Ratusan Rumah Di Kabupaten Mempawah Dapat Program Bantuan Bedah Rumah

Agustus 7, 2020

RumahCom – Program bedah rumah untuk meningkatkan kualitas hunian menjadi lebih layak huni yang dilakukan Kementerian PUPR terus merambah ke berbagai daerah. Kali ini beberapa kecamatan di Kabupaten Mempawah menerima program bantuan ini.

Ratusan rumah di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, mendapatkan bantuan perbaikan rumah melalui program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) atau bedah rumah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Program ini telah terbukti efektif mengurangi jumlah rumah tidak layak huni (RTLH) sekaligus menggerakan perekonomian lokal.

Menurut Kapala  Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan I Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Andy Suganda, tahun 2020 ini Kementerian PUPR menyalurkan bantuan perbaikan rumah sebanyak 146 unit di Kabupaten Mempawah.

“Telah dilakukan pembongkaran untuk rumah tidak layak huni milik masyarakat untuk ditingkatkan kualitasnya melalui program ini. Program ini merupakan program bantuan pertama yang diluncurkan di Kabupaten ini dengan dipimpin langsung oleh Bupati Kabupaten Mempawah,” ujarnya.

Pihak BP2P Kalimantan I juga melakukan penyerahan buku tabungan Program BSPS kepada para calon penerima bantuan Program BSPS. Kementerian PUPR telah menggandeng berbagai pihak untuk kelancaran program bantuan ini salah satunya dengan pihak perbankan dan toko material bahan bangunan lokal. Bantuan yang didistribusikan bukan berupa uang tapi langsung material bahan bangunan untuk perbaikan kualitas hunian.

Adapun lokasi sebaran penerima bantuan mencakup di dua kecamatan yaitu Kecamatan Sungai Kunyit sebanyak 54 unit dan Kecamatan Mempawah Hilir sebanyak 92 unit. Tahun 2019, program ini juga telah dilakukan dengan memperbaiki rumah tidak layak huni mencapai 319 unit rumah.

Optimis pasti punya rumah, pertama dengan kumpulkan niat beli rumah. Bagaimana caranya yah? Simak videonya berikut ini.

Sementara itu di Kabupaten Mentawah sendiri hingga tahun 2020 ini masih terdapat sekitar 6.619 unit rumah yang tidak layak huni dan butuh ditingkatkan kualitasnya. Program bedah rumah yang dilaksanakan di dua kecamatan ini sekaligus sebagai percontohan dan pilot project untuk program selanjutnya.

Bupati Kabupaten Mempawah Herlina berharap, Kementerian PUPR bisa terus memberikan dan memperbanyak program bedah rumah ini karena masih banyak masyarakat di wilayahnya yang taraf huniannya di bawah standar rata-rata layak.

“Program bedah rumah ini sangat efektif untuk meningkatkan kualitas hunian khususnya yang berlokasi di daerah pesisir. Lokasi  ini juga merupakan kawasan starategis nasional dan terdapat Pelabuhan Internasional Temajo sehingga program yang dilaksanakan di sini sangat baik untuk penataan seluruh kawasan,” imbuhnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Lembaga Penyalur KPR Subsidi Mendapatkan Nilai AA

RumahCom – PPDPP Kementerian PUPR sebagai lembaga penyalur KPR subsidi FLPP terus mengembangkan sistem layanan berbasis teknologi untuk kemudahan masyarakat, pengembang, hingga perbankan dipermudah

Lanjutkan membacaAgustus 6, 2020

Desain, Fasilitas Hingga Cara Bayar Rumah Baru Ini Dirancang Khusus Untuk Milenial

RumahCom – Kalangan pengembang semakin fokus merancang produknya untuk menyasar segmen tertentu khususnya kalangan milenial yang pasarnya sangat besar. Pengembang SML misalnya, menghadirkan produk b

Lanjutkan membacaAgustus 6, 2020

Perbankan Klaim Bunga KPR Saat Ini Tergolong Rendah

RumahCom — Bank Indonesia (BI) menurunkan kembali suku bunga acuan 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin menjadi 4 persen, pada pertengahan Juli 2020.Penurunan tersebut tentu menjadi angin s

Lanjutkan membacaAgustus 6, 2020

Situasi Sulit, Kinerja Pengembang Hanya Bisa Tumbuh Satu Persenan

RumahCom – Situasi bisnis properti yang sulit sejak beberapa tahun terakhir membuat kinerja perusahaan pengembang yang telah go public sulit mencatatkan pertumbuhan. Pengembang Metland misalnya, han

Lanjutkan membacaAgustus 7, 2020

Masukan