Begini Kelebihan dan Kekurangan Lantai Rumah Berbahan Kayu

Wahyu ArdiyantoAgustus 12, 2020

Begini Kelebihan dan Kekurangan Lantai Rumah Berbahan Kayu

RumahCom – Lantai menjadi salah satu bagian yang paling penting ketika membangun rumah. Sebagian besar orang menggunakan material keramik sebagai lantainya. Namun jika Anda sedang atau ingin mengganti lantai, maka ada pilihan lain, yakni lantai kayu.

Lantai kayu mungkin menjadi pilihan yang cukup asing, terutama bagi masyarakat modern. Penggunaan lantai kayu terutama di Indonesia, banyak digunakan pada rumah adat atau rumah non permanen.

Penggunaan kayu pada lantai rumah modern masih bisa dilakukan. Tetapi, Anda juga harus melihat dari sisi kelebihan dan kekurangan lantai kayu untuk rumah.

Kelebihan

Lantai kayu dikenal lebih ramah lingkungan karena menggunakan bahan dari alam. Lalu bagaimana kelebihan lantai kayu untuk sebuah rumah?

1. Membantu ruangan memiliki udara yang sehat

Rumah yang menggunakan karpet atau tikar sebagai alasnya diyakini menjadi sarang bagi debu dan kuman. Ditambah alas tersebut dibersihkan cukup jarang, sehingga debu dan kuman semakin menumpuk. Menggunakan lantai kayu bisa mengatasi hal tersebut karena debu dan kuman bisa dibersihkan dengan mudah.

2. Mempercantik ruangan

Kayu memberi kesan yang elegan dan mewah. Begitu juga saat dimanfaatkan sebagai lantai, rumah Anda akan memiliki kesan yang lebih elegan. Warna coklat yang hangat dari kayu tentu memberi kesan yang lebih nyaman pada rumah.

3. Perawatan yang mudah

Tidak sulit dalam merawat lantai kayu. Karakteristiknya yang kuat dan keras membuat lantai tersebut mudah dibersihkan. Penggunaan pembersih lantai juga masih bisa digunakan seperti biasa.

4. Meningkatkan value rumah

Nilai estetika dan keindahan yang tinggi membuat lantai kayu mampu meningkatkan value dari rumah Anda. Siapa saja yang berkunjung tentu akan kagum dengan kehadiran lantai tersebut.

5. Ada banyak variasi

Kayu yang digunakan pada lantai tersedia dalam banyak variasi. Mulai dari mahoni, oak, pinus, dan banyak lagi lainnya. Pilihan kayu tersebut tentu berpengaruh pada nilai estetika yang berbeda. Walau secara fungsi dan ketahanan hampirnya semuanya sama.

6. Bisa diganti dengan mudah

Lantai kayu sangat mudah untuk diganti. Jika ada bagian dari lantai kayu yang rusak, Anda bisa menggantinya dengan bahan lain. Kemudahan ini tentu sulit didapatkan dari jenis lantai lainnya.

Kekurangan

Penggunaan lantai kayu ternyata memiliki beberapa kekurangan yang harus diperhatikan sebelum Anda memilihnya.

1. Bahan serta instalasi yang mahal

Kayu saat ini memiliki harga yang cukup mahal. Terutama pada kayu yang memang digunakan untuk kepentingan properti termasuk lantai rumah. Hal ini karena menghasilkan lantai kayu yang baik membutuhkan keterampilan tinggi. Selain materialnya yang mahal, pemasangan lantai kayu juga cukup mahal karena cukup sulit dan membutuhkan penyesuaian tambahan.

2. Mudah rusak oleh air

Karena bahannya yang berasal dari alam, kayu menjadi mudah rusak saat terkena air. Jika tidak segera mengeringkan air, maka lantai kayu akan mengalami pelapukan. Selain itu kayu juga mengalami perubahan warna dan bentuk.

3. Mudah tergores

Lantai memiliki permukaan yang mudah tergores. Jika tidak hati-hati saat menggeser meja atau kursi, maka Anda akan menemukan beberapa goresan pada lantai. Hal inilah yang menyebabkan lantai kayu membutuhkan perlindungan tambahan.

Sumber: Storm-pros.com

Mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ini Ciri-Ciri AC yang Ramah Lingkungan

RumahCom - Penggunaan AC dalam jangka waktu lama ternyata berperan pada kerusakan lingkungan serta pemanasan global.AC (Air Conditioner) banyak digunakan di rumah ketika udara sedang panas. Penggunaan

Lanjutkan membacaAgustus 11, 2020

Kendala-Kendala Dalam Program Sejuta Rumah, Terkait Upah?

RumahCom — Asosiasi pengembang menginginkan pemerintah melakukan relaksasi pada sejumlah aturan agar program sejuta rumah mendapatkan stimulus.Ketua Umum DPP Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia

Lanjutkan membacaAgustus 11, 2020

Penataan Stasiun Pondok Ranji Diharapkan Selesai Sebelum April 2021

RumahCom - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ingin agar penataan Stasiun Pondok Ranji, Tangerang Selatan, Banten, selesai sebelum April 2021. Ini bertujuan supaya warga di wilayah tersebu

Lanjutkan membacaAgustus 11, 2020

Masukan