7 Alasan Orang Memilih Bahan Bangunan dari Batu

Juli 30, 2020

RumahCom – Batu menjadi salah satu pilihan material bangunan yang tetap estetik, tahan lama, serta memberi perlindungan terbaik. Inilah 7 alasan mengapa orang memilih bahan bangunan dari batu.

Bicara mengenai dekorasi dan desain rumah, tentu banyak hal yang harus diperhatikan mulai dari luasnya lahan, luasnya bangunan, kebutuhan ruang, penggunaan material, hingga furnitur yang dibutuhkan. Penggunaan material akan mempengaruhi pemilihan furnitur sehingga material menjadi salah satu hal penting dalam sebuah bangunan.

Kini banyak para arsitek rumah yang mulai menggunakan material dari alam yang tujuannya untuk memberikan dampak positif pada lingkungan. Material ini dinilai cukup ramah lingkungan, adapun bahan bangunan yang bisa Anda gunakan dalam membangun hunian mulai dari kayu, bambu, metal, batu bata, dan batu alam.

Namun sekarang banyak orang yang memilih bahan bangunan yang terbuat dari batu. Lantas apa alasan memilih bahan bangunan batu? Berikut diantaranya:

1. Mudah ditemukan

Batu merupakan bahan bangunan yang mudah ditemukan di mana saja. Selain itu, batu juga bisa Anda temukan secara gratis yang bisa mulanya Anda kumpulkan sebelum membuat bangunan. Selain mudah ditemukan, harga batu juga terbilang cukup murah, jadi Anda tidak perlu khawatir soal harga bahan bangunan satu ini.

2. Mudah untuk membangun bangunan

Menggunakan batu sebagai bahan bangunan adalah pilihan yang tepat karena Anda tidak membutuhkan pengalaman bertahun-tahun sebelum membangun rumah. Mungkin Anda berpikir bahwa batu sangat berat dikerjakan, namun menurut catatan yang ada batu biasa digunakan di dinding setebal 10 inchi, dan beratnya tidak lebih dari kayu yang biasa Anda gunakan.

3. Lebih tahan lama

Tentu Anda ingin memiliki hunian yang awet dalam jangka panjang bukan? Nah, untuk itu batu adalah pilihan yang tepat. Bahan bangunan batu bentuknya sangat padat dan keras sehingga tidak mudah tergores dibandingkan bahan bangunan lainnya. Batu dinilai tahan api, serangga, dan tahan dari perubahan cuaca. Selain itu Anda juga jangan khawatir karena dengan bahan bangunan batu maka hunian akan bebas dari bau busuk. Batu menjadi bahan bangunan yang tahan lama yang bisa bertahan selama berabad-abad.

Beli rumah terbatas? tak ada salahnya membeli rumah lelang. Simak video berikut untuk tau informasi selengkapnya.

 

4. Bebas perawatan

Dengan memilih bahan bangunan batu, maka Anda akan terbebas dari biaya perawatan. Perawatan rumah tentu akan membuang waktu, tenaga, serta uang Anda. Anda tidak perlu melakukan pengecatan ulang, tidak perlu khawatir ada bagian yang rusak karena perubahan cuaca.

5. Cocok untuk desain apapun

Penggunaan batu sebagai bahan bangunan tidak akan menghambat kreativitas Anda dalam mendesain atau mendekorasi ruangan di dalam rumah. Semua jenis tema di dalam rumah bisa diterapkan pada bangunan berbahan dasar batu. Dalam memilih material, tentu tidak semata-mata karena Anda ingin saja, melainkan harus disesuaikan dengan konsep yang ingin diterapkan.

6. Perlindungan yang lebih unggul

Batu menawarkan perlindungan yang lebih unggul dibandingkan dengan bahan bangunan lainnya. Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan bahan bangunan dari batu melindungi dari adanya kebakaran, badai, kelembaban, dan berbagai kondisi lainnya.

7. Harga jual yang tinggi

Menggunakan batu sebagai bahan bangunan memiliki nilai jual yang lebih tinggi meskipun Anda dengan susah payah mengubah tumpukan batu menjadi tempat tinggal sekalipun. Jika suatu saat memutuskan untuk menjual bangunan ini, Anda masih bisa menjualnya dengan harga yang tinggi. Perlu diketahui rumah batu relatif langka sehingga kelangkaan ini menjadikan sesuatu yang sangat bernilai asalkan Anda membangunnya dengan baik dan benar.

Sumber: Motherearthnews.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Enam Kelompok Yang Mendapatkan Bantuan Pemerintah Terkait Pandemi, Termasuk Sektor Properti

RumahCom – Pemerintah mengeluarkan enam kelompok yang diberikan stimulus untuk antisipasi dampak pandemi Covid-19. Stimulus ini diharapkan bisa mengurangi penularan pandemi sekaligus meningkatkan pe

Lanjutkan membacaJuli 30, 2020

Fungsi Ganda Program Bedah Rumah: Perbaikan Kualitas Dan Serap Tenaga Kerja

RumahCom – Program bedah rumah untuk peningkatan kualitas hunian masyarakat bawah dibuat menjadi program padat karya tunai oleh Kementerian PUPR. Program ini berhasil menyerap tenaga kerja langsung

Lanjutkan membacaJuli 30, 2020

Bank Ini Mudahkan Nasabah Dengan KPR From Home The New Normal

RumahCom – Berbagai kalangan terus mencari cara untuk aktivitas bisnis yang lebih mudah saat new normal terkait pandemi Covid-19. Bank BTN misalnya, meluncurkan aplikasi online untuk memudahkan masy

Lanjutkan membacaJuli 30, 2020

4 Alasan Kenapa Anda Membutuhkan Robot Asisten Di Rumah Anda

RumahCom - Kehadiran robot mampu menggantikan peran manusia hingga di dalam rumah. Robot bisa menjadi alat pembersih, teman, bahkan sebagai sistem keamanan rumah.Membersihkan rumah menjadi kegiatan se

Lanjutkan membacaJuli 30, 2020

Tren Desain Rumah Bergerak Mengikuti Keinginan Milenial

RumahCom - Milenial menjadi daya tarik baru dalam tren desain rumah karena perspektifnya yang unik dan menginginkan orisinalitas dalam desain rumah.Sama halnya seperti produk fashion, desain rumah jug

Lanjutkan membacaJuli 30, 2020

Masukan