Fungsi Ganda Program Bedah Rumah: Perbaikan Kualitas Dan Serap Tenaga Kerja

Juli 30, 2020

RumahCom – Program bedah rumah untuk peningkatan kualitas hunian masyarakat bawah dibuat menjadi program padat karya tunai oleh Kementerian PUPR. Program ini berhasil menyerap tenaga kerja langsung mencapai lebih dari 100 ribu orang.

Pemerintah terus memperkuat program stimulus khususnya untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang paling terdampak pandemi Covid-19. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) misalnya, terus menggelontorkan program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) atau program bedah rumah.

Program ini dibuat menjadi program bergulir padat karya sehingga manfaatnya langsung terasa oleh masyarakat bawah. Program yang dilaksanakan untuk peningkatan kualitas rumah ini dilakukan di 449 kabupaten dan di 151 kabupaten-kota untuk membangun baru. Anggaran untuk program ini mencapai Rp4,69 triliun dan hingga akhir Juli 2020 telah terpakai sebanyak Rp2,46 triliun atau 52,5 persen.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, sejauh ini program bedah rumah telah menyerap tenaga kerja langsung mencapai 101.771 orang dan imbasnya akan lebih besar untuk keluarga yang menjadi tanggungannya. “Makanya program ini dilakukan dengan metode padat karya tunai (PKT) karena tujuannya untuk mempertahankan daya beli masyarakat dan mengurangi angka pengangguran sekaligus meningkatkan kawasan lingkungan” ujarnya.

Porsi program BSPS yang telah mencapai lebih dari 52 persen ini telah dilakukan di seluruh wilayah Indonesia dengan bantuan sebesar Rp17,5 juta per rumah. Direktur Rumah Swadaya Ditjen Perumahan Kementerian PUPR KM Arsyad menambahkan, program ini akan terus didorong karena itu butuh kerja sama khususnya dari pemerintah daerah.

Setiap orang pasti punya rumah idaman yang diinginkan. Lalu bagaimana cara cerdas agar bisa temukan rumah idaman? Nonton video berikut ini untuk tau caranya, yuk!

“Kementerian PUPR akan terus mendorong peningkatan kualitas rumah masyarakat yang tidak layak huni dan karena itu butuh dukungan dari pemerintah daerah yang paling tahu mengenai kondisi masyarakatnya. Program ini juga bisa seiring dengan program pemerintah daerah untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap tempat tinggal yang layak huni dengan prasarana yang memadai,” katanya.

Bupati Bandung Dadang M. Naser saat seremoni penyerahan bantuan program ini mengatakan, program bedah rumah ini merupakan bentuk nyata program yang bisa diaplikasikan untuk meningkatkan kualitas hunian dan lingkungan.

“Program ini juga sesuai dengan program di Kabupaten Bandung yaitu Sabilulungan Raksa Desa karena 85 persen masyarakat kami tinggal di desa. Orientasiinya adalah membangun dari pinggiran dari desa ke desa dan kami bersyukur ada dukungan dari Kementerian PUPR sehingga alokasi untuk program Sabilulungan Raksa Desa juga bisa  meningkat,” ungkapnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Perkampungan Jakarta Penuhi Unsur Hunian ‘Transit Oriented Development’

RumahCom – Sebanyak 24 titik pengembangan Transit Oriented Development (TOD) telah disiapkan pemerintah dari sistem jaringan perkeretaapian. Hal ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah kemacetan d

Lanjutkan membacaJuli 28, 2020

Di Tengah Pandemi, Pengembang Tetap Komitmen Menyelesaikan Proyeknya

RumahCom – Pengembang tetap berkomitmen untuk menyelesiakan proyeknya di saat banyaknya kendala terkait pandemi Covid-19. Yukata Suites, sebuah apartemen premium berkonsep Jepang merupakan salah sat

Lanjutkan membacaJuli 29, 2020

Compact House Jadi Andalan Pengembang Saat New Normal

RumahCom – Situasi new normal terkait pandemi Covid-19 direspon oleh pengembang dengan mengeluarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan new normal itu. Jababeka Residence misalnya, melansir rumah ko

Lanjutkan membacaJuli 29, 2020

BUMN Ini Salurkan Rp4,2 Triliun Untuk KPR

RumahCom – SMF mencatatkan kinerja yang cukup baik untuk periode semester pertama tahun 2020 dengan peningkatan penyaluran pinjaman kepada penyalur KPR. Sebagai special mission vehicle (SMV), SMF te

Lanjutkan membacaJuli 29, 2020

Enam Kelompok Yang Mendapatkan Bantuan Pemerintah Terkait Pandemi, Termasuk Sektor Properti

RumahCom – Pemerintah mengeluarkan enam kelompok yang diberikan stimulus untuk antisipasi dampak pandemi Covid-19. Stimulus ini diharapkan bisa mengurangi penularan pandemi sekaligus meningkatkan pe

Lanjutkan membacaJuli 30, 2020

Masukan