9 Inspirasi Desain Rumah untuk Anak dan Keluarga

Wahyu ArdiyantoAgustus 5, 2020

9 Inspirasi Desain Rumah untuk Anak dan Keluarga

RumahCom – Memiliki rumah impian tentu menjadi impian siapa saja. Namun, saat membangun rumah tentu ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan seperti bahan bangunan, desain, serta kenyamanan bagi anak.

Jika sudah berkeluarga dan sudah memiliki anak, pasti Anda bingung bagaimana memilih desain rumah dan furnitur apa yang cocok digunakan. Hal ini karena anak juga perlu menyesuaikan diri dengan desain rumah yang ada.

Tentu kenyamanan anak menjadi penting agar mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Lalu bagaimana desain rumah yang cocok bagi anak? Berikut ini adalah ulasannya.

1. Pajang hasil karya anak dengan bingkai

Pajang hasil karya anak dengan bingkai

Hasil karya anak yang dipajang akan membuat ruang keluarga menjadi lebih berwarna.(Foto: Housebeatiful.com)

Dengan memajang hasil karya anak dengan bingkai maka anak Anda akan bangga dengan usahanya. Anda bisa memasang bingkai modern untuk gambar anak, kemudian susun dalam dinding dengan pola menarik.

Pilihlah ruang keluarga untuk memasang hasil karya anak ini, hasil karya anak Anda yang dipajang tersebut akan membuat ruang keluarga menjadi lebih berwarna.

2. Tidak selalu menggunakan warna pink atau biru

Tidak selalu menggunakan warna pink atau biru

Warna hijau ini akan memancarkan energi yang menyenangkan namun tetap mengasyikan. (Foto: Housebeatiful.com)

Biasanya anak perempuan dominan dengan kamar berwarna pink, sedangkan anak laki-laki menggunakan warna biru. Namun bukan berarti perempuan harus pink dan laki-laki harus biru. Anda tetap bisa menerapkan warna lain untuk kamar Anda misalnya dengan warna hijau yang lucu-lucu. Warna hijau ini akan memancarkan energi yang menyenangkan namun tetap mengasyikan.

3. Memasang rak buku sebagai seni

Memasang rak buku sebagai seni

Pasang berbagai buku bersampul menarik yang membuat ruang tamu Anda terasa seperti galeri seni yang cocok untuk anak maupun keluarga. (Foto: Housebeatiful.com)

Tidak semua rak buku terletak di ruang baca, bahkan memasang rak buku di ruang tamu bisa menimbulkan kesan seni. Anda bisa memasang berbagai buku bersampul menarik yang membuat ruang tamu Anda terasa seperti galeri seni yang cocok untuk anak maupun keluarga.

4. Memilih meja makan kayu

Memilih meja makan kayu

Sesuaikan ukuran meja tersebut dengan kebutuhan anak. (Foto: Housebeatiful.com)

Penggunaan meja makan kayu menjamin keamanan anak di dalam rumah. Menurut desainer Barrie Benson, kayu solid tidak memiliki tepian yang tajam dan berbahaya untuk anak-anak. Selain itu meja kayu juga memiliki desain yang unik serta bisa Anda buat sendiri. Sesuaikan ukuran meja tersebut dengan kebutuhan anak.

5. Menampilkan foto keluarga

Menampilkan foto keluarga

Keluarga juga menjadi lebih harmonis dengan keberadaan foto-foto yang dipajang. (Foto: Housebeatiful.com)

Anda bisa memasang foto keluarga di ruang keluarga, ruang bermain, atau ruang tamu. Biasa foto keluarga yang dipajang akan menarik perhatian tamu yang datang untuk melihat foto tersebut. Selain itu keluarga juga menjadi lebih harmonis dengan keberadaan foto-foto tersebut.

6. Memajang suatu objek yang ditemukan

Memajang suatu objek yang ditemukan

Memilih memajang objek yang ditemukan juga lebih terjangkau dibandingkan harus membeli objek pajangan yang mewah. (Foto: Housebeatiful.com)

Tahukah Anda bahwa pajangan tidak selalu dari barang yang unik dan mahal. Pasalnya, batuan seperti geodes ini juga bisa mempercantik rumah Anda. Batuan ini juga menjadikan rumah Anda seolah desain anak-anak. Memilih memajang objek yang ditemukan juga lebih terjangkau dibandingkan harus membeli objek pajangan yang mewah.

7. Memilih wallpaper dengan bijak

Memilih wallpaper dengan bijak

Anda bisa menambahkan wallpaper pada bagian dinding langit-langit untuk memberikan kesan nyaman di ruang tersebut. (Foto: Housebeatiful.com)

Selanjutnya adalah pilihlah wallpaper dengan bijak. Itu artinya wallpaper tidak selalu dengan tampilan mewah melainkan yang nyaman dan menyenangkan sehingga juga cocok untuk anak maupun keluarga. Anda bisa menambahkan wallpaper pada bagian dinding langit-langit untuk memberikan kesan nyaman di ruang tersebut.

8. Membiarkan anak berkreasi

Membiarkan anak berkreasi

Berikan kebebasan pada anak Anda untuk memilih aksen mereka sendiri sehingga mereka mampu menunjukkan kreativitasnya sendiri. (Foto: Housebeatiful.com)

Ketika Anda mendekorasi kamar anak baik kamar tidur maupun kamar bermain, Anda tidak perlu mengubah desainnya berulang-ulang. Pasalnya, Anda bisa memberikan aksen yang lebih kecil yang lebih mudah diganti. Dengan begitu Anda juga memberikan kebebasan pada anak Anda untuk memilih aksen mereka sendiri sehingga mereka mampu menunjukkan kreativitasnya sendiri.

9. Membuat tempat untuk bermain

Membuat tempat untuk bermain

Anda bisa memberikan karpet yang empuk agar anak terhindar dari cedera dan lain sebagainya. (Foto: Housebeatiful.com)

Tempat bermain untuk anak tidak selalu diisi dengan permainan anak-anak. Anda bisa merancang tempat bermain untuk anak dengan tepat sekaligus memberikan edukasi seperti ruang baca yang nyaman, dinding panjat, tempat persembunyian di bawah tangga, dan membuat hal unik lainnya. Anda bisa memberikan karpet yang empuk agar anak terhindar dari cedera dan lain sebagainya.

Sumber: Housebeatiful.com

Mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

 

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Andalan Pemerintah Untuk Ekonomi Nasional Tumbuh Positif Itu Dari Sektor Properti

RumahCom – Indonesia masih berpeluang untuk mencatatkan pertumbuhan ekonomi positif di tengah pertumbuhan ekonomi global yang negatif akibat pandemi Covid-19. Properti bisa menjadi salah satu pendor

Lanjutkan membacaAgustus 5, 2020

Ini Alasan Mengapa Harus Memiliki Karpet Di Rumah

RumahCom - Karpet merupakan salah satu furnitur yang sering dijumpai di setiap hunian. Penggunaan karpet menjadi salah satu aksesoris interior rumah yang berfungsi menutupi lantai, mempercantik tampil

Lanjutkan membacaAgustus 5, 2020

Ini 4 Hal yang Dilakukan oleh Milenial Saat Membeli Rumah

RumahCom - Generasi milenial adalah salah satu generasi yang gemar menciptakan tren. Termasuk pada bidang properti, mereka mampu membuat pasar menyesuaikan dengan kebutuhan mereka. Hal ini yang membua

Lanjutkan membacaAgustus 5, 2020

Masukan