Persiapan Generasi Milenial Saat Membeli Rumah

Agustus 9, 2020

RumahCom – Sebagai pembeli rumah pertama, milenial harus mempersiapkan banyak hal sebelum benar-benar membeli rumah. Perhatikan persiapan aja yang penting dilakukan saat akan membeli rumah pertama kali.

Pada tahun 2020 milenial diprediksi akan menjadi pembeli rumah terbanyak. Hal ini tidak lepas dari kemampuan finansial mereka yang sudah cukup baik dari pekerjaan atau bisnis. Di Amerika Serikat sendiri, potensi milenial dalam membeli rumah semakin tinggi. Total pembelian rumah oleh milenial mencapai 50%. Nilai ini cukup jauh jika dibandingkan generasi X dan baby boomer yang masing-masing jumlah pembeliannya adalah 32% dan 17%.

Potensi besar ini tidak lepas dari jumlah milenial yang sangat banyak. Belum lagi perkembangan karir mereka yang bagus, karena rata-rata mereka sudah memasuki pekerjaan pertama maupun kedua mereka. Secara finansial tentu mereka sanggup untuk memenuhi kebutuhan rumah.

Tingginya potensi ini diiringi dengan perkembangan pasar properti yang lebih dekat dengan milenial. Banyak hunian yang menawarkan fasilitas-fasilitas yang banyak dibutuhkan oleh mereka, Mulai dari akses yang mudah, lingkungan yang sehat, harga yang kompetitif, mendukung mobilitas, dan banyak lagi lainnya. Hal ini tentu menjadi momen terbaik bagi milenial untuk segera membeli rumah.

Walau begitu menyukai lingkungan pusat kota yang penuh dengan mall dan cafe, milenial mulai terbuka dengan potensi lain, misalnya tinggal di pinggiran kota demi harga rumah yang murah. Pergeseran prioritas ini dipengaruhi beberapa hal, misalnya menghemat uang, sudah berkeluarga, ingin lingkungan yang bersih, menjauhi keramaian, meredakan stres, dan beberapa lagi lainnya.

Namun memilih rumah di pinggiran kota bukanlah sebuah kerugian. Beberapa daerah dan kota kecil saat ini sudah mulai berkembang. Ada banyak perumahan-perumahan yang dibangun oleh pengembang demi memenuhi kebutuhan rumah milenial. Kondisi ini tentu membuat mereka memiliki banyak pilihan potensial dan alternatif lain saat membeli rumah.

Lalu bagaimana persiapan yang harus milenial perbuat saat akan membeli rumah? Rata-rata milenial saat ini menjadi pembeli rumah pertama. Setelah tinggal bersama orang tua, mereka harus segera membeli rumah untuk ditinggali. Menjadi pembeli rumah pertama memang cukup sulit dan perlu persiapan.

Beli rumah dengan cicilan KPR Ringan, bisa dan mudah kok. Simak video berikut ini untuk tau triknya!

Selain itu pada pasar properti, persaingan tidak hanya terjadi di tingkat penjual saja. Namun sesama pembeli terdapat persaingan-persaingan dalam mendapatkan sebuah rumah. Persaingan tersebut bisa terjadi apabila permintaan akan rumah tinggi namun persediaan belum mampu memenuhinya.

Oleh karena itu sebagai pembeli rumah pertama milenial bisa menerapkan beberapa hal berikut ini:

1. Mengetahui mortgage dalam dunia properti

Mortgage atau hipotek merupakan sebuah instrumen utang dengan skema memberikan hak tanggungan properti dari peminjam ke pemberi pinjaman sebagai kewajiban pembayaran utang. Instrumen ini biasanya dilakukan jika ingin membeli properti namun belum memiliki uang yang cukup.

Sebagai pembeli rumah pertama Anda harus memahami betul skema ini. Kemudian coba bandingkan dengan beberapa rumah lain yang dijual. Mulai dari proses pembayaran, bunga, hingga setoran bulanan. Dengan memahami skema ini Anda akan menemukan jenis rumah yang cocok pada aspek pembayaran.

2. Riset harga rumah

Dengan mengandalkan koneksi internet, Anda bisa mengetahui bagaimana kondisi pasar properti saat ini. Anda bisa membandingkan harga rumah, lokasi, fasilitas, dan berbagai penawaran lain dari satu dengan yang lainnya. Semakin banyak riset yang Anda lakukan maka semakin banyak pula pilihan yang didapat.

3. Tetap sabar

Mencari rumah tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Mulai dari kenyamanan, keamanan. lingkungan, kondisi sosial, hingga harga rumah. Oleh karena itu tetaplah bersabar dalam mencari rumah. Langkah yang bisa Anda lakukan adalah membuat indikator rumah yang paling cocok berdasarkan kebutuhan.

Sumber: CNBC.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

10 Trik Bikin Dapur Jadi Tampak Mewah

RumahCom - Bagi setiap rumah, dapur tentu memiliki peranan yang sangat penting. Biasanya digunakan untuk memasak makanan, makan bersama saat sarapan, makan siang, hingga makan malam. Tak jarang dapur

Lanjutkan membacaAgustus 7, 2020

Inilah Rumah Terbesar Di Dunia dengan Desain yang Unik

RumahCom - Jika biasanya rumah yang dihuni memiliki jumlah lantai sekitar 2-4 lantai, namun rumah raksasa di India ini memiliki hingga 27 lantai. Hal ini membuat rumah tersebut dianggap sebagai rumah

Lanjutkan membacaAgustus 7, 2020

Persiapkan Hal-Hal Berikut Ini Sebelum Merenovasi Rumah

RumahCom - Melakukan renovasi biasanya berdasarkan beberapa tujuan. Ada yang melakukannya agar rumah tetap aman dan nyaman. Atau hanya sekedar melakukan penyegaran agar rumah terkesan baru dan tampil

Lanjutkan membacaAgustus 7, 2020

Ratusan Rumah Di Kabupaten Mempawah Dapat Program Bantuan Bedah Rumah

RumahCom – Program bedah rumah untuk meningkatkan kualitas hunian menjadi lebih layak huni yang dilakukan Kementerian PUPR terus merambah ke berbagai daerah. Kali ini beberapa kecamatan di Kabupaten

Lanjutkan membacaAgustus 7, 2020

Masukan