Inilah yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Dinding Kaca

Agustus 19, 2020

RumahCom – Keberadaan dinding kaca akan memperkuat kesan elegan dan mewah pada rumah. Namun, penting untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Dinding rumah yang berasal dari material kaca menjadi tren interior rumah saat ini. Tampilannya yang mewah dan menawan menjadi alasan mengapa banyak orang ingin beralih menggunakan dinding ini.

Sebelum populer menjadi bagian interior rumah, dinding kaca sudah banyak digunakan pada tipe bangunan lain. Kaca juga sudah dikenal menjadi bahan terbaik untuk beberapa barang aksesoris, furnitur, hingga jendela. Kegunaan kaca yang relatif cukup bervariasi ternyata bisa digunakan sebagai dinding rumah.

Namun penggunaan dinding kaca pada rumah harus dilakukan secara tepat. Tujuannya agar fungsi dan nilai estetika yang Anda inginkan bisa tercapai. Jika kurang baik dalam hal desain dan perencanaan, Anda akan kehilangan fungsi dan keindahan dinding kaca secara maksimal.

Penggunaan dinding kaca juga harus cermat, artinya setiap ruangan tentu memiliki fungsi yang berbeda. Perbedaan fungsi tersebut tentu bisa menjadi masalah jika Anda salah menempatkan keberadaan dinding kaca. Oleh karena itu berikut adalah 3 hal yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan dinding kaca.

Ketersediaan ruang dan kebutuhan

(Foto: Pexels.com)

Sebelum menggunakan dinding kaca, hal yang harus Anda lakukan tentu saja melihat seperti apa ketersediaan ruang serta kebutuhan. Misalnya Anda menginginkan nuansa dapur yang penuh dengan pemandangan terbuka. Maka Anda bisa menyatukan ruang dapur dan makan dengan pemisah dinding kaca.

Jika memiliki pemandangan luar yang bagus, Anda juga bisa menggunakan dinding kaca di sekitar dapur agar mendapat pengalaman memasak yang baik. Saat memasak Anda bisa melihat pemandangan yang luas seperti langit yang cerah atau tanaman hijau. Sekali lagi, sesuaikan hal ini pada ketersediaan ruang dan apa yang menjadi kebutuhan.

Pemisah ruang yang sesuai

(Foto: Pexels.com)

(Foto: Pexels.com)

Dinding kaca membuat siapa saja masih tetap bisa melihat bagian seberan. Oleh karena itu Anda harus menentukan ruangan mana yang bisa dipisahkan dengan dinding kaca tanpa mengurangi privasi dan kenyamanan. Oleh karena itu ruangan seperti kamar tidur, kamar mandi, ruang kerja kurang cocok menggunakan dinding kaca.

Anda bisa menggunakan dinding kaca untuk menjadi pemisah ruangan lain yang sekiranya digunakan secara bersama-sama. Ruangan tersebut tentu didesain secara terbuka, misalnya ruang tamu, dapur, perpustakaan, ruang bermain, dan beberapa ruangan lainnya bisa dipisahkan dengan ruang kaca.

Sesuaikan dinding kaca dengan desain rumah Anda saat ini

(Foto: Pexels.com)

(Foto: Pexels.com)

Dinding kaca mampu membuat interior rumah menjadi tampak elegan dan mewah. Namun apa jadinya jika dinding tersebut malah tidak cocok dengan desain rumah Anda saat ini. Penerapan dinding kaca tentu paling cocok dengan ruang yang lebih luas dan lega daripada ruangan sempit. Anda akan memiliki sudut pandang penglihatan yang baik dengan keberadaan dinding tersebut.

Selain itu Ruangan yang minim properti dan aksesori juga tampaknya lebih tepat untuk dinding kaca. Hal ini untuk menghindari berbagai kerusakan yang ditimbulkan. Kemudian Anda juga harus memikirkan seberapa banyak dinding yang bisa dipasang, hal ini bertujuan pada kemudahan perawatan nantinya.

Pertimbangan di atas tentu menjadi saran yang baik sebelum Anda beralih menggunakan dinding kaca. Pada prinsipnya, dinding kaca adalah material yang serba bisa dan dapat ditempatkan di mana saja sesuai kebutuhan dan ketersediaan ruang. Selain itu keberadaan dinding kaca yang menghadap ke luar rumah, akan memberi pemandangan yang bagus bagi Anda dan keluarga.

Sumber: Decortips.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pemerintah Telah Bebaskan Tanah Seluas 70 Ribu Hektar Untuk Infrastruktur

RumahCom – Kendala utama pembangunan proyek pembangunan infrastruktur kerap datang dari persoalan pembebasan tanah. Dengan UU No. 2 Tahun 2012, Kementerian ATR/BPN telah berhasil membebaskan puluhan

Lanjutkan membacaAgustus 18, 2020

Sektor Properti Masih Bertahan, Pengembang Banjiri Berbagai Pilihan Hunian

Rumah.com – Badan Pusat Statistik (BPS) telah mengumumkan angka pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2020 yang terkontraksi hingga minus 5,32 persen. Secara kuartalan, ekonomi terkontraksi

Lanjutkan membacaAgustus 18, 2020

Ini Tiga Klaster Besar Terkait Persoalan Perumahan

RumahCom – Kementerian PUPR menampung berbagai pengaduan dan permasalahan yang terjadi di sektor perumahan. Ada tiga klaster besar yang menjadi pengaduan masyarakat dan membutuhkan penanganan semua

Lanjutkan membacaAgustus 18, 2020

Berdasarkan Riset, Properti di Jabodetabek Akan Bertahan di Tengah Tekanan

RumahCom - Rumah.com merilis riset yang menyebut sektor properti, utamanya di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) masih akan bertahan di tengah tekanan ekonomi pada kuartal II 2020.

Lanjutkan membacaAgustus 18, 2020

Masyarakat Jabodetabek Makin Sadar dan Cerdas Pilih Hunian

RumahCom - Sudah seharusnya masyarakat memiliki pengetahuan soal produk properti yang akan mereka beli. Hal tersebut berguna, selain karena merupakan hak dan kewajiban konsumen, juga untuk meminimalka

Lanjutkan membacaAgustus 18, 2020

Masukan