Ini Yang Harus Dilakukan Pusat Ritel Saat Pandemi

Agustus 12, 2020

RumahCom – Sejak pelonggaran PSBB beberapa pusat perbelanjaan telah dibuka dengan menerapkan protokol Covid-19. Beberapa hal harus terus dilakukan khususnya oleh pihak pengelola supaya pengunjung mendapatkan pengalaman berbelanja baru dengan jaminan keamanan.

Pemerintah telah membuka kembali beberapa pusat perbelanjaan setelah pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk memutus penularan wabah Covid-19. Sejak awal Juli 2020, pembukaan kembali pusat peerbelanjaan dan fasilitas ritel seperti F&B ada banyak pemberlakuan normal baru (new normal).

Penerapan new normal untuk sarana ritel menjadi penting karena bila masih terdapat penularan maka fasilitas itu harus ditutup. Akhirnya, hal ini memunculkan berbagai hal terkait inovasi penerapan new normal untuk memastikan seluruh pengunjung maupun pekerja bisa tetap aman menjalankan aktivitasnya.

Perusahaan riset, manajemen, dan konsultan properti asal Amerika Colliers International Indonesia (CII) kembali mengeluarkan rekomendasinya terkait sektor ritel. Menurut Sander Halsema, Head of Retail Services CII, pihaknya terus melakukan antisipasi maupun mengidentifikasi berbagai harapan baru dari konsumen terkait langkah-langkah keamanan, kenyamanan, dan hal lainnya yang menuntut kegiatan contactless.

“Untuk jenis produk tertentu seperti barang elektronik, produk rumah tangga, bahan makanan, dan sejenisnya konsumen masih akan lebih memilih untuk membelinya secara online. Namun begitu untuk sarana ritel fisik secara keseluruhan tetap lebih disukai untuk berbelanja langsung dan hal inilah yang harus bisa diantisipasi oleh landlord maupun para peritel (tenant),” ujarnya.

Contactless akhirnya menuntut peningkatan penggunaan teknologi dan untuk kalangan peritel hal ini masih dilakukan dengan sangat terbatas. Ada beberapa keuntungan dengan menerapkan teknologi untuk sektor ritel, antara lain modernisasi peritel dan meningkatkan kenyamanan konsumen dengan layanan belanja dan pengiriman contactless.

Ingin punya rumah lewat KPR tapi sering ditolak? Simak informasinya di video berikut ini agar lolos KPR bank!

Teknologi juga bisa meningkatkan efsiensi operasional pusat perbelanjaan maupun para tenant, meningkatkan operasional pusat perbelanjaan secara umum, sekaligus mempermudah pengaturan jadwal pekerja. Hal lainnya lagi yaitu efisiensi dalam keseluruhan rantai pasokan yang bisa dilakukan dan kemungkinan lain yang tak terbatas yang akan terus berkembang di sektor ini.

Sander juga menyebut, dibutuhkan banyak strategi atau omnichannel yang harus diterapkan. Hal ini juga sebetulnya bukan barang baru karena sebelum ada pandemi Covid-19, pengembangan omnichannel sudah mulai dilakukan dan telah berjalan cukup baik. pandemi hanya mempercepat proses itu sehingga harus dilakukan lebih cepat terkait dengan tuntutan konsumen untuk pengalaman berbelanja yang lebih aman.

Para pengembang, dalam hal ini landlord atau pengelola pusat perbelanjaan tidak boleh berhenti berinovasi khususnya untuk menjamin keamanan kesehatan dengan penerapan teknologi. Beberapa hal yang harus terus dilakukan untuk stratgei jangka pendek antara lain, mengintensifkan protokol kesehatan, penyebaran informasi melalui media sosial untuk mengajak konsumen mengunjungi pusat perbelanjaan, hingga memenuhi permintaan para tenant untuk skema bagi hasil sehingga bisa mengurangi risiko terkait penurunan bisnis.

“Pusat perbelanjaan harus menjaga dan memantau protokol  kesehatan dan pembatasan pengunjung di toko ritel mereka. Selain itu para peritel harus terus memperbaharui produk, format, hingga konsep tokonya dan terutama terus mengembangkan dan memanfaatkan penggunaan teknologi ritelnya,” ungkapnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Penataan Stasiun Pondok Ranji Diharapkan Selesai Sebelum April 2021

RumahCom - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ingin agar penataan Stasiun Pondok Ranji, Tangerang Selatan, Banten, selesai sebelum April 2021. Ini bertujuan supaya warga di wilayah tersebu

Lanjutkan membacaAgustus 11, 2020

Begini Caranya Membuat Rumah Menjadi Lebih Nyaman

RumahCom - Bagi Anda yang setiap harinya disibukkan dengan urusan pekerjaan, mungking jarang sekali memiliki banyak waktu di rumah. Selain hari Sabtu, Minggu, atau hari libur, sebagian besar orang men

Lanjutkan membacaAgustus 12, 2020

Begini Kelebihan dan Kekurangan Lantai Rumah Berbahan Kayu

RumahCom - Lantai menjadi salah satu bagian yang paling penting ketika membangun rumah. Sebagian besar orang menggunakan material keramik sebagai lantainya. Namun jika Anda sedang atau ingin mengganti

Lanjutkan membacaAgustus 12, 2020

Cara Tepat Memilih Benda Seni untuk di Rumah

RumahCom - Menghias rumah tidak hanya dengan menambah perabotan, barang DIY (do it yourself), dan furnitur. Anda bisa mencoba cara yang berbeda yakni dengan memasang lukisan yang akan dipajang di ruma

Lanjutkan membacaAgustus 12, 2020

Bukan Hanya Legalitas, Ini Manfaat Lain Dari Tanah Yang Bersertifikat

RumahCom – Pensertifikatan tanah di seluruh wilayah Indonesia merupakan salah satu fokus utama Kementerian ATR/BPN. Tanah yang telah bersertifikat menjadi legal, menghilangkan konflik, hingga akses

Lanjutkan membacaAgustus 12, 2020

Masukan