pandemi Covid-19 justru bisa menjadi momentum tepat untuk segera membeli produk properti karena banyaknya kemudahan yang ditawarkan pengembang maupun perbankan. Pandemi juga membu

Lanjutkan membacaJuli 28, 2020

Pandemi, Rumah Dirancang Dengan Kaidah New Normal

RumahCom – Sinar Mas Land meluncurkan klaster baru yang dikembangkan dengan menyesuaikan untuk kebutuhan new normal terkait pandemi Covid-19. Produk rumah yang menerapkan kaidah new normal dianggap

Lanjutkan membacaJuli 28, 2020

Masukan