Cara Tepat Memilih Benda Seni untuk di Rumah

Wahyu ArdiyantoAgustus 12, 2020

Cara Tepat Memilih Benda Seni untuk di Rumah

RumahCom – Menghias rumah tidak hanya dengan menambah perabotan, barang DIY (do it yourself), dan furnitur. Anda bisa mencoba cara yang berbeda yakni dengan memasang lukisan yang akan dipajang di rumah atau benda-benda seni lain.

Adanya benda seni di rumah tentu membuat setiap ruangan tampak lebih cantik dan memiliki nilai seni yang tinggi. Namun memilih barang kesenian tentu tidak semudah kelihatannya, Anda harus benar-benar memilih yang paling sesuai dengan setiap ruangan.

Hal ini disebabkan karena setiap rumah dan barang kesenian memiliki karakteristik masing-masing yang harus disesuaikan. Berikut ini adalah cara memilih karya seni yang tepat untuk setiap ruangan di dalam rumah.

1. Dapur

Dapur

Jangan meletakkan karya seni di dekat kompor atau alat masak lainnya karena bisa merusaknya. (Foto: Thespruce.com)

Dapur menjadi salah satu tempat yang mungkin cukup sulit untuk memajang karya seni. Hal ini disebabkan ada cukup banyak yang berada di dapur, terutama barang-barang yang diletakkan secara menggantung.

Namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa dilakukan, Anda masih bisa menempatkan benda seni secara tepat. Anda bisa menempatkan pada dinding atau ruang yang sedikit kosong. Jangan meletakkan karya seni di dekat kompor atau alat masak lainnya karena bisa merusaknya.

Cobalah untuk meletakkan di dekat kulkas, lemari, bahkan pintu. Anda bisa memilih benda seni berupa tulisan lucu atau memotivasi.

2. Kamar tidur

Kamar tidur

Lukisan yang ada di dalam kamar tidur tentu akan membuat siapa saja menjadi lebih tenang dan nyaman. (Foto: Thespruce.com)

Kamar tidur menjadi salah ruangan yang sering dipasangi lukisan. Ruangan ini akan tampak semakin indah dan estetik dengan kehadiran karya seni tersebut. Oleh karena itu Anda bisa memasang satu atau dua lukisan maupun foto di dalam kamar.

Kemudian Anda bisa meletakkannya pada dinding yang masih tersedia tempatnya. Anda bisa memilih lukisan dengan desain yang abstrak atau menggunakan warna-warna pastel yang menenangkan.

Anda juga bisa meletakkannya di atas tempat tidur atau yang mudah dijangkau oleh pandangan mata. Lukisan yang ada di dalam kamar tidur tentu akan membuat siapa saja menjadi lebih tenang dan nyaman.

3. Ruang kerja

Ruang kerja

Suasana positif dari karya seni tersebut tentu sangat penting untuk membangun mood kerja. (Foto: Thespruce.com)

Jika rumah Anda memilih sebuah ruang kerja, maka kehadiran lukisan bisa membantu pekerjaan. Mengapa demikian? Pada ruang kerja ada beberapa lukisan yang bisa menjadi inspirasi bahkan penyemangat. Misalnya lukisan dengan kata-kata motivasi tentu akan sangat membantu kala Anda sedang lelah bekerja.

Suasana positif dari karya seni tersebut tentu sangat penting untuk membangun mood kerja. Selain lukisan ada beberapa karya seni lain yang bisa Anda gunakan. Misalnya ukiran, foto, keramik, pajangan, dan banyak lagi lainnya. Pilihlah karya seni yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

4. Ruang tamu

Ruang tamu

Pilihlah karya seni yang paling disukai dan kira-kira bisa menggambarkan keluarga Anda juga. (Foto: Thespruce.com)

Ruang tamu menjadi ruangan yang seperti wajib ada sebuah karya seni. Ruangan ini menjadi gambaran keseluruhan isi rumah beserta orang-orang yang menempati. Ruang tamu yang terkesan personal dan menggambarkan pemilik rumahnya akan memberi kesan mendalam bagi tamu yang datang.

Oleh karena itu penting untuk menempatkan beberapa karya seni di ruang tamu rumah Anda. Beberapa orang mungkin memasang beberapa lukisan dengan gambar hewan seperti harimau, rusa, singa, kuda, burung, dan banyak lagi lainnya.

Sebagian juga memasang beberapa hasil kerajinan tangan berupa guci, piring, dan barang ukiran lainnya. Pilihlah karya seni yang paling disukai dan kira-kira bisa menggambarkan keluarga Anda juga.

Sumber: Thespruce.com

Mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

 

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ini Ciri-Ciri AC yang Ramah Lingkungan

RumahCom - Penggunaan AC dalam jangka waktu lama ternyata berperan pada kerusakan lingkungan serta pemanasan global.AC (Air Conditioner) banyak digunakan di rumah ketika udara sedang panas. Penggunaan

Lanjutkan membacaAgustus 11, 2020

Kendala-Kendala Dalam Program Sejuta Rumah, Terkait Upah?

RumahCom — Asosiasi pengembang menginginkan pemerintah melakukan relaksasi pada sejumlah aturan agar program sejuta rumah mendapatkan stimulus.Ketua Umum DPP Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia

Lanjutkan membacaAgustus 11, 2020

Penataan Stasiun Pondok Ranji Diharapkan Selesai Sebelum April 2021

RumahCom - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ingin agar penataan Stasiun Pondok Ranji, Tangerang Selatan, Banten, selesai sebelum April 2021. Ini bertujuan supaya warga di wilayah tersebu

Lanjutkan membacaAgustus 11, 2020

Masukan