4 Cara Mengurangi Penggunaan Energi Rumah Tangga

Boy LeonardAgustus 12, 2020

Energi Rumah Tangga

RumahCom – Rumah tangga diyakini menjadi salah satu pengguna energi yang besar, menghemat energi di rumah akan berdampak baik pada lingkungan.

Penggunaan energi yang tidak ramah lingkungan masih banyak beberapa tahun ini. Walau sudah banyak teknologi yang lebih ramah lingkungan, namun belum cukup banyak digunakan terutama pada rumah tangga. Padahal energi listrik sudah meningkat dari tahun ke tahun, namun belum ada pengganti yang sepadan dan lebih ramah lingkungan.

Namun sudah seharusnya semua orang sadar bahwa penggunaan energi yang tidak ramah lingkungan semakin lama akan semakin buruk. Di masa depan lingkungan yang tidak lagi bersahabat akan berdampak buruk pada kehidupan manusia. Oleh karena itu perlu untuk mengurangi penggunaan energi.

Rumah sendiri termasuk yang membutuhkan banyak energi, terlebih energi listrik. Ada banyak peralatan yang akan berfungsi dengan daya dari listrik. Hal ini yang menyebabkan orang-orang sulit untuk menghemat penggunaan energi. Padahal dengan menghemat energi ada banyak keuntungan yang didapat. Seperti berperan dalam menyelamatkan lingkungan serta menurunkan biaya bulanan.

Bagaimana caranya mengurangi penggunaan energi dalam rumah tangga? Berikut adalah caranya:

Peralatan

Energi Rumah Tangga

(Foto: Freepik.com)

Seperti dijelaskan sebelumnya, banyak peralatan yang membutuhkan energi listrik agar bisa berfungsi dengan baik. Namun kebiasaan buruknya adalah membiarkan peralatan tersebut tetap terhubung pada listrik padahal tidak sedang digunakan. Cobalah untuk membiasakan diri tidak membiarkan peralatan tersebut tetap terhubung listrik jika sedang tidak digunakan.

Sebenarnya sudah banyak muncul alat-alat yang lebih hemat energi. Anda bisa membeli peralatan tersebut, selain biaya listriknya lebih murah, Anda juga bisa mengurangi penggunaan energi.

Pendingin ruangan

Energi Rumah Tangga

(Foto: Freepik.com)

Jika di rumah menggunakan pendingin ruangan (AC), maka sudah pasti tagihan listrik Anda cukup tinggi. Terlebih AC kadang digunakan selama berjam-jam tanpa henti. Pemakaian AC selain boros listrik, menghasilkan gas yang dapat membentuk efek rumah kaca. Gas tersebut yang menjadikan kenaikan suhu bumi.

Oleh karena itu, Anda bisa mengatasinya dengan berbagai cara yang mudah. Menghemat penggunaan AC bisa dilakukan dengan memperbaiki sirkulasi udara. Memperbanyak ruang terbuka sehingga udara bisa masuk akan membuat ruangan dalam rumah menjadi lebih segar.

Air

Energi Rumah Tangga

(Foto: Freepik.com)

Penggunaan air pada rumah tangga sebenarnya cukup besar. Air yang digunakan secara berlebih tentu berpengaruh pada kerusakan lingkungan. Air tanah yang diambil terus menerus tentu tidak baik, demikian juga air dari pegunungan akan merusak lingkungan agar ada mata air baru.

Mengurangi penggunaan air memang cukup sulit, namun berarti tidak ada jalan lain. Memanfaatkan air tadah hujan bisa menjadi salah satu pilihan yang terbaik. Air tersebut bisa Anda tampung dan digunakan untuk berbagai keperluan. Pada saat musim hujan, Anda akan memiliki air yang sangat melimpah.

Penggunaan panel surya

Energi Rumah Tangga

(Foto: Freepik.com)

Panel surya merupakan investasi jangka panjang yang bisa Anda gunakan. Anda bisa mendapatkan energi hijau dari penggunaan alat ini. Selain itu Anda juga bisa melepas ketergantungan dari energi yang tidak terbarukan, hal ini juga yang menjadi salah satu upaya dalam menyelamatkan lingkungan.

Panel surya sangat cocok berada di iklim tropis seperti di Indonesia. Mendapatkan cahaya matahari yang berlimpah akan diubah menjadi energi listrik yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Foto utama: Freepik.com

Sumber: Choice.com.au

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

10 Cara Bikin Rumah Lebih Sejuk Meski Tanpa AC

RumahCom – Rumah yang memiliki sirkulasi udara baik tidak hanya membuat penghuninya nyaman dan betah di rumah, namun juga berpengaruh terhadap kesehatan. Dan untuk membuat rumah terasa sejuk, banyak

Lanjutkan membacaAgustus 22, 2017

Catat! Ini Peralatan di Rumah yang Boros Listrik

RumahCom – Usai bulan madu, usai sudah masa romantis. Biasanya begitu Anda mulai tinggal di rumah sendiri yang baru di beli bersama pasangan—bukan lagi di rumah orangtua—masa gajian adalah masa-

Lanjutkan membacaOktober 9, 2017

Cara Membuat Rumah Menjadi Lebih Hemat Energi

RumahCom - Rumah yang hemat energi tentu berperan besar dalam penyelamatan dan pelestarian lingkungan. Selain itu Anda juga menjadi lebih hemat anggaran.Rumah merupakan sistem yang tersusun dari berba

Lanjutkan membacaJuni 25, 2020

Masukan