Mencegah Kerusakan Rumah Akibat Banjir Pada Musim Hujan

Boy LeonardAgustus 14, 2020

Mencegah Kerusakan Rumah Akibat Banjir Pada Musim Hujan

RumahCom – Banjir menyebabkan banyak dampak buruk bagi kesehatan dan properti Anda, melakukan langkah pencegahan sejak dini akan mengurangi dampak buruk tersebut.

Saat ini Indonesia sudah memasuki musim hujan. Biasanya, pada musim ini sebagian kota besar seperti Jakarta akan mengalami dampak yang diakibatkan dari hujan yang terus menerus. Dampak yang sering terjadi adalah banjir.

Banjir menyebabkan banyak rumah terendam saat hujan seharian tanpa henti. Hal ini tentu menyebabkan berbagai kekhawatiran, terutama bagi mereka yang tinggal di kawasan rawan banjir. Misalnya daerah pinggir sungai atau daerah yang memiliki saluran air yang buruk.

Jika banjir sudah memasuki area rumah Anda, tentu menjadi hal yang sangat menyebalkan. Anda membersihkan rumah akibat banjir, dan belum lagi ada beberapa barang yang mungkin mengalami kerusakan. Jika Anda tidak ingin hal tersebut terjadi pada barang-barang yang ada di rumah Anda, maka cegah kerusakan rumah akibat banjir dengan cara berikut.

Membenahi pondasi bangunan rumah

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mencegah kerusakan pada rumah akibat banjir adalah melindungi dan membenahi pondasi bangunan rumah. Perlu diketahui seiring waktu pondasi rumah Anda akan mengalami banyak retakan kecil. Retakan inilah yang memungkinkan air meresap dan dapat melebar seiring waktu sehingga menyebabkan rumah mengalami lebih banyak kerusakan saat banjir.

Periksalah pondasi rumah Anda secara rutin. Jika menemukan sesuatu yang mencurigakan atau berbeda, segera konsultasikan dengan ahli bangunan. Mereka bisa memberi penjelasan yang bisa Anda pahami serta langkah perbaikan yang diperlukan.

Memilih lokasi hunian yang tepat

Untuk mengantisipasi dan mencegah rumah terkena banjir maka Anda bisa memilih lokasi hunian yang bebas banjir. Ini penting untuk diperhatikan saat Anda memilih hunian karena ada sebagian rumah yang dikenal sebagai area yang sering terkena banjir dan area yang bebas banjir.

Anda bisa melakukan riset secara mandiri melalui sumber-sumber dari internet untuk masalah ini. Pastikan juga Anda bertanya dan berkonsultasi dengan orang yang Anda anggap ahli agar bisa memberi rekomendasi rumah yang benar-benar bebas dari banjir.

Meninggikan dasar rumah

Cara satu ini cukup ekstrim dan membutuhkan biaya yang cukup banyak. Anda harus meninggikan rumah lebih tinggi dari permukaan yang terbenam oleh banjir. Namun sebenarnya hal ini bisa direncanakan sejak awal saat Anda membangun rumah tersebut untuk memastikan rumah sudah tinggi dan aman dari banjir.

Membutuhkan bantuan ahli

Berbagai cara dilakukan untuk cegah kerusakan rumah akibat banjir. Namun, bagaimanapun Anda akan membutuhkan seseorang yang ahli dan profesional dalam menangani penyegelan, mendempul, memotong, dan perawatan dasar lainnya. Para ahli  ini akan membantu mengamankan rumah Anda dari banjir dengan berbagai saran yang mereka berikan

Menyiapkan perlengkapan darurat banjir

Kedatangan banjir kadang tidak terduga, untuk itu sebaiknya perlu untuk menyiapkan perlengkapan darurat banjir.  Adapun perlengkapan yang bisa Anda siapkan adalah bahan makanan, air, dan pakaian. Pastikan saat dirasa air sudah hampir masuk ke area rumah Anda segera jauhkan barang-barang mahal dan berharga dari permukaan lantai di dalam rumah. Anda juga bisa mengambil asuransi banjir untuk mendapatkan keamanan maksimal.

Sumber: Bmscat.com

Foto utama: Bmscat.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Lima Tips Mencegah Rumah dari Banjir

RumahCom - Tak bisa dipungkiri musim hujan sudah tiba, seperti pada tahun lalu beberapa daerah di indonesia terendam air akibat musim hujan yang deras. Beberapa kawasan bahkan sempat terendam banjir.

Lanjutkan membacaDesember 28, 2016

Ini Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memasukkan Jendela Pada Desain Rumah

Rumah.com - Jendela menjadi salah satu bagian yang paling penting dalam sebuah rumah. Fungsi utamanya sebagai bagian dari sirkulasi udara agar rumah selalu mendapatkan udara segar. Sementara fungsi la

Lanjutkan membacaAgustus 12, 2020

3 Jenis Rumah Berdasarkan Orientasi Bangunan

RumahCom - Membangun rumah tentu harus berdasarkan orientasi bangunannya yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.Membangun rumah tentu memerlukan berbagai perencanaan yang matang. Mulai da

Lanjutkan membacaAgustus 14, 2020

Masukan