SMF Optimistis Salurkan KPR Bersubsidi Rp37 Triliun Tahun Ini

Boy LeonardJuli 31, 2020

SMF Optimistis Salurkan KPR Bersubsidi Rp37 Triliun Tahun Ini

RumahCom — PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) yakin institusinya mampu menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) bersubsidi sebesar Rp3,7 triliun sepanjang tahun ini.

Direktur Utama PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) Ananta Wiyogo mengungkapkan, pihaknya akan mendukung penyediaan likuiditas bagi pembiayaan kepemilikan rumah.

Untuk diketahui, SMF merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah Kementerian Keuangan yang memiliki tugas sebagai special mission vehicle (SMV) untuk membangun dan mengembangkan pasar pembiayaan sekunder.

Sebagai SMV, SMF aktif dalam merealisasikan program penurunan beban fiskal dan saat ini sedang memperkuat perannya.

“Program penurunan beban fiskal direalisasikan melalui pemberian dukungan kepada pemerintah dalam program KPR FLPP,” ujar Ananta, sebagaimana dikutip dari Bisnis.com, Kamis, 30 Juli 2020.

Ananta melanjutkan, SMF berperan dalam mengurangi beban fiskal pemerintah dengan membiayai porsi 25 persen pendanaan KPR FLPP. Dengan begitu, pemerintah hanya perlu menyediakan 75 persen dari total pendanaan FLPP saja, dari semula 90 persen.

KPR dengan skema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) sendiri ditargetkan mampu menyalurkan Rp3,7 triliun dari target penyaluran sebesar Rp11 triliun, pada tahun ini.

“Kami optimistis dapat mencapai target terserap habis untuk 102.000 rumah,” ucap Ananta.

Ia menambahkan, perseroan berupaya mendukung dari sisi pasokan sektor perumahan dengan mendukung penyaluran fasilitas pembiayaan kepada pengembang dalam bentuk kredit konstruksi.

Namun Ananta menegaskan, perusahaan tak dapat menyalurkan langsung pembiayaan kepada konsumen. Hal ini disebabkan status SMF yang merupakan pembiayaan sekunder sehingga harus melalui pihak perbankan.

“Jadi, nanti perluasan mandat kami boleh turut membiayai KPR konsumen pekerja nonformal. Namun, tetap dalam koridor di mana SMF itu pembiayaan sekunder, enggak bisa langsung ke konsumen tanpa melewati lembaga keuangan seperti perbankan,” kata Ananta.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah!

Sumber foto utama: Pexels.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

KPR Masih Jadi Pilihan Utama Konsumen Rumah

RumahCom – Fasilitas KPR (kredit pemilikan rumah) masih menjadi pilihan utama dalam melakukan transaksi pembelian properti. Demikian hasil Survei Harga Properti Residensial selama kuartal II-2014 ya

Lanjutkan membacaAgustus 15, 2014

Inilah Indikator Berhasilnya Penerapan LTV

RumahCom – penerapan regulasi loan to value (LTV) yang diterapkan Bank Indonesia sejak 2012 lalu dinilai berjalan sesuai harapan. Perkembangan KPR pun bergerak sesuai dengan arah kebijakan tersebut.

Lanjutkan membacaNovember 20, 2014

Sepanjang 2019, SMF Salurkan Pembiayaan Perumahan Mencapai Rp14,45 Triliun

RumahCom – SMF merupakan perusahaan special mission vehicle (SMV) yang dibentuk pemerintah untuk memperbesar penyaluran pembiayaan perumahan dengan mensekuritisasi aset KPR perbankan dan dipasarkan

Lanjutkan membacaMaret 23, 2020

Masukan