Rusunawa Jadi Solusi Hunian Untuk Mahasiswa Hingga MBR

Agustus 5, 2020

RumahCom – Salah satu program pemerintah untuk sektor perumahan yaitu pembangunan rumah susun sewa (Rusunawa) untuk berbagai kalangan yang dibangun Kementerian PUPR. Salah satunya yaitu Rusunawa untuk kalangan mahasiswa di Jawa Tengah.

Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali menyalurkan bantuan perumahan untuk kalangan mahasiswa di Jawa Tengah. Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan membangun sebanyak empat tower rumah susun sewa (Rusunawa).

Empat Rusunawa yang dibangun, yaitu Rusunawa Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip), Rusunawa Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes), Rusunawa Mahasiswa Universitas PGRI Semarang, dan Rusunawa Mahasiswa Univeristas Kristen Satya Wacana Salatiga (UKSW).

Menurut Kepala Satuan Kerja Non Vertikal (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Tengah Wahyu Adi Satriawan, Rusunawa yang dibangun untuk kalangan mahasiswa ini berupa bangunan lowrise setinggi tiga lantai. Setiap kamarnya berukuran 24m2 dan disediakan juga unit untuk penyandang disabilitas.

“Rusunawa yang dibangun Kementerian PUPR ini memang didesain untuk mendukung sarana hunian demi mendukung kualitas mahasiswa di kampusnya. Dengan adanya hunian yang baik seperti ini diharapkan para mahasiswa bisa meningkatkan kualitas belajar dan bisa lebih fokus untuk mencapai prestasi yang baik,” ujarnya.

Beli rumah terbatas? tak ada salahnya membeli rumah lelang. Simak video berikut untuk tau informasi selengkapnya.

Pembangunan Rusunawa ini dengan mengikuti standar protokol pencegahan Covid-19 yang cukup ketat. Hal ini salah satunya untuk memastikan progres maupun timetable pembangunannya bisa sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Penerapan protokol yang ketat dilakukan untuk menjamin tidak ada pekerja yang terdampak dan berimbas pada progres pembangunan proyek ini yang molor.

Program pembangunan Rusunawa dari Kementrian PUPR pada tahun 2020 ini ada sebanyak delapan tower untuk wilayah Jawa Tengah. Perinciannya, empat tower Rusunawa untuk mahasiswa, dua tower Rusunawa untuk santri pondok pesantren, dan dua tower Rusunawa untuk masyarakat berpenghasilann rendah (MBR).

Lokasi Rusunawa pondok pesantren di Pondok  Pesantren Baitul Izza Kabupaten Wonogiri dan Pondok Pesantren Darussaaddah Kabupaten Kebumen. Sementara Rusunawa MBR berlokasi di Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes. Untuk kontraktor pembangunan proyek Rusunawa dikerjakan oleh PT Wijaya Karya Pracetak Gedung.

“Untuk Rusunawa mahasiswa ini ditargetkan bisa selesai pada bulan Oktober 2020 ini. Saat ini progres pembangunannya telah mencapai hampir 22 persen denngan nilai anggaran lebih dari Rp12 miliar. Semoga pembangunan Rusunawa ini tidak ada kendala berarti sehingga bisa diserahterimakan tepat waktu  sesuai jadwal,” imbuh Wahyu.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Situasi Sulit, Pengembang Tetap Tunjukan Progres Proyeknya

RumahCom – Pengembang memegang komitmennya untuk terus melanjutkan tahapan pengerjaan proyek di tengah situasi yang sulit. Trans Property misalnya, berhasil melakukan topping off untuk proyek mixed

Lanjutkan membacaAgustus 4, 2020

Pemerintah Bangun Jalan Lintas Timur Sumatera Selatan Dengan Pola Seperti Ini

RumahCom – Kementerian PUPR terus menggenjot pembangunan jalan untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah. Salah satu skema yang diterapkan dengan kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU) sehingg

Lanjutkan membacaAgustus 4, 2020

REI Berharap Pemerintah Longgarkan Syarat Penghasilan Minimum

RumahCom — Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) berharap pemerintah melonggarkan syarat penghasilan maksimum bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk memiliki rumah bersubsidi. Pe

Lanjutkan membacaAgustus 4, 2020

Suku Bunga BI Turun, Tapi Bunga KPR Bank Masih Tinggi

RumahCom — Pemerintah memberi sejumlah stimulus pada sektor properti di tengah pandemi Covid-19. Stimulus tersebut tertuang dalam Perpres No. 82/2020 tentang Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan

Lanjutkan membacaAgustus 4, 2020

Century21 Indonesia Property Agent Fest (IPAF) 2020

Jakarta – Century21 kembali mengadakan Indonesia Property Agent Fest (IPAF) 2020 pada tanggal 4 Agustus 2020. Di mana tahun ini menjadi “The First Online Real Estate Agent Fest”.IPAF adalah acar

Lanjutkan membacaAgustus 5, 2020

Masukan