Kementerian PUPR-Pemprov Jatim Inisiasi Tol Interchange Sidoarjo, Ini Manfaatnya

Agustus 11, 2020

RumahCom – Pembangunan infrastruktur jalan tol terus ditingkatkan untuk memudahkan konektivitas dan efisiensi waktu tempuh antar wilayah. Kementerian PUPR dan Pemprov Jawa Timur menginisiasi pembangunan tol interchange yang menuju Pasar Induk Puspo Agro dan akan tersambung dengan tol Trans Jawa.

Pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia merupakan program kerja utama dari pemerintahan Joko Widodo. Di wilayah Jawa Timur (Jatim) misalnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima kunjungan kerja Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa untuk mensinergikan program pembangunan infrastruktur di Jatim khususnya untuk percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Beberapa hal yang dibahas antara lain rencana pembangunan akses jalan tol (interchange) yang menuju Pasar Induk Puspo Agro di Kabupaten Sidoarjo. Nantinya jalan tol ini bukan hanya menjadi penghubung antar kota tapi bisa disinergikan dengan kawasan-kawasan industri hingga akses ke destinasi pariwisata di Jatim.

“Keseluruhan jalan tol Trans Jawa akan memperlancar jalur logistik sehingga vendor di Sidoarjo tidak perlu membangun pabrik di Karawang supaya dekat dengan pasar utamanya. Pengusaha mangga dari Pasuruan maupun Probolinggo juga bisa memastikan mangga yang dipetik bisa langsung dibawa ke Jakarta dalam keadaan segar karena tol ini akan memangkas waktu tempuh dan investor bisa membuat perhitungan business plan lebih matang,” ujar Basuki.

Pembangunan akses jalan tol menuju Pasar Induk Puspo Agro ini merupakan prakarsa Pemprov Jatim untuk mengoptimalkan distribusi barang dan jasa menuju kawasan ekonomi di Kabupaten Sidoarjo yang merupakan daerah penyangga Surabaya. Akses ini sekaligus juga untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di ruas Jalan Sawunggaling Sidoarjo.

Basuki menyebut akan mendukung terlaksananya pembangunan akses Pasar Induk Puspo Agro dan akan melakukan evaluasi yang menjadi bagian dari perubahan ruang lingkup investasi jalan tol. Akan dicari juga berbagai alternatif pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur ini supaya tidak membebani APBN.

Jangan tergiur promosi rumah yang menarik hati, pahami properti ketika membaca brosurnya. Selengkapnya simak video berikut ini.

Beberapa alternatif pembangunan jalan tol menuju Pasar Induk Puspo Agro ini antara lain dari jalan tol Surabaya-Gempol Km 747+280, tepatnya di dekat Perumahan Taman Aloha, Sidoarjo. Jarak menuju Pasar Induk Puspo Agro sekitar 5,93 km. Alernatif kedua lokasinya tidak jauh dari alternatif pertama yaitu akses tol Surabaya-Gempol di Km 747+900 berjarak 5,96 km.

Alternatif ketiga di tol  Surabaya-Gempol Km 750+100 di dekat Perumahan Masangan Wetan, Sidoarjo, dengan jarak sekitar 7,69 km. Alternatif keempat di jalan tol Surabaya-Gempol Km 754+100 tepatnya di Desa Wonokoyo, Kabupaten Sidoarjo, dengan jarak sekitar 9,61 km.

“Jalan tol Surabaya-Gempol sendiri merupakan jalan bebas hambatan pertama yang dibangun di wilayah Jatim dann telah beroperasi sejak tahun 1986. Ruas tol ini membentang dari Surabaya hingga Gempol sepanjang 43 km dan telah terhubung dengan ruas tol lainnya yang dibangun Kementerian PUPR periode 2015-2019 diantaranya jalan tol Gempol Pasuruan (35 km), Pandaan-Malang (38,4 km), dan Pasuruan-Probolinggo (31 km),” beber Basuki.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tol Gilimanuk-Mengwi Akan Tingkatkan Konektivitas Jawa-Bali

RumahCom – Pemerintah akan membangun jalan tol Gilimanuk-Mengwi dengan anggaran Rp14 triliun. Jalan tol ini akan dikerjakan oleh pihak swasta murni sehingga tidak membebani APBN dan keberadaannya me

Lanjutkan membacaAgustus 10, 2020

Pengembang Sebut Ekonomi Negatif Tak Mengurangi Potensi Sektor Properti

RumahCom – Pelemahan bisnis properti hingga terpukulnya sektor ini karena pandemi Covid-19 tidak perlu membuat pesimistis. Masih banyak hal yang membuat sektor ini tetap potensial sehingga kita teta

Lanjutkan membacaAgustus 10, 2020

Tetap Optimistis, Perumahan Di Bali Ini Luncurkan Klaster Baru

RumahCom – Kalangan pengembang tetap optimistis dengan bisnis properti yang terpukul karena pandemi Covid-19. Salah satunya Waskita Realty, anak usaha BUMN PT Waskita Karya (Persero) Tbk ini meluncu

Lanjutkan membacaAgustus 10, 2020

Segini Harga Sewa Kantor di TB Simatupang

RumahCom – Lembaga riset Colliers International Indonesia merilis, kantor di kawasan non central business distric (CBD) naik tipis menjadi Rp96.407 per meter persegi pada kuartal l/2020.Fakta terseb

Lanjutkan membacaAgustus 10, 2020

Hutama Karya Optimalkan PMN Rp11 Miliar Untuk Proyek Ini

RumahCom - PT Hutama Karya (Persero) berencana mengoptimalkan penggunaan Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun 2020 senilai Rp11 triliun untuk proyek pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan To

Lanjutkan membacaAgustus 10, 2020

Masukan