Ini Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memasukkan Jendela Pada Desain Rumah

Boy LeonardAgustus 12, 2020

Desain Jendela

Rumah.com – Jendela menjadi salah satu bagian yang paling penting dalam sebuah rumah. Fungsi utamanya sebagai bagian dari sirkulasi udara agar rumah selalu mendapatkan udara segar. Sementara fungsi lainnya adalah untuk mempercantik rumah, pencahayaan, serta menjadi bagian untuk mengawasi rumah dari dalam.

Namun saat menentukan layout atau tata letak rumah, Anda harus menempatkan jendela pada posisi yang tepat. Tujuannya agar jendela bisa berfungsi dengan baik tanpa mengganggu bagian lain dari rumah. Oleh karena itu berikut hal yang harus Anda pertimbangkan saat memasukkan jendela pada desain rumah.

Biarkan cahaya alami masuk

Desain Jendela

(Foto: Freepik.com)

Penempatan jendela yang baik tentu bisa membiarkan cahaya masuk ke dalam rumah secara optimal. Ruangan yang terbuka dengan cahaya alami yang melimpah dapat membuat rumah terasa lebih nyaman. Selain itu cahaya alami dipercaya mampu meningkatkan kesehatan seseorang.

Selain itu dengan memanfaatkan cahaya matahari, Anda juga menjadi lebih hemat energi. Penggunaan listrik dari lampu atau alat penerang lainnya akan berkurang. Dengan demikian pengeluaran bulanan Anda juga tidak akan terlalu banyak. Jika Anda menyukai rumah dengan banyak cahaya alami, maka menempatkan beberapa jendela pada setiap ruang bisa Anda lakukan.

Berpengaruh pada suhu ruangan

Karena bukaan untuk memasukkan banyak cahaya, maka jendela berpengaruh pada suhu ruangan rumah. Semakin terbuka jendela maka semakin banyak cahaya yang masuk pada musim panas, sehingga suhu ruangan akan naik. Demikian juga pada saat musim dingin, maka akan banyak udara segar yang masuk ke dalam rumah.

Oleh karena itu Anda bisa mempertimbangkan seberapa besar ukuran jendela yang ingin dipasang. Suhu udara yang bisa Anda atur lewat jendela tentu baik sehingga pada saat musim dingin bisa mengurangi penggunaan AC.

Pemandangan

Desain Jendela

(Foto: Freepik.com)

Memasang jendela tentu dipengaruhi oleh pemandangan seperti apa yang ingin Anda dapatkan. Apakah pemandangan luas yang memanjakan mata, atau hanya sekedar melihat orang berlalu lalang saja. Pemandangan yang indah tentu membuat pikiran menjadi lebih segar, namun tentukan apa yang menjadi kebutuhan Anda.

Namun jika di sekitar rumah Anda tidak terlalu banyak pemandangan yang baik, maka sebaiknya pertimbangkan fungsi utamanya. Jendela yang baik tentu mampu menyalurkan udara yang segar serta sebagai bukaan untuk cahaya matahari.

Estetika bangunan

Desain Jendela

(Foto: Freepik.com)

Jendela tertanya berperan penting pada estetika rumah. Baik dari segi interior maupun eksterior jendela mampu memberi pengaruh yang besar. Oleh karena itu Anda harus menyesuaikan jenis dan ukuran jendela sesuai dengan estetika yang diinginkan. Tujuannya agar ada keseimbangan antara fungsi utama jendela serta keindahannya.

Dengan demikian Anda bisa mendapatkan manfaat dari jendela secara penuh. Mulai dari kesehatan hingga keindahan. Konsultasikan hal ini pada arsitek yang Anda sewa jasanya saat membuat layout rumah agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Sesuaikan jendela dengan setiap ruangan

Fungsi jendela pada setiap ruangan tentu berbeda-beda. Oleh karena itu Anda harus memastikan jendela yang akan dipasang memiliki fungsi yang sesuai dengan setiap ruangan. Contohnya saja dapur yang menjadi ruangan paling sibuk di rumah. Maka Anda bisa menggunakan jendela yang mendukung sirkulasi udara yang baik serta pencahayaan yang cukup.

Foto utama: Freepik.com

Sumber: Altuswindows.co.nz

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Trik Bikin Ruang Keluarga Rumah Tipe 45 Terasa Lega 

RumahCom - Siapa bilang rumah dengan luas minimalis tak bisa senyaman rumah mewah? Kubur anggapan itu dalam-dalam. Hunian yang nyaman bukan perkara besar atau kecil luasnya, tetapi soal menata interio

Lanjutkan membacaAgustus 11, 2017

Tips Menciptakan Ruang Sosial di Rumah

RumahCom - Anda tipe orang yang suka bercengkerama dengan banyak orang, atau pekerja freelance yang menggarap proyek bersama rekan-rekan di rumah? Jika iya, Anda harus punya ruang sosial di rumah.Seju

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2017

Inilah Manfaat Luar Biasa Memasang Aquarium Di Rumah

RumahCom - Akuarium cocok bagi Anda yang ingin memelihara hewan di rumah, karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan diri.Sejak bulan Maret 2020, dunia dilanda pandemi Covid-19. Hal ini menyebabkan

Lanjutkan membacaJuli 23, 2020

Masukan