Lembaga Penyalur KPR Subsidi Mendapatkan Nilai AA

Agustus 6, 2020

RumahCom – PPDPP Kementerian PUPR sebagai lembaga penyalur KPR subsidi FLPP terus mengembangkan sistem layanan berbasis teknologi untuk kemudahan masyarakat, pengembang, hingga perbankan dipermudah terkait penyaluran FLPP. Atas kinerjannya ini, PPDPP mendapatkan penilaian baik.

Sejak tahun 2018, Kementerian Keuangan akan meminta laporan untuk kinerja Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) setiap tahunnya. PPDPP merupakan lembaga BLU yang menyalurkan KPR bersubsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) kepada perbankan.

Aspek penilaian yang dilakukan meliputi kinerja aspek layanan yang mencakup penilaian kinerja aspek layanan, pertumbuhan produktivitas layanan, efisiensi layanan, mutu dan pelayanan bagi masyarakat, dan pengembangan organisasi dan pengelolaan SDM.

Selain itu dinilai juga kinerja aspek kuangan yang mencakup rasio kas, rasio lancar, periode penagihan piutang, perputaran aset, imbalan atas aset, imbalan atas ekuitas dan rasio terhadap biaya operasi, kepatuhan pengelolaan keuangan, sistem akutansi, dan sebagainya.

Sementara itu metode yang digunakan oleh Kementerian PUPR untuk melakukan penilaian ini dengan pengumpulan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui pemantauan lapangan di empat kota yaitu Samarinda, Palembang, Padang, dan Mataram.

Selain itu Biro Keuangan juga melakukan kuisioner untuk tiga kelompok sebanyak 124 responden dari kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), delapan bank, dan delapan pengembang. Untuk data sekunder diperoleh melalui pengumpulan semua data terkait kinerja PPDPP.

Menurut Kepala Biro Keuangan Sekjen Kementerian PUPR Budi Setiawan, hasil kinerja layanan PPDPP untuk tahun 2020 ini sebesar 90,74 atau kategori AA (baik). Penilaian ini juga meningkat dibandingkan tahun 2019 sebesar 87,45 yang masih dalam kategori AA dan tahun 2018 sebesar 73,90 atau kategori A.

“Kami sangat menghargai capaian PPDPP dalam upayanya untuk terus meningkatkan layanan kepada masyarakat, perbankan, dan pengembang salah satunya dengan terus mengembangkan teknologi seperti aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep) maupun Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang). Penilaian kinerja PPDPP juga terus meningkat dari tahun ke tahun,” katanya.

Tidak sulit mempunyai rumah, ada banyak cara salah satunya KPR. Simak video berikut ini untuk informasi lengkapnya.

PPDPP sebagai lembaga yang dikelola berdasarkan BLU hingga saat ini perjalanannya telah mencapai 10 tahun dan semakin gencar dalam upayanya meningkatkan layanan melalui pengembangan teknologi. Direktur PPDPP Arief Sabaruddin mengatakan, apa yang dilakukan PPDPP saat ini  dan ke depan adalah untuk membangun layanan pembiayaan perumahan yang lebih baik.

“Ke depan Kementerian PUPR akan memiliki big data yang tersaji di SiKasep maupun SiKumbang. Data baik dari sisi permintaan akan perumahan maupun dari sisi penyediaan perumahan hingga kuota dan pemantauan kualitas rumah subsidi bisa dilihat di sistem ini,” jelasnya.

Sejak diluncurkan akhir tahun lalu, SiKasep terus memperlihatkan perkembangan data perumahan yang signifikan. Beradaskan dashboard management control PPPDPP per 4 Agustus 2020, tercatat aplikasi ini telah diakses oleh 204.498 calon debitur perumahan subsidi.

Sebanyak 84.152 calon debitur sudah dinyatakan lolos subsidi checking, 12.704 calon debitur sudah dalam proses verifikasi dengan bank pelaksana, 769 calon debitur sudah dalam pengajuran dana FLPP, dan 78.023 sudah menerima danna FLPP. Rata-rata pengguna SiKasep mencapai 31.195 user per bulannya.

“Untuk terus meningkatkan layanan kepada masyarakat, kami juga melakukan survei kepuasan. Dari 27.680 hit per Selasa kemarin, sebanyak 16.601 hit atau 58,02 persen menyatakan sangat baik aplikasi SiKasep ini, 9.686 hit menyatakan baik atau sebesar 34,99 persen. Tentu kami tidak akan berdiam diri dan masih akan terus meningkatkan berbagai kemudahan supaya layanan maupun kemudahan ini bisa dirasakan oleh masyarakat secara luas,” beber Arief.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

4 Alasan Mengapa Setiap Rumah Harus Menggunakan Panel Surya

RumahCom - Panel surya merupakan sumber energi yang ramah lingkungan, murah, serta aman bagi para penggunanya.Banyak orang yang seringkali bertanya mengapa energi matahari sangat bagus, apa saja yang

Lanjutkan membacaAgustus 6, 2020

Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Desain Rumah Modern

RumahCom - Rumah dengan desain modern memiliki keunikan dan keunggulan dari desain rumah lainnya. Salah satunya rumah ini dianggap lebih ramah lingkungan dan hemat energi.Siapa yang tidak menginginkan

Lanjutkan membacaAgustus 6, 2020

5 Keuntungan dari Desain Modern

RumahCom - Desain modern banyak disukai karena lebih fleksibel, ruangannya terasa lebih luas, hingga membuat rumah menjadi terasa lebih personal.Desain ini pertama kali muncul pada awal abad ke-20. Fr

Lanjutkan membacaAgustus 6, 2020

9 Inspirasi Desain Rumah untuk Anak dan Keluarga

RumahCom - Memiliki rumah impian tentu menjadi impian siapa saja. Namun, saat membangun rumah tentu ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan seperti bahan bangunan, desain, serta kenyamanan bagi a

Lanjutkan membacaAgustus 5, 2020

Properti Hanya 2,7 Persen Terhadap PDB, Bagaimana Kalau 2-3 Kali Lipatnya?

RumahCom – Sumbangan sektor properti terhadap PDB nasional hanya 2,7 persen. Tapi dengan porsi yang sangat kecil itu saja sektor properti bisa seperti saat ini dengan cakupan bisnis hingga menyerap

Lanjutkan membacaAgustus 5, 2020

Masukan