Saatnya Milenial Tinggal Di Hunian Vertikal

Agustus 14, 2020

RumahCom – Pemerintah terus mendorong generasi muda milenial untuk tinggal di hunian vertikal seiring kian mahalnya harga tanah di kawasan perkotaan. Pemerintah juga mendorong perbankan untuk menyalurkan pembiayaan perumahan bagi kalangan anak muda ini.

Kian terbatas dan makin tingginya harga lahan terlebih di perkotaan membuat kita harus segera mengarah pada hunian vertikal. Pemanfataan ruang secara vertikal bisa memaksimalkan penggunaan lahan sehingga ruang terbuka maupun area resapan yang sangat penting masih bisa kita pertahankan.

Indonesia, khususnya kota-kota besar, telah sejak lama mewacanakan hunian vertikal untuk warganya. Namun edukasi hingga kuatnya budaya hunian di landed house kerap menyulitkan sosialisasi maupun edukasi pola berhunian vertikal perkotaan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali menggalakkan pola hunian vertikal tersebut. Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti, Kementerian PUPR terus mendorong pengembangan hunian vertikal di kawasan perkotaan khususnya untuk para kalangan milenial untuk pemenuhan hunian yang nyaman dan terjangakau.

“Lahan di kawasan perkotaan untuk lokasi perumahan semakin terbatas maka pengembangan hunian vertikal menjadi pilihan bagi generasi milenial kalau ingin tetap tinggal dan bekerja di wilayah perkotaan,” ujarnya dalam kegiatan Webinar Serial I Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2020 bertemakan ‘Inspirasi Rumah’ Keren yang diselenggarakan Kementerian PUPR, Bank BTN, dan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF).

Pengembangan hunian vertikal berupa apartemen maupun rumah susun (rusun), jelas Anita, akan mendorong penggunaan tanah yang lebih efektif dan jumlah unit yang disediakan bisa lebih banyak. Selain itu dengan tinggal di hunian vertikal kawasan perkotaaan, generasi milenial bisa lebih mudah menjangkau tempat kerjanya maupun pemenuhan kebutuhan hidupnya dengan lebih murah dan efisien.

Beli rumah dengan cicilan KPR Ringan, bisa dan mudah kok. Simak video berikut ini untuk tau triknya!

Karena itu yang juga didorong untuk tempat hunian perkotaan adalah kawasan transit oriented development (TOD) yang mengintegrasikan hunian dengan sarana transportasi publik. Pemerintah juga mendorong kalangan perbankan untuk mempermudah penyaluran pembiayaan perumahan untuk kalangan milenial perkotaan ini.

“Kalangan milenial, anak muda pekerja di perkotaan harus memikirkan kebutuhan huniannya sebagai kebutuhan pokok dan tentunya harus disesuaikan juga dengan kemampuannya. Harus mulai dipikirkan tempat tinggal di masa depannya dan milenial harus mengupayakan huniannya ini sebagai asetnya,” imbuhnya.

Direktur Bank BTN Hirwandi Gafar menambahkan, Bank BTN sangat siap untuk menyalurkan pembiayaan untuk segmen generasi milenial bisa mengakses hunian yang layak berupa rumah tapak maupun rumah susun. Hingga saat ini Bank BTN telah menyalurkan ratusan ribu pembiayaan perumahan di seluruh Indonesia.

“Kami sangat siap untuk menyalurkan KPR maupun KPA bagi generasi milenial yang mau tinggal di rumahnya sendiri. Bank BTN sangat berpengalaman dan memang fokus pada program pembiayaan dan telah menjadi mitra utama pemerintah untuk program perumahan seperti program sejuta rumah,” katanya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mengapa Kita Membutuhkan Pintu Otomatis untuk Rumah?

RumahCom - Kemajuan teknologi semakin memudahkan manusia dalam berbagai urusan, termasuk kehadiran pintu otomatis yang memudahkan aktivitas setiap orang di dalam rumah. Semakin berkembangnya teknologi

Lanjutkan membacaAgustus 13, 2020

Ini Alasan Sabun Ramah Lingkungan Baik Untuk Kesehatan dan Lingkungan

RumahCom - Sabun menjadi kebutuhan utama setiap orang, kini sudah ada sabun ramah lingkungan yang tetap memberi manfaat kesehatan bagi tubuh manusia tanpa harus merusak lingkungan. Sabun menjadi hal u

Lanjutkan membacaAgustus 13, 2020

Ini Dia 5  Fakta Tentang Kipas Angin Plafon

RumahCom - Kipas angin langit-langit menjadi pendingin ruangan yang banyak dipilih oleh orang-orang. Selain karena fungsinya, kipas ini dinilai memiliki estetika yang tinggi.Hampir setiap hunian memil

Lanjutkan membacaAgustus 13, 2020

Optimisme Saat Pandemi, Produk Komerisial Langsung Ludes Sebelum Launching

RumahCom – Masyarakat mulai melirik produk properti komersial di masa pandemi ini yang menjadi penanda baik untuk pergerakan perekonomian. Produk komersial berupa ruko yang ditawarkan pengembang SML

Lanjutkan membacaAgustus 14, 2020

Saat Pandemi, Pengembang Ini Luncurkan Kota Baru 700 Ha

RumahCom – Pengembang tetap beraktivitas di tengah situasi pandemi Covid-19. Agung Podomoro misalnya, meluncurkan proyek kota baru di tengah situasi pandemi ini dengan meluncurkan produk rumah sehar

Lanjutkan membacaAgustus 14, 2020

Masukan