Tren Desain Rumah Bergerak Mengikuti Keinginan Milenial

Juli 30, 2020

RumahCom Milenial menjadi daya tarik baru dalam tren desain rumah karena perspektifnya yang unik dan menginginkan orisinalitas dalam desain rumah.

Sama halnya seperti produk fashion, desain rumah juga kerap mengalami perubahan sesuai dengan tren. Desain rumah-rumah modern saat ini tentu bisa terwujud lewat proses inovasi yang panjang dan dipengaruhi oleh tren yang sedang berlangsung pada saat tertentu. Hal ini yang membuat desain rumah saat bisa begitu dinamis karena mengikuti perkembangan jaman.

Terlebih saat ini perubahan desain rumah mengalami pergantian yang cepat karena keterlibatan generasi milenial. Mereka menjadi pembeli rumah yang sedang naik daun, sehingga desain rumah disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan mereka. Perspektif mereka yang cukup berbeda dalam memandang desain rumah membuat pergeseran tren semakin cepat.

Kemampuan milenial dalam mengubah tren desain rumah tidak lepas dari tingginya kebutuhan rumah dari mereka. Di Indonesia sendiri jumlah anak muda dan yang masuk dalam kategori milenial cukup tinggi. Penduduk produktif pun semakin meningkat, dalam hal ini Indonesia akan mendapatkan bonus demografi. Hal inilah yang menyebabkan permintaan rumah dari kalangan milenial juga ikut tinggi.

Permintaan rumah milenial yang tinggi tentu diiringi dengan perspektif mereka dalam memilih rumah. Milenial cenderung menyukai rumah dengan modern dan unik. Hal ini tentu cukup berbeda dengan desain-desain sebelumnya, oleh karena itu tren desain rumah mengalami pergeseran. Hal ini demi memenuhi keinginan dan kebutuhan dari anak milenial itu sendiri.

Ditengah pandemi, rumah menjadi tempat teraman untuk berlindung. Simak selengkapnya di video berikut ini.

Gaya hidup dari generasi ini turut berpengaruh pada pergerakan tren desain rumah. Milenial cenderung aktif dan memiliki mobilitas yang tinggi. Mereka juga cenderung dianggap sebagai kalangan yang memiliki standar tinggi soal hidup serta ingin sukses dan memiliki uang. Selain itu mereka juga terkenal boros namun masih memikirkan gaya hidup sehat serta tidak sedikit juga yang ingin memiliki gaya hidup minimalis.

Demografis, perspektif, dan gaya hidup menjadi beberapa faktor yang menyebabkan desain rumah bisa dipengaruhi oleh generasi milenial. Desain rumah modern serta dekat dengan area perkotaan menjadi hal yang paling menarik bagi mereka. Pekerjaan-pekerjaan mereka yang membutuhkan kemampuan teknologi tinggi menjadi alasan milenial suka dengan desain rumah modern.

Berdasarkan faktor-faktor tadi, maka beberapa atribut rumah yang disukai dan diinginkan oleh milenial adalah:

1. Rumah berukuran kecil namun fungsional

Milenial cenderung menyukai desain rumah yang minimalis, tujuannya tentu memudahkan mobilitas mereka yang tinggi. Rumah minimalis memiliki jarak antar ruang yang kecil sehingga mereka tidak memakan waktu jika pergi dari satu ruang ke ruangan lainnya.

2. Unik

Perspektif mereka yang berbeda dalam melihat desain rumah membuat mereka menginginkan desain rumah yang orisinal dan unik. Mereka cenderung tidak suka jika melihat desain yang serupa atau sejenis. Rumah yang diinginkan harus mampu memunculkan nilai estetika yang tinggi.

3. Rumah yang mencerminkan diri mereka sendiri

Milenial kerap memenuhi isi rumah dengan barang DIY (do it yourself) buatan mereka sendiri. Hal ini demi menunjukkan bahwa rumah tersebut merupakan identitas diri mereka. Jadi wajar saja banyak desain rumah yang tampak unik dan berbeda karena kecenderungan yang ingin memunculkan identitas pemilik rumahnya.

4. Rumah pintar

Rumah pintar menjadi salah satu konsep rumah yang memudahkan mobilitas mereka. Teknologi yang tersemat dalam rumah pintar memudahkan aktivitas penghuni, mempercepat produktivitas, serta memastikan keamanan rumah. Hal seperti ini tentu sangat menarik bagi kaum milenial.

Sumber: Freshome.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

BUMN Ini Salurkan Rp4,2 Triliun Untuk KPR

RumahCom – SMF mencatatkan kinerja yang cukup baik untuk periode semester pertama tahun 2020 dengan peningkatan penyaluran pinjaman kepada penyalur KPR. Sebagai special mission vehicle (SMV), SMF te

Lanjutkan membacaJuli 29, 2020

Enam Kelompok Yang Mendapatkan Bantuan Pemerintah Terkait Pandemi, Termasuk Sektor Properti

RumahCom – Pemerintah mengeluarkan enam kelompok yang diberikan stimulus untuk antisipasi dampak pandemi Covid-19. Stimulus ini diharapkan bisa mengurangi penularan pandemi sekaligus meningkatkan pe

Lanjutkan membacaJuli 30, 2020

Fungsi Ganda Program Bedah Rumah: Perbaikan Kualitas Dan Serap Tenaga Kerja

RumahCom – Program bedah rumah untuk peningkatan kualitas hunian masyarakat bawah dibuat menjadi program padat karya tunai oleh Kementerian PUPR. Program ini berhasil menyerap tenaga kerja langsung

Lanjutkan membacaJuli 30, 2020

Bank Ini Mudahkan Nasabah Dengan KPR From Home The New Normal

RumahCom – Berbagai kalangan terus mencari cara untuk aktivitas bisnis yang lebih mudah saat new normal terkait pandemi Covid-19. Bank BTN misalnya, meluncurkan aplikasi online untuk memudahkan masy

Lanjutkan membacaJuli 30, 2020

4 Alasan Kenapa Anda Membutuhkan Robot Asisten Di Rumah Anda

RumahCom - Kehadiran robot mampu menggantikan peran manusia hingga di dalam rumah. Robot bisa menjadi alat pembersih, teman, bahkan sebagai sistem keamanan rumah.Membersihkan rumah menjadi kegiatan se

Lanjutkan membacaJuli 30, 2020

Masukan