Selain Bantuan Pembiayaan, Pemerintah Juga Berikan Bantuan Fasilitas Lingkungan

Agustus 19, 2020

RumahCom – Selain subsidi pembiayaan untuk kalangan MBR bisa mengakses perumahan, bantuan lain yang diberikan pemerintah yaitu prasarana, sarana, utilitas (PSU) yang diberikan kepada kalangan pengembang. Dengan bantuan PSU, harga rumah yang dibayarkan konsumen menjadi lebih murah.

Untuk program perumahan, pemerintah tidak hanya memberikan bantuan berupa subsidi pembiayaan untuk meningkatkan aksesibilitas pembiayaan kalangan masyarakat

berpenghasilan rendah (MBR). Program lainnya yaitu bantuan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) untuk kalangan pengembang yang membangun rumah bersubsidi.

Bantuan PSU akan membuat pengembang membebani harga produk pada unit rumahnya saja sementara untuk fasilitas seperti jalan, saluran, dan lainnya diberikan subsidi PSU sehingga MBR bisa membayar unit rumahnya lebih murah. PSU yang diberikan kepada pelaku pembangunan ini juga bagian dari program pembangunan sejuta rumah per tahun yang merupakan salah satu program utama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pada tahun 2020 ini, Kementerian PUPR telah mengalokasikan bantuan PSU mencapai Rp102 miliar untuk membantu sekitar 11.514 unit rumah subsidi di seluruh tanah air. Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, bantuan PSU ini bisa menjadi stimulan bagi pelaku pembangunan sehingga lebih bersemangat membangun rumah bersubsidi dan mempercepat capaian program sejuta rumah.

Notaris selalu ada dalam setiap transaksi properti ataupun mengurus hal-hal terkait properti. Simak video berikut untuk mengenal Akta Notaris lebih lanjut.

“Program ini merupakan bentuk nyata keseriusan pemerintah untuk mewujudkan cita-cita terpenuhinya kebutuhan hunian bagi seluruh masyarakat terutama rumah terjangkau yang layak huni dan berkualitas bagi MBR. Bantuan PSU ini memberikan bantuan yang mencakup jalan lingkungan, penyediaan air bersih, tempat pembuangan sampah, dan lainnya kepada pengembang,” ujarnya.

Dengan bantuan PSU ini diharapkan bisa mendorong kalangan pengembang untuk membangun lebih banyak lagi rumah bersubsidi untuk masyarakat Indonesia. Selain itu dengan adanya bantuan PSU ini, pemerintah ingin agar masyarakat yang tinggal di rumah bersubsidi bisa berhunian dengan lebih nyaman.

Direktur Rumah Umum dan Komersial Ditjen Perumahan Kementerian PUPR M. HIdayat menambahkan, Kementerian PUPR akan selalu siap membantu kalangan pengembang terkait membangun rumah-rumah bersubsidi sehingga suplai rumah ini semakin banyak dan bisa diakses secara luas oleh masyarakat.

“Rumah subsidi ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan ini bisa menjadi solusi hunian untuk kalangan milenial. Jika rumah bersubsidi memiliki fasilitas dan sarana yang baik tentunya generasi milenial akan lebih tertarik untuk memiliki aset perumahan seperti ini,” katanya.

Sebagai informasi, pada tahun 2020 ini bantuan PSU yang telah disalurkan progresnya mencapai 81 persen yang tersebar di 116 lokasi. Kalangan pengembang juga bisa mengusulkan bantuan PSU-nya dengan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

“Dalam kurun waktu tahun 2015 hingga 2019, Kementerian PUPR telah menyalurkan bantuan PSU untuk 119.695 unit rumah bersubsidi. Jumlah ini akan terus bertambah seiring penambahan dana untuk program rumah bersubsidi setiap tahunnya,” imbuhnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Masyarakat Jabodetabek Makin Sadar dan Cerdas Pilih Hunian

RumahCom - Sudah seharusnya masyarakat memiliki pengetahuan soal produk properti yang akan mereka beli. Hal tersebut berguna, selain karena merupakan hak dan kewajiban konsumen, juga untuk meminimalka

Lanjutkan membacaAgustus 18, 2020

Inilah yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Dinding Kaca

RumahCom - Keberadaan dinding kaca akan memperkuat kesan elegan dan mewah pada rumah. Namun, penting untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini.Dinding rumah yang berasal dari material kaca menjadi

Lanjutkan membacaAgustus 19, 2020

Mengenal Lebih Jauh Tentang Rumah Split Level

RumahCom - Rumah split level menjadi pilihan bagi masyarakat perkotaan yang menginginkan rumah dengan interior yang luas walau dibangun di atas lahan sempit.Pernahkah Anda mendengar istilah rumah spli

Lanjutkan membacaAgustus 19, 2020

Mana yang Lebih Baik Antara Rumah Satu Lantai dan Dua Lantai

RumahCom - Jenis rumah menjadi pilihan awal saat akan membangun atau membeli rumah. Namun hal tersebut harus dipertimbangkan berdasarkan kebutuhan Anda beserta keluarga.Saat akan membeli atau membangu

Lanjutkan membacaAgustus 19, 2020

Pengembang Ini Sukses Raih Penjualan Ratusan Miliar Saat Pandemi

RumahCom – Situasi sulit akibat pandemi Covid-19 disiasati kalangan pengembang dengan mengeluarkan produk properti yang dibutuhkan pasar dengan tambahan kemudahan lainnya. Ciputra Group berhasil mer

Lanjutkan membacaAgustus 19, 2020

Masukan